Rss Feed

  1. To All the Boys I've Loved BeforeTo All the Boys I've Loved Before by Jenny Han
    My rating: 5 of 5 stars

    Judul: To All the Boys I've Loved Before
    Penulis: Jenny Han
    Penerbit: Penerbit Spring
    Halaman: 382 halaman
    Terbitan: April 2015

    Lara Jean menyimpan surat-surat cintanya di sebuah kotak topi pemberian ibunya.

    Surat-surat itu bukan surat cinta yang ditujukan untuknya, tapi surat yang ia tulis. Ada satu surat untuk setiap cowok yang pernah ia cintai—totalnya ada lima pucuk surat. Setiap kali menulis, ia mencurahkan semua perasaannya. Ia menulis seolah-olah mereka tidak akan pernah membacanya karena surat itu memang hanya untuk dirinya sendiri.
    Sampai suatu hari, semua surat-surat rahasianya itu tanpa sengaja terkirimkan—entah oleh siapa.

    Saat itu juga, kehidupan cinta Lara Jean yang awalnya biasa-biasa saja menjadi tak terkendali. Kekacauan itu melibatkan melibatkan semua cowok yang pernah ia tulis di surat cintanya—termasuk cinta pertamanya, pacar kakaknya, dan cowok terkeren di sekolah.

    Review

    "To All the Boys I've Loved Before" bercerita tentang Lara Jean Song, seorang gadis keturunan Amerika-Korea. Sebagai seorang gadis yang tergolong "rumahan" dan agak tertutup, Lara tidak pernah menyatakan perasaannya pada cowok-cowok yang dia sukai. Sebagai gantinya, dia menulis sebuah surat cinta pada mereka, lalu menyimpannya di dalam sebuah kotak.

    Surat-surat cintaku itu bukan seperti surat cinta pada umumnya. Semua kutulis di saat aku tidak ingin mencintai mereka lagi. Semua kutulis sebagai salam perpisahan. Karena setelah menulisnya, aku tidak lagi dikuasai rasa cinta yang menghabiskan segalanya. -Lara Jean (hal. 5)


    Kehidupan Lara yang awalnya tenang dan biasa saja mulai berubah saat Margot, kakaknya, pergi kuliah di Skotlandia. Belum hilang rasa kagoknya karena kini dialah anak tertua di rumah, Lara mendapati bahwa surat-surat cintanya telah terkirim, dan kini para cowok yang menerima surat itu datang untuk mengonfrontasi Lara soal surat itu.

    Sukaaaa banget sama buku ini. Buku ini rasanya komplit banget. Ada masalah cintanya, ada masalah keluarganya, hingga masalah pertemanan juga ada. Membaca kisah Lara Jean membuat saya tertawa, merasa hangat, serta tersenyum sendiri saat mengikuti kisah cintanya.

    Saya suka banget dengan keluarganya Lara, yang hanya terdiri dari seorang ayah dan ketiga putrinya. Mereka akrab, tapi sangat terasa dinamikanya. Buat yang punya saudara, pasti bisa paham deh dengan pergulatan yang Lara alami di sepanjang cerita. Bukan hanya soal Lara yang diam-diam suka sama pacar kakaknya, tapi juga soal Lara yang tiba-tiba kelimpahan semua tanggung jawab Margot selama ini.

    Dan soal percintaannya, duh, si Lara ini sukses bikin senyum-senyum sendiri. Hubungannya Lara dengan salah satu cowok di buku ini sangat berkesan buat saya. Manis, tapi juga penuh ketidakpastian dan rasa ragu-ragu. Rasanya sangat nyata buat saya mengingat keduanya masih remaja dan pastinya belum yakin juga dengan masa depannya sendiri.

    Secara keseluruhan, saya merekomendasikan novel "To All the Boys I've Loved Before" untuk pembaca yang suka kisah cinta remaja yang manis, tapi juga terasa nyata. Atau kamu lebih suka kisah dengan unsur keluarga yang kental? Baca buku ini, deh.



    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 Young Adult Reading Challenge
    - 2015 New Authors Reading Challenge
    - 2015 Lucky No. 15 Reading Challenge

    View all my reviews

    Giveaway! Kali ini dari Penerbit Spring akan memberikan 2 novel "To All the Boys I've Loved Before". Cara ikut GA? Simak aturan ini dulu, lalu isi Rafflecopter di bawah.
    1. Peserta berdomisili di wilayah Indonesia.
    2. Buku hadiah akan dikirimkan oleh Penerbit Spring
    3. Silakan mengisi kolom Rafflecopter di bawah ini.
    4. Giveaway berlangsung dari 10 April 2015 - 24 April 2015.
    5. Keputusan pemenang tidak dapat diganggu gugat.
    6. Bila dalam 48 jam tidak ada respon dari pemenang, maka akan dipilih seorang pemenang baru.
    7. Harap sertakan akun twitter saat konfirmasi pemenang.
    8. Jika ada pemenang ganda dengan host yang berbeda, host berhak untuk mengundi ulang jika merasa perlu.
    9. Jika tidak ada undian ulang, pemenang HANYA akan mendapatkan 1 buku  meskipun mereka menang beberapa kali.

    a Rafflecopter giveaway

    Jangan lupa untuk ikutan kuis finale dari rangkaian blog tour ini. Caranya? Kunjungi seluruh blog penyelenggara tour kali ini, lalu kumpulkan kepingan puzzle di setiap blognya.


    Jadwal blog tour:

    03 April Orinthia Lee 

    06 April Ken Astri D. 

    08 April Ria Destriana 

    10 April Biondy Alfian  - you're here



    16 April Ariansyah 




    23 April Fikriah Azhari 

    25 April Cut Lilis Rusnata 


    28 April Dinar Arisandy 

    30 April Dyah Muawiyah

    2 Mei Ivana 

    3 Mei Irnalasari 

    5 Mei Farah Fahma



  2. 40 comments :

    1. Anggie said...

      Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Yang saya lakukan adalah mendoakannya, jika perasaan saya tidak bisa menjangkaunya, setidaknya doa saya bisa tersampaikan.
      Jika ia tak bisa saya jangkau dengan tangan saya, setidaknya tangan Tuhan bisa menyertai dan selalu melindunginya
      Jika ia tak bisa saya miliki, setidaknya Tuhan memberikan ia jodoh yang terbaik, dan Tuhan memberikan saya keikhlasan dan kekuatan untuk merelakannya :)

      twitter saya : @anggiakristiani

    2. Pertanyaan : Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Jawaban : Kalau ada duit lebih langsung terbang ke pelukannya *tau2 bukan dipeluk tapi ditoyor*, kalau enggak ya pake surat, bisa tulis tangan atau surat elektronik, atau sms, atau chat, atau telfon, atau titip2 salam tempel kayak orang jaman dulu.

      Itu simpelnya sih. Tapi menyatakan perasaan itu gak pernah simpel, kan? Persoalan caranya bagaimana sudah banyak solusi, tapi memantapkan hatinya itu yang jadi perkara pelik.

      Kalau cintanya tidak terlarang, ya nyatakan saja. Kalau takut, mungkin pemikiran semacam ini bisa menjadi motivasi : being loved gives courage. Kita gak pernah benar2 tahu masalah apa yang sedang dan akan dihadapi oleh orang lain, termasuk org2 yang kita sayangi dan kita rasa dekat. Ada kalanya senyum menyembunyikan luka, ada kalanya luka hati disimpan rapat2 supaya tak ada yg bisa menyentuhnya.

      Pernyataan cinta yang kita anggap sesuatu yang memalukan, menempatkan kita pada posisi lemah, membuat ego di ujung tanduk, mungkin merupakan penyelamat bagi orang yang kita sayangi itu. One day, saat mungkin harinya tidak seindah hari2 lainnya, mungkin fakta bahwa ada orang lain yang menyayanginya akan membuatnya merasa lebih baik - seperti safety net yang siap menyelamatkan saat dunia tidak berjalan sesuai keinginan. :)

    3. Ainini said...

      Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Kalo saya, suka ya bilang aja.
      Kalo suka sudah sampe taraf mengganggu, kayak lagu dangdut,

      mau makan, teringat padamu,
      mau minum, teringat padamu,
      mau ngapa-ngapain, teringat padamu...
      *oke, liriknya rada beda, tapi tau kan lagunya...*

      Berarti, rasa suka sudah mulai mengganggu kehidupan kita. Kalo kita bisa move on sendirian sih bagus. Kalo malah sibuk mikirin dia, mending bilang aja. Apalagi kalo cewek biasanya suka membangun imajinasi sendiri. Nggak masalah kalo kita cewek. Bilang suka nggak malu-maluin, kok. Menurut saya. Yang nggak setuju ya nggak apa-apa.
      Kan udah jelas ini dia nggak bakal mau, jauh dari jangkauan, ya bilang aja.
      Yang penting sudah bilang. Lega, deh. Hyakakakakak....

      Kalo mau cara yang lebih halus, mungkin saya bakal bikin cerita yang berhasil diterbitkan.
      Terus, bilang ke dia kalo kisah di cerpen atau novel itu terinspirasi dari dia.
      *intinya tetep bilang lagi*
      Ngahahahahahah.....
      *kabur pake sapu Mimi Hitam*

    4. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?


      akan aku buat buku yang kutulis dari keseharian dia, hobby bahkan saat moment kita bersama dulu. Akan ku masukkan puisi cinta untuknya didalam novel yang kubuat itu.
      Kalau perlu foto-foto saat aku dengan dia jalan bareng akan kukirimi juga supaya dia teringat kalau aku selalu memandangi dia dan menemani dia disaat dia senang maupun susah.

    5. This comment has been removed by the author.
    6. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?


      Aku biasanya akan menitip salam dan kata-kata puitis ke stasiun radio yg biasa didengar pria yg sedang kusukai. Acara tempat para pendengar radio untuk curhat sama penyiarnya. biasanya disaat itu aku akan telpon dan menitipkan pesanku kpd pria yg kusukai.
      sebenarnya cara ini banyak potensi gagalnya, takut kalau si dia nanti gak mendengar pesan cinta dariku.
      Tapi aku bisa apa? kalau gak dicoba aku akan gagal selamanya.
      Walau raga kita terpisah jauh namun hati kita selalu dekat.

    7. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Aku menuliskan semua perasaanku di sebuah blog dan mengirimkan link blog itu ke orang itu. Karena aku tidak pintar berbicara dan lebih bisa mengekpresikan diriku lewat tulisan, jadi aku memilih jalan untuk menuliskan semua perasaanku di blog. Tapi sebenarnya mencoba menyakinkan diri untuk mengirim link blog ke orang itu yang jauh lebih sulit, karena aku seperti Lara Jean yang lebih memilih menuliskan semuanya lalu memendamnya.

    8. Bikin cerpen di blog dengan tema perasaanku buat dia. Aku akan ceritain gimana aku menjalani perasaan ini. Gimana aku selalu memandang dia diam-diam. Gimana aku selalu terbayang senyum dan tawanya. Endingnya, aku mengungkapkan perasaanku buat dia. Aku tak pedulu apakah dia tahu atau tidak. Aku hanya peduli, aku mencintainya tanpa mengharap apapun pada dia.

    9. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Melalui sebuah tulisan.

      Tulis perasaanku dan gambarkan dengan bebas bagaimana perasaan ini yang aku simpan untuknya. Lalu posting di media yang paling sering ia kunjungi, atau kalau tidak coba untuk ajak teman-temannya membaca tulisanku. Berdoa saja suatu hari ia akan mampir dan melihat tulisan itu, sehingga ia mengerti ada seseorang yang mengharapkannya melebihi apapun.

      Aku tidak mengharapkan balasan apa-apa. Cukup dia tahu saja sudah cukup, biar saja tulisan itu menjadi memori bahwa aku pernah menyukainya :)

    10. This comment has been removed by the author.
    11. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?


      Mendekatkan diri padanya. Aku memiliki ego yang harus ku pertahankan sebagai perempuan untuk tidak memalukan diri. Tetapi bila dengan mendekatkan diri saja tidak dapat membuatnya melirikku, mungkin sudah waktunya aku membuang ego ku jauh-jauh, karna perasaanku jauh lebih pentin dari semua ego itu.

      Tetapi jika dengan mendekati nya tetap tidak dapat membuat hatinya goyah, sudah seharusnya aku memperjuangkan hal yang pantas di perjuangkan.

      Dan bila sudah saatnya dimana dia memilih si dia yang lain (Tentunya dia yang lain bukanlah diriku). Sudah sepantasnya aku membiarkan dia mengambil pilihannya, dan perlahan menjauh dirinya.

      Perasaan memang tidak mudah untuk dihilangkan, sepertinya aku salah satu orang yang memiliki sedikit kepribadian seperti Lara Jean, aku akan menulis semua perasaanku dalam sebuah kertas sebagai salam perpisahan untuk hatiku sendiri, menyemangati bahwa ini telah usai. Dan terakhir adalah mendeklarasikan perasaan yang ku punya kepadanya, dengan sebuah kata-kata ucapan yang memang bukan berarti apa-apa buatnya, tapi itu berarti banyak untukku, karna setidaknya aku sudah tidak lagi mengkhianati perasaanku sendiri dengan mulutku. Dengan mendklarasikan perasaanku. Itu sudah lebih dari cukup. Dan itu saatnya aku untuk melepaskannya.

    12. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?


      Mendekatkan diri padanya. Aku memiliki ego yang harus ku pertahankan sebagai perempuan untuk tidak memalukan diri. Tetapi bila dengan mendekatkan diri saja tidak dapat membuatnya melirikku, mungkin sudah waktunya aku membuang ego ku jauh-jauh, karna perasaanku jauh lebih pentin dari semua ego itu.

      Tetapi jika dengan mendekati nya tetap tidak dapat membuat hatinya goyah, sudah seharusnya aku memperjuangkan hal yang pantas di perjuangkan.

      Dan bila sudah saatnya dimana dia memilih si dia yang lain (Tentunya dia yang lain bukanlah diriku). Sudah sepantasnya aku membiarkan dia mengambil pilihannya, dan perlahan menjauh dirinya.

      Perasaan memang tidak mudah untuk dihilangkan, sepertinya aku salah satu orang yang memiliki sedikit kepribadian seperti Lara Jean, aku akan menulis semua perasaanku dalam sebuah kertas sebagai salam perpisahan untuk hatiku sendiri, menyemangati bahwa ini telah usai. Dan terakhir adalah mendeklarasikan perasaan yang ku punya kepadanya, dengan sebuah kata-kata ucapan yang memang bukan berarti apa-apa buatnya, tapi itu berarti banyak untukku, karna setidaknya aku sudah tidak lagi mengkhianati perasaanku sendiri dengan mulutku. Dengan mendklarasikan perasaanku. Itu sudah lebih dari cukup. Dan itu saatnya aku untuk melepaskannya.

    13. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Oke, pertama harus mendekatkan diri dulu ke orangnya sampai sedekat mungkin. Jadi teman terdekatnya pokoknya bikin dia nyaman sama kita. Bisa melalu chat, skype, dll kan teknologi udah maju nih ga perlu repot. Abis itu make a grand gesture gitu, kayak bikin video yang menunjukkan betapa sukanya aku sama orang itu, atau juga nembak langsung lewat skype gitu pokoknya harus dalam skala besar. Dijamin ngga akan ditolak! HEHEHEHE

    14. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Kalo suka ya ungkapin
      Jangan dipendam, kalo dipendam malah bikin hati makin tersakiti
      Kalo kita merasa seakan orang itu jauh dari jangkauan kita, ya doa aja^^ Tuhan punya rencana terbaik buat kita kok. Kalo dia jodoh kita, pasti Tuhan akan mempersatukan kita pada waktu yang tepat, asal kamu gak lupa berdoan dan berusaha. Tapi kalo dia bukan jodoh kita, pasti Tuhan punya rencana lain^^ rencana indah yang akan terwujud jika waktu yang tepat telah tiba^^

    15. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Aku akan menyatakan perasaanku padanya melalui sebuah tulisan, puisi, cerpen atau dongeng mungkin XD Aku submit tulisan-tulisanku itu diblog pribadi, terus link-nya aku kirim ke dia >.< Semoga saja dia mengerti maksud 'kode'ku itu. Kalau dia nggak ngerti, ya tulisan-tulisan ini mungkin bisa jadi intermezzo untuk diriku sendiri beberapa tahun mendatang, kalau aku pernah menyukai orang itu hihihihi

    16. Na ha. Apa yang saya lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang yang saya suka yang suka sekali yang rasanya begitu jauuuuuh dari jangkauan saya adalah mengatakannya dengan jujur. PLIS. GAK PAKAI KODE. Ngana pikir kita ini anak pramuka ha?! Meh. Ngerti sandi....?! Nggak ngerti kakaaaagh...

      Hidup ini hanya sekali. Yang namanya kesempatan hanya sekali. Kesempatan itu langka yang langka betul. Kalau misalnya kesempatan itu tidak ada, kita buat, kita ciptakan. Belum tentu besok ada orang seperti dia lagi dalam hidup kita. Sayang kalau cinta itu hanya dipendam dan tak terucapkan karena kita tahu suatu hari mulut kita akan mengatakan, mengandai dengan pahit "Andai dulu aku berani mengatakannya pasti......" (isi sendiri lah ya titik-titiknya). Lebih baik mencoba meski gagal dari pada diam.

    17. Saya ini termasuk yang pemalu. Banget. Tapi kalo harus menyatakan perasaan, nyatain perasaannya nggak mau dengan cara yang bertele-tele juga sih. Manjangin tali kelambu aja. Kalo pake cara jaman sekarang yang serba nyindir/mancing/kode, nanti malah ada yang baper atau salah rasa padahal bukan dia yang dimaksud. Berabe dongsss. Haha. Belum lagi akan ada banyak yang baca, nanti di-bully pula sama teman-teman. Maklum lah, saya sebenarnya lebih milih cidaha daripada blak-blakan. Hehe.
      Berhubung awkward kalo ketemu langsung, jadinya lewat meesage aja. Entah sms atau chat. Kalo nyali lagi lebih strong dari biasanya, telpon deh sekalian. Terserah jawabannya apa, yang penting udah diomongin dan lega. :D

    18. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Yang saya lakukan untuk menyatakan perasaan pada dia? Ehm..., mungkin saya akan mulai perlahan untuk mendekatinya. Saya akan cari tahu apa kesukaannya, di lingkungan mana dia biasa bergaul dan hobi apa yang dia sukai. Kalau perlu, mungkin saya akan berusaha mengikuti apa yang dia sukai demi mendapat kesempatan untuk berdekatan. Setelah itu, saya akan berusaha mengenalnya lebih dalam, mengajaknya mengobrol, sehingga antara dia dan saya bisa terjalin suatu keakraban. Bila sudah saling mengenal, tinggal mencari waktu yang tepat untuk mengungkapkan perasaan. Diterima sukur, nggak diterima ancang-ancang mulai jaga jarak. Malu!! >.<

    19. Q: Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      A: Aku malu kalau bilang langsung. Satu-satunya cara ya dengan memberi perhatian. Mungkin hadiah atau kado? Kalau jauh dari jangkauan dalam artian jauh jarak, kan ada media sosial. Bisa perhatian lewat chat, sms. Atau bisa bantuan teman. Suruh teman sampein salam atau apa gitu.Kayaknya sih yang paling penting doa aja supaya dia tahu perasaan kita. Yah, meski dia bukan cenayang, paling tidak kalau ada ikut campur allah SWT, semoga ada hasil. Berdoa saja dia dibukakan pintu hidayah agar menerima cinta saya. *plak

      @ayuniadesty

    20. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Jawaban :
      ehm.. mungkin melakukan pendekatan secara perlahan-lahan. Mulai dari mengetahui kesukaannya. Hal kecil sebenarnya, tapi dari situ kita bisa mulai melakukan pendekatan dengan membicarakan apa kesukaannya. Tanpa kita sadari kalau dia mulai mau membuka dirinya dan menerima keberadaan kita, kita bisa menjadi lebih dekat dengannya. Itu bisa menjadi permulaan kita untuk mulai berusaha menjangkaunya. Kalau aku punya keberanian, aku akan langsung mengungkapkan perasaanku padanya, tapi kalau aku belum berani mungkin aku bisa menunggu sampai waktunya tepat. Atau memberanikan diri menulis surat cinta untuknya.
      Bagaimanapun hasilnya nanti, aku tetap akan berusaha jujur diriku dan padanya tentang perasaan ini. karena aku tidak ingin menyesal nantinya..:D

    21. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?


      Itu sebenarnya pertanyaan sulit juga pertanyaan mudah.
      karena selain aku perempuan, menyatakan cinta itu memang gak pernah terpikirkan
      tapi mau coba jawab, aku bakal buat suatu karya kalau bisa yang fenomenal dan mendunia (ngayal ketinggian dikit boleh kan?) dan tokoh utamanya adalah aku dan dia
      semua sifat, kebiasaan dan hobinya aku jadiin pemeran utama di sana
      ya mungkin kalau bukunya laris, dia baca dan nyadar aku punya perasaan sama dia

    22. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Jawaban : mungkin aku tak akan pernah menyatakan secara langsung padanya. Yang bisa aku lakukan hanya menuliskan perasaanku itu dalam blog, tentu saja dengan tidak menuliskan identitasnya dengan jelas.

    23. Aku sih gak pernah nyatain secara langsung ke dia, meski punya kontak phone/media sosial miliknya aku lebih memilih PM..gak jelas banget sih yang aku tanyain, mulai dari kabar, cengengas-cengenges gak jelas terus curcol yang kadang gak nyambung yach..bisa dibilang sejenis ngasih perhatian + kode geje gitu deh..tapi aku mesti kasih ekstra perhatian lebih kalo uda ultahnya. Tak lupa aku pasang alarm jam 00.00 buat ngepost ucapan selamat :)

    24. Yang aku lakukan untuk menyatakan perasaan pada orang yang dekat namun terasa jauh dari jangkaua adalah menjadi secret admirernya. Aku akan mengirimkan origami berisi puisi dan kata penyemangat yang aku kirimkan setiap hari jumat. Dimana, hari itu dia akan megikuti eskul dan tasnya berada dikelasnya. Lalu aku akan menjadi penonton paling bersemangat kalau dia sedang tanding, Menolongnya dalam diam jika ia membutuhkan sesuatu, sampai akhirnya dia sadar bahwa aku ada didekatnya dalam jangkauannya.

    25. Mungkin sama seperti Lara Jean, aku akan menulis surat :v Dan jangan lupa juga untuk berdo'a yang baik-baik untuk dia :3 Karena pada akhirnya, sejauh apapun do'a pasti akan sampai :3

    26. Saya pernah menulis sebuah tulisan panjang yang lebih tepatnya naskah novel untuk menyatakan perasaan saya kepada seseorang. Tapi sebagai rahasia terbesar yang sampai saat ini saya jaga, tulisan itu takkan pernah bangkit dari kuburnya. Hehehe. Dalem banget dipendamnya sih, mau digali lagi udah gak kebayang...

    27. This comment has been removed by the author.
    28. Saya akan menunjukkan sinyal2 ketertarikan dengan mengirim email dan BBM berisi simbol/emoticon/emoji yang menunjukkan perasaan saya. Jika si dia masih nggak neh terpaksa saya 'tembak langsung'

    29. APA yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan suka kamu,pada seseorang yang berada jauh?
      Pertama,menghubungi dia melalui sosmed.sosmed kan semua orang punya.meskipun jauh,mereka mungkin memakai salah satu sosmed yg tersedia.
      Kedua,menyatakan cinta sebelum terlambat.Ga masalah cewek nembak duluan,drpd terus menunggu & bertepuk sebelah tangan.
      Ketiga,kalau belum dijawab ungkapan cintaku.berdoa,tanya Tuhan apa dia jodohku.jika jodoh dekatkan,jika bukan beri aku kekuatan untuk move on.
      Aku pernah kok nembak cowok yg kusuka melalui sosmed.tapi,privasi di inbox,DM,email,chat,BBM,etc.thanks kak biondy @vivicynthia

    30. sebetulnya, aku nggak mungkin menyatakan perasaan ke orangnya langsung. prinsipku sama kayak Afgan, jodoh pasti bertemu. dan menyatakan perasaan juga bisa bikin orang itu kepikiran padahal aku nggak mau ada hubungan apa-apa. paling yang kulakukan sama kayak Lara Jean. membuat surat cinta tanpa ditujukan ke orangnya, tapi bukan ditulis karena aku nggak suka nulis, melainkan diketik. aku juga nggak akan mencantumkan nama tertuju karena in case, aku bisa salah masukin file waktu ngirim email.

