Rss Feed
  1. The Ghost: Sang Penulis BayanganThe Ghost: Sang Penulis Bayangan by Robert   Harris
    My rating: 2 of 5 stars

    Judul: The Ghost (Sang Penulis Bayangan)
    Penulis: Robert Harris
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Halaman: 320 halaman
    Terbitan: November 2008

    Adam Lang, mantan perdana menteri Inggris, menghadapi tuduhan kejahatan perang. Seorang penulis bayangan direkrut untuk membantunya menuliskan autobiografi yang menjadi satu-satunya cara membela diri di depan mata dunia.

    Hanya saja, ketika sang "hantu" alias penulis bayangan mulai bekerja, dia menemukan terlalu banyak hal yang tidak sesuai: tentang awal karier politik Adam Lang, tentang kebijakan-kebijakan politiknya, tentang keterlibatan badan intelijen negara asing...

    Dan yang paling mengancam nyawanya: kematian tak wajar McAra, ajudan politik Adam Lang yang awalnya membantu penulisan memoar sang PM, yang melakukan riset menyeluruh terhadap masa lalunya... tapi kemudian ditemukan tewas di pantai sunyi Martha's Vineyard. Barangkali McAra mengetahui terlalu banyak rahasia-rahasia yang membawa kematiannya.


    Review
     
    The Ghost bercerita tentang Aku, seorang tokoh tanpa nama, yang diminta untuk menyelesaikan biografi Adam Lang, mantan perdana menteri Inggris yang saat itu sedang menjadi tersangka kasus kejahatan perang. Sebagai ghostwriter (penulis bayangan) buku tersebut, Aku menelusuri kembali masa lalu Adam Lang dan menemukan potongan-potongan puzzle yang tidak sesuai. Siapakah sebenarnya Adam Lang dan rahasia apakah yang pria itu simpan?

    Sebuah novel thriller yang menggabungkan unsur politik dengan dunia kepenulisan. Saya kebetulan menemukan buku ini di tempat sewa dan memutuskan untuk meminjamnya karena penasaran dengan premisnya.

    Begitu aku mendengar bagaimana McAra menemui ajalnya, seharusnya aku langsung pergi jauh-jauh. (hal. 11)


    Sayang sekali saya merasa kesulitan membaca novel ini karena ceritanya berjalan dengan lambat. Setelah melewati sekitar lima puluhan halaman, saya mulai kehilangan minat dan memutuskan untuk membaca cepat saja isinya. Soalnya bukunya mau segera dikembalikan supaya tidak harus tambah bayar XD.

    Buat saya, kemungkinan rasa bosan itu muncul karena tidak ada ancaman yang nyata yang dialami tokoh utamanya. Selain tenggat waktu yang ketat untuk menyelesaikan biografi Adam Lang, rasanya tidak ada hal lain yang bisa dikategorikan sebagai ancaman bagi Aku. Malah saya lebih tertarik dengan masalah Adam Lang yang sedang dikejar karena skandal politiknya. Apakah hal ini memang disengaja karena tema "penulis bayangan" buku ini? Apakah Robert Harris memang sengaja mau membuat pembacanya lebih peduli pada masalah Adam Lang daripada si Aku?

    "Karena meskipun itu detail kecil, tetap saja itu mengesankan dia bukan orang yang kita kenal. Aku bahkan tidak yakin dia mengenal dirinya sendiri-dan itu sangat menyulitkan, kalau kau harus menulis biografi untuknya. Aku hanya merasa tidak mengenalnya sama sekali. Aku tidak bisa mengangkap suaranya." (hal. 187)


    Secara keseluruhan, The Ghost adalah novel thriller dengan premis yang menarik, tapi eksekusi yang membosankan karena tidak ada ancaman nyata bagi tokoh utamanya.


    View all my reviews


  2. 1 comments :

    1. Hapudin said...

      Saya membayangkan kalau tokoh Aku itu seharusnya diposisikan sebagai orang pertama yang mengetahui segala aib si PM. Sehingga dia pun merasa terancam setelah McAra meninggal. Seharusnya poin terintimidasi tokoh Aku yang dieksplor lebih mendalam sampai benar-benar si PM tidak bisa lepas dari jeratan hukum. Bayangan saya aja sih, hehe

    Post a Comment