Rss Feed
  1. P.S. I Still Love You (To All the Boys I've Loved Before, #2)P.S. I Still Love You by Jenny Han
    My rating: 4 of 5 stars

    Judul: P. S. I Still Love You
    Penulis: Jenny Han
    Penerbit: Penerbit Spring
    Halaman: 356 halaman
    Terbitan: September 2015

    Lara Jean tidak mengira akan benar-benar jatuh cinta pada Peter. Dia dan Peter tadinya hanya berpura-pura. Tapi tiba-tiba saja mereka tidak lagi pura-pura. Sekarang, Lara Jean tambah bingung dengan perasaannya dan juga dengan situasi yang dia hadapi. Saat seorang pemuda dari masa lalunya tiba-tiba kembali ke dalam kehidupannya, percikan yang pernah dia rasakan pun kembali. Bisakah seorang gadis jatuh cinta pada dua pemuda sekaligus?

    Buku ini adalah sekuel dari To All the Boys I’ve Loved Before, tempat kita bisa merasakan cinta pertama lewat Lara Jean.

    Cinta tidak pernah mudah, tapi mungkin itulah yang membuatnya luar biasa.

    Review

    Mula-mula, saya menyampaikan terima kasih kepada Penerbit Spring yang telah memberikan kepercayaan pada saya sebagai salah satu bloghost. Ulasan kali ini adalah bagian dari blogtour novel "P. S. I Still Love You". Ada juga kuis berhadiah 2 novel "P. S. I Still Love You" yang dapat kamu ikuti di sini.

    "P. S. I Still Love You" adalah sekuel dari novel "To All the Boys I've Loved Before" (review di sini). Setelah surat-surat cintanya terkirim, melewati sebuah masa pacaran pura-pura, serta mengalami kehidupan cinta yang jungkir-balik, Lara Jean akhirnya berpacaran dengan Peter Kavinsky, si cowok-cakep-tapi-kepedean yang sudah lama dia sukai.

    Saat Lara Jean mengira percintaannya akan lancar-lancar saja, masalah muncul silih-berganti. Mulai dari videonya dengan Peter yang dijadikan olok-olok, Peter yang kembali dekat dengan mantan pacarnya, hingga datangnya surat balasan dari John Ambrose McClaren, salah satu dari lima orang penerima surat cinta yang selama ini dia simpan di kotak topi pemberian ibunya. Kalau sudah begini, apakah hubungannya dengan Peter bisa dipertahankan?

    Sama seperti pendahulunya, "P. S. I Still Love You" ini menampilkan sebuah kisah romans remaja yang manis, romantis, dan bisa buat senyum-senyum sendiri. Saya juga suka dengan tema ceritanya. Kalau di TAtBILB diceritakan bagaimana Lara dan Peter akhirnya bisa dekat, di PSISLY ini diceritakan bagaimana sulitnya mempertahankan sebuah hubungan. Ada berbagai hal seperti pertengkaran, masalah keterbukaan, hingga orang ketiga yang bisa mengganggu sebuah hubungan.

    Kurasa kau boleh menyebutku telat mekar, tapi itu artinya kita semua masuk dalam semacam jadwal mekar yang sudah ditentukan sebelumnya. Tentunya ada cara yang benar atau cara yang salah untuk menjadi remaja enam belas tahun yang jatuh cinta pada seorang cowok. (hal. 144)


    Kisah Lara dengan Peter kali ini seperti roller-coaster, sama seperti perasaan saya membaca mereka. Kadang saya bisa merasa oh-so-sweet melihat mereka, kadang saya bisa kesal dengan si Peter, kadang saya bisa ketawa melihat tingkah mereka. Btw, kurang komunikatifnya Peter pada Lara Jean membuat saya (view spoiler)

    Secara keseluruhan, "P. S. I Still Love You" ini adalah novel romans remaja yang manis, lucu, dan juga romantis. Novel yang patut dicoba oleh para penggemar YA romance dan yang sudah menantikan kelanjutan kisah Lara dan Peter.

    Sekarang aku tahu kalau aku tidak mau mencintai atau dicintai hanya setengah-setengah. Aku mau semuanya. Dan untuk mendapatkan semuanya, kau harus mempertaruhkan segalanya. -Lara Jean

    Akankah tiba suatu hari ketika cinta meranggas seperti daun di musim gugur?

    Buku ini untuk tantangan baca:

    - 2015 Young Adult Reading Challenge

    View all my reviews

  2. 29 comments :

    1. penasaran sama kisah lanjutannya. must have book nih. :3

    2. Kayanya ide ceritanya bagus ya. Nggak mainstream. :D Bagus. Aku suka...

    3. Kisah gadis polos si Lara Jean ini memang sangat menarik. Bisa membuat tertawa, kesal, dan tersenyum senyum. Sepertinya sekuel TATBILB ini juga dibuat dengan konflik khas remaja. Di tambah P.S I Still Love You memunculkan tkoh masa lalu Lara. Kangen Lara, Peter, Josh, Kitty, etc {}

    4. Shiela said...

      Pertama kali mendengar Spring bakal merilis sekuel dari To All The Boys I've Loved Before, senangnya bukan main. akhirnya bisa melanjutkan kisah petualangan Lara Jean kembali. Most anticipating book sequel of this year! Buku yang wajib dibeli, terutama buat yg sudah membaca buku pertamanya.

    5. This comment has been removed by the author.
    6. "Kisah Lara dengan Peter kali ini seperti roller-coaster"
      Penasaran aja dengan kalimat yg ini. cinta yang seperti roller-coaster itu maksud nya gimana ya, kak?
      waaaah kalau mau jawabannya mesti punya ni buku nih.. hehehe
      Berhubung aku suka banget novel romance, yaaa seperti nya buku ini bagus deh..
      jadi makin penasaran dengan cinta yang seperti roller-coaster mereka.. ^_^

    7. "Dan untuk mendapatkan semuanya, kau harus mempertaruhkan segalanya. -Lara Jean
      Itu kata-kata yg palinggg aku suka 😍. Kata-kata yg membuat orng termotifasi dan sadar kalau dunia ini adil. Jika kita menginginkan sesuatu maka kita harus mengorbankan sesuatu yg sama besarnya

    8. Menarik sekali novel ini^^ masih masuk dalam daftar 'my wish list' nih, semoga kesampaian punya novel ini nantinya.

    9. Fira said...

      penasaran sama Lara Jean dan Peter ^^

    10. Comment sekali lagi nih ya.... kali ini tentang alasan ketertarikan terhadap novel P.S I Still Love You. Yang jelas, alasan utamanya adalah dari segi cerita. Mengingat ini adalah novel romansa remaja dengan sagala lika-liku percintaan remaja, tentu amat sangat menarik bagi saya, karena saya juga adalah seorang gadis remaja yang juga demikian :'v Lebih penasaran lagi dengan sebuah kalimat dari review ini yang berbunyi "Bisakah seorang gadis jatuh cinta pada dua pemuda sekaligus?" hahaha, kalau dilihat dari yang namanya remaja sih.... bisa jadi juga. Nah, makanya, penasaran banget nih sama kelanjutan kisah Lara Jean dan bagaimana hubungannya dengan Peter nanti.
      Kalau dilihat dari review-an blog buku dan beberapa komentar dan rekomendasi, novel ini bagus, dan juga ada banyak makna yang dapat dipetik.
      Buku yang sejak awal penerbitannya udah masuk daftar "My Wish List" ku ini semoga bener-bener kesampeyan. amin.....

    11. Penasaran sama kisah cinta selanjutnya Lara Jean yang anti mainstream dan unik, jatuh cinta dengan dua pria sekaligus.

    12. Hary said...

      Bagi yang sudah jatuh cinta dengan kisah Lara (beserta surat-suratnya), pasti tidak akan melewatkan buku terbaru dari Spring ini. Membaca dari sinopsis buku ini serta review yang ditulis oleh kak Biondy Alfian, tampaknya buku ini bakal lebih seru dan penuh kejutan melebihi buku pertamanya. Semoga kisah Lara Jean bakal berakhir happy ending di P.S. I Still Love You.

    13. Hmm saya sering baca kisah tomance yg endingnya sepasang tokoh cowok-ceweknya bahagia setelah proses pedekate yg sedemikian berliku. Tapi saya pasti langsung mikir, nggak mungkin mereka lantas bahagia selamanya kayak di dongeng, sehingga saya jd tertarik utk tahu bagaimana hubungan mereka setelah jadian. Saya mengapresiasi sekuel ini, yg menceritakan kisah lanjutan setelah Lara Jean jadian dg Peter.

    14. Penasaran sama perjalanan kisah cinta Jean dan Peter.

    15. Penasaran sama kelanjutan kisah Lara Jean dan Peter. Apakah orang ketiga ini bakal jadi penghancur hubungan Lara Jean dan Peter atau malah memperkuat. Hehehehe

    16. Pada ending TATBILB itu emang super bikin kesal sekaligus penasaran gara-gara hubungan pacaran pura-pura itu malah bikin Lara dan Jean jadi baper. Haha. Untuk genre YA romance, seri yang satu ini memang sedap karena untuk ukuran remaja memang cocok ya. Lebih excited lagi buat menyimak buku kedua ini, karena lebih konsen pada hubungan cinta yang sesungguhnya antara Lara dan Peter yang sering naik turun yang konflik beruntun. Semoga berjodoh. Jodoh sama buku ini maksudnya. Hehehe ;)

    17. penasaran sama hubungan Lara Jean dan Peter. pengin tau juga siapa cowok di masa lalu Lara Jean :)

    18. "Kalau di TAtBILB diceritakan bagaimana Lara dan Peter akhirnya bisa dekat, di PSISLY ini diceritakan bagaimana sulitnya mempertahankan sebuah hubungan."
      Sepertinya bisa jadi referensi buat para jomblo yang ingin menjalin hubungan yang serius~ >_<

      Mungkin endingnya Lara Jean tetep sama Peter, tapi bisa jadi juga Lara Jean berpindah hati .___. Uwaaaa penasaran sama kisah cinta Lara Jean yang berliku~ >.<

    19. Wahhh ... Kayaknya aku sudah jatuh cinta deh sama Lara dan Jean nih padahal baca novelnya aja belum. Ternyata dari kepura-kepuraan cinta mulai bersemi. Hehehe

      "Sekarang aku tahu kalau aku tidak mau mencintai atau dicintai hanya setengah-setengah. Aku mau semuanya. Dan untuk mendapatkan semuanya, kau harus mempertaruhkan segalanya." -Lara Jean

      Menurutku Lara Jean juga harus memilih. Yah ... Setiap manusia dan kehidupan memang harus memilih. Setiap pilihan yang kita pilih pasti ada resiko dan pengorbanannya.

      Terima kasih Kak atas reviewnya. Jadi, menyentuh banget apalagi surat-surat yang ada di dalam topi. Duuuhhh ... Romantisnya. Aku suka covernya :)

    20. Beberapa kali baca tweet blogger buku yang jatuh cinta dengan karakter Peter dalam novel ini. Aku jadi penasaran apakah sebegitu menarikkah Peter ini?

      Kemudian, penasaran juga kenapa buku ini begitu booming. Apa yang istimewa ya? Dari reviewnya sih kayaknya romantis banget ya ini novel. Jadi penasaran pengen baca. Apalagi terus-terusan baca review-review dari para blogger buku, tambah ngiler :D

    21. Nggak sabar banget baca kelanjutan kisah cinta nan tragis nya Lara Jean ini! Ditambah lagi dengan endingnya di To All The Boys I've Loved Before yang bikin penasaran. Tentunya masih seru aja hubungan Peter K sama Lara Jean! Dan... gimana nasibnya Margot sama Josh yaaa? Duuh... gak sabr buat baca

    22. This comment has been removed by the author.
    23. Ngarepnya sih, endingnya Jean ma Peter bakal happy ^_^))"> Tapi apa kabar dengan Margot ma Josh ? Josh bakal tetap ngejar hatinya Margot gak yaa ? Aiiih, jadi penasaran >_<

    24. Sangat penasaran dengan kisah di novel P.S. I Still Love You ini. Tapi, apa kabar dengan Josh? Kok ngilang sih? Uwooow langsung baca novelnya aja kali ya >_<

    25. Terkadang mungin kita merasa sudah menemukan org yang cocok, tp tiba2 ada seseorang dari masa lalumu? oh.. god, it's so terrible >.<
      What happen next? hanya hatimu yg dpat menentukannya >.<
      maju ke depan ato mlihat k'belakang???

    26. waktu baca yang TATBILB aja aku udah dibuat kesal dengan tingkah peter yang kadang bisa so sweet tapi kadang juga menyebalkan... wah aku jadi penasaran sama orang ketiganya dan terima kasih untuk spoilernya hehehe

    27. bagi sebagian orang yang [mungkin] belum pernah membaca TATBILB, ulasan ini berhasil membuat tingkat penasaran makin naik dan akan langsung berniat pergi ke toko buku untuk membeli seri pertamanya... :D Memang kisah Lara dan Peter ini bikin penasaran setengah hidup ya... semoga berkesempatan deh untuk baca seri komplitnya... :D

    28. Menunggu lama untuk kelanjutan dari TATBILB sekarang dibayar oleh adanya giveaway PS I Still Love You. Sudah sangat penasaran bagaimana kelanjutan dari Lara Jean dan Peter.

    29. P. S. I Still Love You bikin penasaran untuk dibaca. Meski cerita cinta yang awalnya pura-pura dan hanya untuk balas dendam sudah banyak, tapi kalau dikemasnya seperti novel ini sih... siapa yang nggak mau baca, sih ^^

    Post a Comment