Rss Feed
  1. MatildaMatilda by Roald Dahl
    My rating: 5 of 5 stars

    Judul: Matilda
    Penulis: Roald Dahl
    Penerbit: Puffin Books
    Halaman: 232 halaman
    Terbitan: 2001

    Matilda adalah seorang gadis kecil dengan kecerdasan yang luar biasa. Saat usianya masih balita, dia sudah dapat membaca dengan lancar (bahkan telah membaca buku-buku karangan Charles Dickens, Jane Austen, dsb) serta dapat melakukan aritmatika yang rumit (seperti perkalian dua digit dengan dua digit).

    Masalahnya, tidak ada yang memperhatikan kecerdasannya ini. Kedua orang tuanya menganggapnya bodoh, bahkan menganggap pendidikan nyaris tidak penting untuk anak gadis sepertinya. Untungnya dia bertemu dengan Ms. Honey, gurunya, yang sadar akan kelebihannya dan memberi perhatian akan hal itu.

    Sayangnya hari-hari Matilda di sekolah penuh dengan teror oleh Mrs. Trunchbull, kepala sekolahnya yang bengis dan senang menghukum anak-anak dengan cara yang sadis.

    Review

    Wuhu, berhasil menamatkan novel ini dalam beberapa jam saja. Padahal seharian juga baca Oppa & I. Saking sukanya kali yah.

    Sebenarnya agak kaget yah melihat novel ini terkenal sebagai novel anak-anak. Banyak kata-kata yang bisa dibilang kasar di sini. Ada juga tindak kekerasan, baik berupa pembalasan yang dilakukan oleh Matilda, maupun hukuman-hukuman yang diberikan oleh Mrs. Trunchbull. Yang paling gila, buat saya, adalah waktu Mrs. Trunchbull mengangkat seorang anak gadis dari ikatan rambutnya, memutarnya, lalu melemparnya. Itu... ekstrim banget.

    Pas di bagian Matilda bisa menggerakkan benda-benda tanpa menyentuhnya, saya merasa sedikit aneh dan kurang suka. Soalnya terasa sangat tiba-tiba. Hanya saja bagaimana kekuatan itu Matilda gunakan, serta teori Ms. Honey di akhir cukup membuat saya suka dengan kemampuan Matilda ini.

    Secara keseluruhan, suka banget sama ceritanya. Pengin baca karya-karya Roald Dahl yang lain. Khususnya Charlie and the Chocolate Factory ^^.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2014 New Authors Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment