Rss Feed
  1. Istri Dewa Dapur (The Kitchen God's Wife)Istri Dewa Dapur by Amy Tan
    My rating: 4 of 5 stars

    Judul: Istri Dewa Dapur
    Penulis: Amy Tan
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Halaman: 752 halaman
    Terbitan: 1994

    Pearl Loui menyimpan rahasia yang berusaha disembunyikannya mati-matian dari ibunya, Winnie Louie. Dan Winnie menyimpan rahasia-rahasianya sendiri sejak lama - tentang masa lampaunya dan situasi meragukan yang menyelimuti kelahiran Pearl. Takdir campur tangan dalam bentuk Helen Kwong, "saudara ipar" Winnie yang percaya ia akan segera mati dan harus melepaskan dirinya dari pelbagai kebohongan sebelum ia melayang ke surga. Tetapi untunglah, kebenaran muncul dalam berbagai bentuk, tergantung siapa yang menyampaikan ceritanya....

    Review

    Pearl menyimpan rahasia dari ibunya. Tidak ingin membuat ibunya khawatir, Pearl tidak memberi tahu kalau dia mengidap suatu penyakit. Winnie, ibu Pearl, juga menyimpan suatu rahasia dari anaknya itu. Sebuah cerita yang dia simpan selama puluhan tahun. Kini rahasia keduanya terancam terbongkar oleh Helen, saudara ipar Winnie, yang yakin kalau dia akan segera mati dan tidak ingin menyimpan rahasia apa-apa lagi. Akhirnya, Winnie memutuskan untuk memberitahukan segalanya: perjalanan panjang yang dia tempuh dari daratan Tiongkok pada zaman perang hingga bagaimana dia mencapai tanah Amerika.

    Helen bukanlah iparku. Ia tak punya hubungan darah denganku, bahkan juga tak punya hubungan keluarga lewat perkawinan. [...]. Namun rasanya kami lebih dekat daripada saudara, menjadi keluarga karena nasib, dipersatukan oleh utang budi. (hal. 121)



    Membaca The Kitchen God's Wife rasanya seperti membaca kisah lain dari The Joy Luck Club (review). Tema di novel ini masih mirip dengan di The Joy Luck Club: kisah ibu dan anak gadis migran Tiongkok yang tinggal di Amerika, gap budaya, dan kesalahpahaman yang timbul antara dua generasi yang berbeda.

    Bedanya, buku ini lebih banyak mengambil porsi tentang Winnie, sang ibu, sementara Pearl hanya mendapatkan halaman secukupnya saja. Pembaca akan dibawa mengikuti perjalanan Winnie yang dimulai saat dia ditinggalkan oleh ibunya saat masih kecil, dibesarkan sebagai anak tiri yang tidak disayangi, menikah dengan seorang pria yang salah, serta melalui perang sambil berusaha membesarkan anak-anaknya.

    Kisah hidup Winnie sendiri menarik diikuti. Dipenuhi naik-turun, air mata, serta berbagai kebahagiaan kecil yang bisa dia kumpulkan pada masa sulit.

    Kekurangan novel ini ada pada dua hal. Pertama, tokoh Wen Fu, mantan suami Winnie, yang sangat satu dimensi. Berbeda dengan tokoh-tokoh lain yang begitu kompleks dan kaya, Wen Fu rasanya seperti karikatur tokoh suami jahat yang ada hanya untuk menyiksa istrinya. Kedua, akhir ceritanya. Rasanya kurang nendang mengingat begitu banyak dan panjangnya cerita yang Winnie sampaikan. Akhirnya juga terasa timpang, karena Pearl tidak mendapatkan penutup yang layak untuk kisahnya.

    Secara keseluruhan, The Kitchen God's Wife adalah sebuah novel besar tentang kisah hidup seorang wanita yang telah melalui banyak hal dalam hidupnya. Buku yang cocok untuk penyuka kisah roman dan cerita hubungan ibu dan anaknya.


    View all my reviews


  2. 0 comments :

    Post a Comment