Rss Feed
  1. Indonesia Tundukkan Malaysia 3-2

    Wednesday, May 25, 2011

    Sudirman Cup is back! Kali ini 33 negara bertarung untuk memperebutkan piala 2 tahunan ini.


    Logo Sudirman Cup

    Kali ini, Indonesia berada di grup 1B bersama Rusia dan Malaysia. Di hari pertama (22 Mei), Indonesia berhasil menundukkan Rusia dengan skor 4-1. Kemudian Malaysia juga berhasil mengikuti Indonesia dengan menundukkan tim yang sama dengan skor 4-1. Hasil ini membawa pertarungan penentuan antara Indonesia dan Malaysia untuk menentukan jawara grup 1B.

    Pertandingan pertama pada 25 Mei adalah duel antara ganda putra Indonesia dan Malaysia. Peringkat 10 dunia Alvent Yulianto Chandra-Mohammad Ahsan mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan peringkat 3 dunia Kien Keat Koo-Boon Heong Tan. Di babak pertama perolehan poin sempat berlangsung ketat sampai 7-7, tetapi pasangan Kien-Boon berhasil mengambil alih permainan dari sana dan berhasil menang 21-15 di babak pertama. Di babak kedua, permainan ganda Indonesia belum berhasil berkembang dan mereka kembali harus menelan pahitnya kekalahan 17-21. Malaysia unggul 1-0 dari Indonesia.


    Alvent Yulianto Chandra-Mohammad Ahsan

    Pertandingan kedua mempertemukan peringkat 33 dunia asal Indonesia, Adriyanti Firdasari, dengan Lydia Li Ya Cheah asal Malaysia yang bertengger di peringkat 149 dunia. Firdasari menunjukkan alasan besarnya perbedaan peringkat di antara mereka dan menang mudah 21-8 21-12 dan membawa Indonesia kembali seimbang dengan Malaysia.

    Di pertandingan ketiga, Dionysius Hayom Rumbaka, pemain peringkat 21 asal Indonesia, bertemu dengan lawan tangguh yang bertengger di puncak klasmen tunggal putra, Lee Chong Wei. Chong Wei menunjukkan senioritasnya atas Hayom dan berhasil menang 21-8 21-8. Malaysia memimpin sementara dengan skor 2-1.

    Dalam poin yang kritis, beban berat jatuh ke pundak ganda putri terkuat Indonesia saat ini, Greysia Polii-Meiliana Jauhari. Peringkat 5 dunia ini bertemu dengan pasangan Peng Soon Chan-Liu Ying Goh yang berada pada peringkat 46 saat ini. Bermain hati-hati di babak pertama, Greysia dan Meiliana mengalami serangan beruntun dan menghadapi permainan yang sulit dari pasangan putri Malaysia. Tetapi Greysia-Meiliana menunjukkan kematangannya dan berhasil menang 22-20 di set pertama. Di set kedua, pasangan Indonesia bermain lebih lepas dan berhasil menang mudah 21-14 dan membawa Indonesia kembali imbang dengan Malaysia.

    Di partai penentuan, peringkat 11 dunia asal Indonesia, Fran Kurniawan Teng-Pia Zebadiah bertemu dengan peringkat 17 dunia, Peng Soon Chan-Liu Ying Goh. Di atas kertas pasangan Indonesia memang lebih unggul, baik secara ranking maupun nilai head-tio-head di mana Fran-Pia unggul 5-1 atas pasangan negara tetangga. Tetapi dengan kondisi kritis 2-2, siapa saja bisa merasa tertekan dan mempengaruhi permainan. Kali ini, pasangan Malaysia lah yang menghadapi masalah itu. Fran-Pia bermain apik di set pertama dan berhasil unggul 6-2 di pembukaan. Dari sana, pasangan Indonesia ini tidak membiarkan poin mereka tersusul dan menutup set pertama dengan 21-18. Di set kedua, permainan menjadi jauh lebih ketat daripada set pertama dan saling susul poin tidak terelakkan lagi. Ketatnya perolehan angka mencapai klimaksnya pada poin 14-14. Dari sana pasangan Indonesia mengambil inisiatif dan berhasil meambah 7 angka, sedangkan pasangan Malaysia hanya menambah 1 poin. Dengan kemenangan 21-18 21-15 ini, Indonesia berhasil menang 3-2 dari Malaysia.

    Semoga tim Indonesia dapat bertarung dengan lebih baik lagi di partai-partai selanjutnya dan dapat membawa pulang piala yang terakhir berada di Indonesia pada tahun 1989.

  2. 3 comments :

    1. dEvi said...

      ayo garudaaa..semoga Indonesia bisa bangkit dan menang kali ini..aminn ;)

    2. GO GO GO!
      Indonesia menang!

    3. Biondy said...

      yey XD
      para penggemar bultang berkumpul XD

    Post a Comment