Rss Feed
  1. Nias: Penyelamat Berkalung Matahari
    Nias: Penyelamat Berkalung Matahari by Ghyna Amanda Putri
    My rating: 4 of 5 stars


    Judul: Nias: Penyelamat Berkalung Matahari
    Penulis: Ghyna Amanda Putri
    Penerbit: de Teens
    Halaman: 260 halaman
    Terbitan: Mei 2014

    Nias, tempat dengan deburan ombak terbaik nomor dua setelah Hawaii itu menjadi tempat pelarian Kaho dari suaminya yang selingkuh. Ia ingin merasakan deburan ombak tinggi untuk berselancar. Tanpa sengaja, ia menemukan seorang guide dadakan bernama Java. Java berjanji membuat Kaho menyukai budaya.

    Akhirnya, Kaho malah lebih tertarik untuk membuktikan keberadaan para kanibal di Desa Gomo. Saat itu, Surya, suami Kaho, menelepon untuk menanyakan keberadaannya. Lantaran khawatir, Surya menyusul Kaho ke Nias. Belum bertemu Kaho, ia justru mendapatkan jejak adiknya, Lintang, yang hilang akibat gempa dan tsunami delapan tahun lalu.

    Cerita yang manis, twist yang tak terduga, dan....

    Review

    Air. Ombak. Lautan. Semua yang tenang di dunia ini bisa menjadi malapetaka luar biasa jika kita tak memanfaatkannya dengan baik. Percaya? Aku percaya. Berkat peristiwa itu, aku percaya bahwa air, ombak, dan laut yang biasanya menyenangkan dapat meluluh-lantakkan semua hal yang ada di daratan. (hal. 7)

    Buku kedua karya penulis yang saya baca. Sebelumnya saya sudah pernah baca Haru no Tabi-nya Mbak Ghyna. Dan sama seperti di Haru no Tabi, deskripsi tempat jadi juara di novel ini.

    Deskripsi tempat dan kebudayaannya kuat sekali di sini. Saya suka berbagai hal kecil tentang budaya yang penulisnya selipkan. Menambah pengetahuan dan juga memperkuat nuansa novelnya. Saya penasaran bagaimana penulisnya bisa mengumpulkan data untuk membangun setting se-believable ini (terlepas dari apakah deskripsinya 100% tepat).

    Ceritanya mengalir dengan baik. Saya cukup suka dengan tokoh-tokohnya. Kaho yang agak manja dan tidak sadar usia (*heh), Java yang dingin, dan Surya yang mau memburu istrinya yang kabur ke Nias karena kesalahpahaman.

    "Love" di cerita ini lebih kuat ke unsur keluarganya. Memang ada bumbu romansanya juga, tapi tidak begitu kuat.

    Saya sebenarnya mau memberi 5 bintang, tapi akhir ceritanya itu loh :\. Buat saya twist-nya kurang nendang ah. Saya suka karena penulis berusaha mendorong ceritanya lebih jauh lagi, hanya saja tidak ada foreshadow sejak awal. Makanya begitu twist-nya muncul, saya hanya bisa bengong. Bukan bengong karena merasa, "Gila, gak nyangka bakal begini," tapi bengong, "Heh? Ini apa? Kok tiba-tiba begini."

    Kesimpulan: novel yang bagus sekali dari Ghyna Amanda Putri. Deskripsi tempat sangat kental dan memuaskan. Karakter-karakternya juga oke punya. Sayang akhir ceritanya kurang mengena buat saya. Twist-nya terasa kurang persiapan.


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment