Rss Feed
  1. Review Novel: And Then - Natsume Soseki

    Saturday, December 22, 2012

    And ThenAnd Then by Natsume Sōseki
    My rating: 3 of 5 stars

    "And Then" (atau Sorekara dalam judul aslinya), bercerita mengenai Daisuke, seorang pria pada usia 30-an. Daisuke yang datang dari keluarga cukup berada merupakan seseorang yang hari-harinya diisi tanpa bekerja. Hidupnya sepenuhnya bergantung pada uang bulanan dari keluarganya.

    Walau keluarganya adalah penyokong utama kehidupannya, Daisuke sendiri merasakan ketidakcocokan dengan mereka, khususnya dengan sang ayah. Daisuke merasa cara pandang ayahnya yang kuno dan usahanya untuk menjodohkan Daisuke membuat Daisuke tidak suka padanya.

    Masalah dalam kehidupan Daisuke datang ketika dia sadar bahwa dia mencintai istri sahabatnya sendiri. Ketika dia berani menyatakan cintanya, hidupnya yang selama ini begitu tenang mulai diterpa badai.

    Review
    Akhirnya baca buku ini. Padahal sudah beli buku ini dari pertengahan tahun, tapi baru baca sekarang :D
    Tergoda gara-gara harganya yang relatif murah di Periplus. Apalagi saya memang lagi cari "trilogi" Sanshiro-And Then-The Gate karya Soseki.

    Karakter utamanya bisa kubilang mirip dengan tokoh Sensei di Kokoro and Selected Essays. Tokoh yang merasa dirinya terasing dengan dunia luar serta pada akhirnya memiliki masalah percintaan yang melibatkan seseorang yang dekat dengannya.

    Bagian depan novel ini terasa lambat dan saya cukup tersendat-sendat membacanya. Baru ketika Daisuke mulai menjalin hubungan dengan Michiyo (istri sahabatnya), pace novel ini meningkat. Alasan perselingkuhan mereka berdua cukup dapat saya percayai dan satu alasan ini juga yang membuat saya ngeh kenapa Daisuke mau repot-repot membantu sahabatnya itu dalam hal finansial, padahal keuangannya sendiri tidak begitu baik.

    Bagian akhir novel ini sangat gantung menurut saya. Pas sampai di bagian akhir bab terakhir novel ini, saya pikir masih ada bab lain, ternyata sesudah itu langsung disambung afterword sang penerjemah. Itu bener-bener bikin saya bengong dan berkata, "Heh, apa-apaan ini? Gantung banget."

    Oh well. Ceritanya cukup menarik, tapi awal yang lambat dan ending yang gantung membuat saya memutuskan untuk memberikan hanya 3 bintang untuk novel ini (padahal awalnya mau kasih lebih).


    View all my reviews


  2. 2 comments :

    1. Hai, salam kenal. Namaku Amelia Az-Zahra. Novel and then nya terjemahan bahasa Indonesia apa bahasa Inggris?

    2. Biondy said...

      Halo, Amelia. Bukunya dalam bahasa Inggris.

    Post a Comment