Rss Feed
  1. Review Novel: Momiji - Orizuka

    Monday, March 12, 2018

    MomijiMomiji by Orizuka
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Momiji
    Penulis: Orizuka
    Penerbit: Penerbit Inari
    Halaman: 210 halaman
    Terbitan: Mei 2017

    Patriot Bela Negara lelah punya nama seperti itu, terutama karena dia memiliki fisik dan mental yang sama sekali tidak seperti patriot, apalagi yang siap membela negara.

    Seumur hidupnya, Patriot diolok-olok hingga akhirnya dia memutuskan memberontak. Dia jadi gandrung Jepang, belajar bahasa Jepang, dan punya cita-cita pergi ke Jepang untuk bertemu Yamato Nadeshiko-tipe wanita ideal versi Jepang.

    Di usianya yang kedua puluh, Patriot akhirnya berada selangkah lebih dekat dengan cita-citanya itu. Dia menginjak Jepang untuk ikut program pendek musim gugur di Osaka dan beruntung baginya, orangtua inang tempatnya homestay punya anak gadis seusianya!

    Shiraishi Momiji, gadis itu, mungkin adalah buah penantiannya selama ini.

    ... Atau mungkin bukan.

    Review

    Momiji bercerita tentang Patriot Bela Negara, seorang pemuda dengan nama yang tidak sesuai dengan sifat dan penampilannya: kurus kering, berkulit pucat, alergi debu, dan lebih tertarik dengan negara lain daripada Indonesia.
    Ketertarikan Patriot akan Jepang membawanya ke Osaka untuk mengikuti pendidikan bahasa. Di sana dia tinggal bersama keluarga Shiraishi dan bertemu anak mereka, Momiji, yang memiliki penampilan dan tingkah laku layaknya preman. Kehidupan Patriot di Jepang, yang semula dia rencanakan untuk mencari Yamato Nadeshiko (wanita ideal dalam ukuran tradisional Jepang), justru jadi jungkir-balik karena Momiji.

    Satu halaman pertama dan saya langsung tertarik dengan novel ini. Humor tentang nama Patriot memberi kesan lucu yang bagus dan berhasil dipertahankan hingga akhir. Di sepanjang buku, pembaca akan disuguhi segala tingkah laku canggung dan ajaib dari Patriot dan Momiji.

    Ceritanya bagus sih kalau buat saya. Selain tentang Patriot yang mencari jati diri, ada juga teka-teki tentang alasan Momiji meninggalkan rumah selama dua tahunan. Keduanya berhasil membuat saya tertarik higga akhir.

    Yang kurang memuaskan buat saya datang pada saat menjelang akhir buku ini. Ada bagian yang terasa dilompati. Tiba-tiba saja Patriot hanya punya beberapa hari sebelum dia kembali ke Indonesia. Bagian ini mungkin dibuat agar efek dramatis lebih terasa (ada penyelesaian konflik saat kedua tokoh mau berpisah), tapi membuat plot terasa kosong dan harusnya bisa diisi beberapa puluh halaman lagi.

    Secara keseluruhan, Momiji menyajikan cerita yang lucu dan menghibur. Rasanya banyak bagian yang bisa ditambahkan lagi supaya ceritanya terasa lebih berisi.


    View all my reviews


  2. 1 comments :

    1. Saya belum baca karya Orizuka yang ini. Tapi, ciri karya dia selalu menyentuh dengan diksi-diksi sederhana

    Post a Comment