Rss Feed
  1. Review Novel: Sparkle - Eve Shi

    Friday, December 4, 2015

    SparkleSparkle by Eve Shi
    My rating: 4 of 5 stars

    Judul: Sparkle
    Penulis: Eve Shi
    Penerbit: Noura Books
    Halaman: 276 halaman
    Terbitan: November 2014

    Sparkle! Grup idola baru di dunia hiburan. Cantik. Sempurna. Suara indah. Tarian memikat. Dipuja. Disayangi. Idola yang dicintai para fans. Inilah impian para personilnya.

    Namun, ada harga yang harus dibayar. Semua tindakan dinilai. Semua penampilan diperhatikan. Keriangan dan teror bersatu. Diberi banyak cinta, tetapi tak boleh balik mencintai. Karena sang idola tak bisa dimiliki siapa pun.

    Sampai kapan mereka bertahan?

    Review

    "Sparkle" bercerita tentang 'Sparkle', grup idola baru yang terdiri dari 16 orang. Novel kali ini mengambil sudut pandang dua orang anggota grup tersebut: Rosalie, gadis yang mengejar impiannya sebagai penghibur lewat grup itu, tapi sama sekali tidak mendapat dukungan dari orang tuanya. Belum lagi adanya seorang stalker yang membahayakan dirinya. Ada juga Devyn, sahabat Rosalie, yang merasa kesal karena dirinya tidak sepopuler anggota yang lain. Dia bahkan satu-satunya anggota 'Sparkle' yang belum punya fanbase.

    Cerita pada novel ini bergerak pada bagaimana perjuangan 'Sparkle' dipandang sebelah mata karena dianggap 'menjiplak' grup lain yang sudah ada, serta perjuangan pribadi para anggotanya.

    Pas pertama buka plastik segelnya, saya cuma berencana untuk membaca sebentar novel ini. Soalnya ada novel lain lagi yang harus dibaca untuk keperluan review. Eh, ternyata ceritanya seru banget dan jadi keterusan.

    Grup 'Sparkle' ini sepertinya mengambil JKT48 sebagai basisnya. Kelihatan dari jumlah anggotanya (walau JKT kayaknya lebih banyak deh pas awal, tapi repot kali yah kalau menulis karakter lebih dari ini), aturan anti-pacaran, sampai ke teater sendiri. Di dalam cerita juga sempat dibahas tentang grup idola lain yang sudah ada lebih dulu dan lebih matang dari 'Sparkle'. Oh, iya, di kover depan juga ada endorsement dari Diasta Priswarini, mantan anggota JKT48.

    Saya suka banget dengan cara penulisnya mengolah cerita dan karakter-karakternya. Ceritanya terfokus dengan baik pada Rosalie dan Devyn, kemudian ada sentuhan manis pada kepribadian beberapa anggota lain, seperti Fiona, Bianca, atau Chanti. Penulisnya juga memberi bagian pada beberapa anggota lain dengan porsi yang pas, tidak terlalu banyak sehingga tidak membuat cerita terlalu ramai.

    Yang agak kurang buatku mungkin di bagian stalker-nya si Rosalie. Rasanya kurang menggigit dan kurang mencekam aja. Bagian akhir ceritanya Rosalie juga terasa so-so buatku. Lalu masih ada beberapa bagian yang masih terasa menggantung. Mungkin penulisnya memang ada rencana untuk membuat serial 'Sparkle' ini.

    Secara keseluruhan, saya suka dengan novel ini. Ceritanya bikin penasaran dan penggambaran grup idolanya realistis banget. Kalau memang ada kelanjutannya, saya sih maunya si Fiona dan Bianca yang dibahas.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 Young Adult Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment