Rss Feed
  1. Awal tahun memang kerap dikenal sebagai "Award Season" di Amerika Serikat. Pada masa inilah, aneka penghargaan top seperti Golden Globe, SAG Award, Grammy, hingga Academy Award digelar.

    Tahun ini, ada 10 film yang diadaptasi dari buku yang mendapatkan satu atau lebih dari 24 kategori penghargaan yang ada. Kali ini saya mencoret buku yang hanya memiliki kesamaan judul tanpa hubungan cerita apapun dengan filmnya. Fantastic Beasts and Where to Find Them adalah contohnya. Kesepuluh film itu adalah:


    1. Arrival (adaptasi dari cerpen Story of Your Life - Ted Chiang)

    Arrival adalah film yang bercerita tentang kedatangan makhluk luar angkasa ke dua belas titik di bumi. Louise Banks, seorang ahli bahasa, diminta oleh pemerintah Amerika untuk membantu memecahkan bahasa alien yang datang itu. Dengan bantuan fisikawan Ian Donnelly, keduanya mulai memecahkan masalah gap bahasa yang ada.

    Arrival diadaptasi dari cerpen karya Ted Chiang yang berjudul Story of Your Life. Cerpen ini bisa ditemukan di kumpulan cerpen Story of Your Life and Other Stories. Filmnya sendiri mendapatkan 8 nominasi dengan pendapatan Box Office tertinggi pada masa pranominasi.

    Movie cover tie-in untuk Stories of Your Life and Others

    2. Lion (adaptasi dari buku non-fiksi A Long Way Home  - Saroo Brierly)

    Lion bercerita tentang Saroo, seorang anak yang mengikuti kakaknya pergi bekerja dan akhirnya justru tersesat. Tanpa tahu nama belakang, tempat asal, atau ciri-ciri yang bisa membantunya pulang, Saroo akhirnya dimasukkan ke sebuah panti asuhan dan diangkat sebagai anak oleh pasangan dari Australia. Bertahun-tahun setelahnya, lewat sebuah pencarian panjang, Saroo akhirnya menemukan petunjuk yang mungkin bisa membawanya kembali ke rumah.

    Lion memperoleh 6 nominasi Oscar dan merupakan film ke-8 dengan pendapatan terbaik pada masa pranominasi.


    3. Fences (adaptasi dari naskah teater Fences - August Wilson)

    Fences bercerita tentang Troy Maxson, seorang pria berkulit hitam yang hidup pada tahun 1950-an, masa ketika warna kulit memainkan peranan penting di masyarakat. Film ini bercerita tentang kehidupan Troy sejak dia masih anak-anak hingga menjadi seorang suami dan ayah.

    Fences memperoleh 4 nominasi dan merupakan film berpenghasilan ke-5 tertinggi pada masa pranominasi.



    4. Hidden Figures (adaptasi dari buku non-fiksi Hidden Figures - Margot Lee Shetterly)

    Hidden Figures bercerita tentang Dorothy Vaughan, Mary Jackson, Katherine Johnson, dan Christine Darden, empat orang wanita Afrika-Amerika yang membantu persiapan berbagai misi NASA.

    Hidden Figures berhasil mengumpulkan 3 nominasi dan merupakan film dengan pendapatan ke-3 terbaik pada masa pranominasi.



    5. A Man Called Ove (adaptasi dari novel A Man Called Ove - Fredrick Brickman)

    A Man Called Ove bercerita tentang Ove, seorang pria dengan sifat yang membuatnya dipanggil "tetangga dari neraka". Suatu hari, ada satu keluarga yang menjadi tetangga barunya. Peristiwa kotak surat yang tertabrak menjadi awal persahabatan antara Ove dengan tetangga barunya itu.

    A Man Called Ove mengumpulkan 2 nominasi. Salah satunya adalah kategori Film Bahasa Asing Terbaik. Bukunya sendiri sudah diterjemahkan di Indonesia oleh Noura Books pada Januari 2016.



    6. Silence (adaptasi dari novel Silence oleh Shusaku Endo)

    Silence bercerita tentang seorang pastor Yesuit, Sebastian Rodriguez, yang dikirim ke Jepang untuk mencari mantan gurunya, Ferreira. Di sana, dia menghadapi langsung kebrutalan yang dialami para pastor dan umat kristen. Berbagai cobaan harus dia alami hingga dia sampai pada sebuah keputusan besar dalam hidupnya.

    Silence dinominasikan pada kategori "Best Cinematography". 

    Di Indonesia, novel ini telah diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada 2008, lalu mengalami cetak ulang saat filmnya rilis.



    7. Nocturnal Animals (adaptasi dari novel Tony and Susan - Austin Wright)

    Nocturnal Animals bercerita tentang Susan Morrow, seorang wanita yang terjebak dalam pernikahan yang tidak bahagia. Suatu hari dia menerima sebuah paket yang berisi novel karya mantan suaminya. Novel tersebut kemudian menjadi refleksi Susan akan kedua pernikahannya.

    Nocturnal Animals memperoleh satu nominasi pada kategori "Best Supporting Actor" lewat akting Michael Shannon sebagai Detective Bobby Andes.



    8. The Jungle Book (adaptasi dari kumcer The Jungle Book - Rudyard Kipling)

    The Jungle Book bercerita tentang kehidupan Mowgli, seorang anak manusia yang dibesarkan oleh sekawanan serigala di sebuah hutan. Masalah timbul ketika Mowgli mulai kesulitan untuk mengikuti cara hidup para serigala dan akhirnya membahayakan kawanan itu. Para serigala akhirnya mengambil keputusan untuk mengeluarkan Mowgli dari kawanan mereka.

    The Jungle Book memperoleh satu nominasi pada kategori "Best Visual Effects".



    9. 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi (adaptasi dari biografi 13 Hours: The Inside Account of What Really Happened in Benghazi - Mitchell Zuckoff)

    13 Hours bercerita tentang enam anggota tim pengamanan yang bertugas untuk melindungi bangunan diplomasi Amerika di Benghazi, Libya. Keadaan kemudian menjadi genting saat mereka diserang oleh kelompok militan pada September 2012. Peristiwa itu kemudian dikenal dengan nama 2012 Benghazi Attack

    Bukunya ditulis oleh Mitchell Zuckoff, seorang profesor jurnalisme di Universitas Missouri, dengan bantuan para petugas yang terlibat dalam serangan itu. Bukunya lebih condong pada perspektif para petugas saat peristiwa itu terjadi daripada kontroversi politik yang timbul setelahnya.

    13 Hours mendapatkan satu nominasi pada kategori "Best Sound Mixing".



    10 Sully (adaptasi dari otobiografi Highest Duty: My Search for What Really Matters - Chelsey B. Sullenberger dan Jeffrey Zaslow)

    Sully bercerita tentang pendaratan darurat yang dilakukan oleh penerbangan 1549 US Airways pada Januari 2009 di Sungai Hudson. Penerbangan itu dipiloti oleh Sullenberger dan Jeffrey Skiles.

    Sully mendapatkan satu nominasi pada kategori "Best Sound Editing".


    Perhelatan Academy Awards ke-89 akan dilaksanakan pada 26 Februari 2017 di Hollywood, California. Jimmy Kimmel, komedian dan pembawa acara Jimmy Kimmel Live!, telah ditunjuk sebagai host acara ini.

    Sejauh ini saya hanya baru nonton Arrival saja. Bagaimana denganmu? Apakah sudah menyaksikan salah satu dari film di atas? Atau mungkin sudah membaca salah satu bukunya? Bisa tinggalkan komentar kalian di bawah.


  2. 4 comments :

    1. saya penasaran sama buku A Man Called Ove, menarik sepertinya... pengen beli..

    2. Belum ada yang pernah saya tonton, jadi penasaran.

    3. Belum ada yang tahu buku dan film diatas. Sepertinya Arrival menarik ya, dapat banyak nominasi. Jadi pengen nonton filmya...

    4. Biondy said...

      @rumah warna: saya juga penasaran sebenarnya :D

      @mukhsin: Arrival bagus, loh.

      @Qudsi: iya, Arrival bagus, kok :D

    Post a Comment