Rss Feed
  1. Black Holes and Baby Universes and Other EssaysBlack Holes and Baby Universes and Other Essays by Stephen Hawking
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Black Holes and Baby Universes and Other Essays
    Penulis: Stephen Hawking
    Halaman: 173 halaman
    Terbitan: September 1994


    Readers worldwide know the work of Stephen Hawking through his phenomenal bestseller A Brief History of Time.

    In this collection of essays and other pieces - on subjects that range from warmly personal to the wholly scientific- he is revealed variously as the scientist, the man, the concerned world citizen, and - as always - the rigorous and imaginative thinker. Whether remembering his first experience of nursery school; puncturing the arrogance of those who think science can best be understood only by other scientists and should be left to them; exploring the origins and the future of the universe; or reflecting on the phenomenon of A Brief History of Time, Stephen's wit, directness of style and absence of pomp are vital characteristics at all times.

    Review

    Black Holes and Baby Universes and Other Essays adalah kumpulan esai yang ditulis dan dipresentasikan oleh Stephen Hawking, seorang fisikawan dan kosmolog asal Inggris. Enam dari empat belas bab di dalamnya adalah kisah hidup Hawking: awal ketertarikannya kepada sains, hidupnya setelah didiagnosis menderita ALS, serta sedikit introduksi tentang buku laris yang dia tulis, A Brief History of Time. Sisa buku ini berisi tulisan Hawking tentang lubang hitam, singularitas, hingga bagaimana dunia terbentuk serta (kira-kira) apa peran Tuhan di dalamnya.

    Sejak selesai membaca Cosmos, saya jadi tertarik untuk membaca lebih banyak buku serupa: buku sains populer yang membahas tentang kosmologi. Kebetulan saya menemukan buku ini di tempat sewa. Saya tertarik karena sudah sejak dulu mendengar nama Stephen Hawking dan penasaran dengan tulisannya.


    Black Holes and Baby Universes ini sedikit lebih memusingkan daripada Cosmos. Mungkin ini terjadi karena Cosmos banyak memasukkan cerita-cerita sejarah, anekdot, dan penjelasan sains yang lebih mudah dicerna. Di buku ini, bagian keilmuannya kadang terasa berat dan pembaca seperti harus punya sedikit pemahaman dasar tentang tema yang dibicarakan.

    Hampir seluruh isi buku ini (di bagian sainsnya) berbicara tentang teori pembentukan dunia. Hal ini sejalan dengan ketertarikan pribadi Hawking.

    Pemahaman tentang cara jagat raya lahir bergantung pada hukum-hukum sains. Saya mungkin akan berhasil memenuhi ambisi saya untuk menemukan bagaimana alam semesta dimulai. Tetapi, saya masih tetap belum tahu mengapa jagat raya dimulai. (hal. 20)


    Secara keseluruhan, Black Holes and Baby Universes adalah buku sains yang menarik dan cocok untuk pembaca yang tertarik pada tema kosmologi, asal-usul jagat raya, dan teori fisika. Buat yang tertarik dengan Stephen Hawking, buku ini juga memberi kilasan hidup dan wawancara yang memberi gambaran tentang sang ilmuwan.


    View all my reviews


  2. 0 comments :

    Post a Comment