    31. Pertanyaan : Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Jawaban :
      To the point bilang suka tentu. Tapi, saya akan bilang ketika kira-kira kami tidak mungkin bertemu lagi (dalam rangka mengurangi rasa malu). Dan, kalau "memang jodoh" (kayak judul buku aja) pasti kami akan dipertemukan kembali. Pada prinsipnya, saya menghargai rasa suka saya terhadap seseorang.

    32. yang pasti pdkt dulu ya hahaha, udah kode-kode gitu ya baru deh bilang suka ke doi. doain aja doi juga suka sama aku hahaha, kalo ternyata gak suka? pojokin terus sodorin gunting deh (?) /maksa banget/

      NO NO NO. gak boleh gitu, kalo doi gak bisa membalas perasaanku yaudah terima apa adanya aja. cukup jadi sahabat juga gak apalah

    33. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Aku biasanya suka menulis surat/ puisi/ atau ungkapanku pada seseorang yang aku sukai, kemudian aku sengaja meminta bantuan kepada orang yang dekat dengan dia untuk memberikan tulisan itu kepada dirinya. Sambil berharap agara dia sudi merespon suratku (baca surat: perasaan) Selanjutnya yang biasa aku lakukan adalah yaa, memandang dia dari kejauhan :')

    34. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      kalau punya no. tlpn ya udah sms aja dlu trus mengungkan semua perasaan yang ada,, kalau ternyata no tlpnnya ga aktif ya udah kirim aja ke medsos tentang perasaan sebenarnya biar sekalian di baca sama teman-temannya sekalian.hihi

    35. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada sesorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Jawaban: Aku bakal diam. Melihatnya dari kejauhan. Menyukainya dari kejauhan. Lalu, aku bakal suka menulis puisi bahkan sampai sebuah cerita pendek tentang aku dia. Menuliskan namanya berkali-kali dalam buku diary. Menyatakan cinta padanya hanya pada buku diary. Itu yang akan aku lakukan. Menontoninya bahagia dengan kehidupannya.

    36. untuk menyukai seseorang yang rasanya begitu jauh dari jangkauan saya, aku pasti hanya mencintainya dalam diam. Orang yang mencintai dalam diam mempunyai cara tersendiri untuk mengungkapkannya seperti mengirimkan surat sebagai seorang screet admirer. Hahaha biar terluapkan perasaannya. Dan yang pasti aku telah menyatakannya

      twitter : @inggitnurba

    37. Shiela said...

      Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Menurutku tulisan tetaplah merupakan media yang terbaik untuk menyampaikan isi hati kita pada orang lain. Begitu juga untuk menyampaikan perasaan kita pada orang yang disukai. Ada banyak hal yang tidak mampu disampaikan secara lisan. Lagipula sering pada saat sudah berhadapan dengan orang yang kita sukai, bukannya menyampaikan perasaan, malah terdiam 1000 bahasa dan yang ada hanyalah perasaan grogi dan keluarnya keringat dingin.^^;
      Beda halnya dengan tulisan. Melalui tulisan, kita mampu mencurahkan seluruh isi hati kita ke dalamnya. Tidak harus melalui surat, bisa juga melalui media sosial seperti inbox facebook misalnya. Melalui tulisan pulalah, sejauh apapun orang yang kita sukai tersebut, perasaan kita tetap akan bisa tersampaikan kepadanya.^^

    38. Hary said...

      Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Menyatakan perasaan pada seseorang yang disukai jaman sekarang ini rasanya sudah jauh lebih mudah dibandingkan beberapa tahun lalu. Soalnya teknologi sudah makin canggih dan banyak media untuk membantu komunikasi antara aku dan dirinya.
      Sudah ada Line, BBM, Skype, dan yang lainnya untuk menyampaikan perasaanku padanya. Jarak dan waktu menjadi tidak terasa lagi. Namun tentu butuh sesuatu yg spesial untuk menyatakan perasaan suka bukan?
      Ini cara spesial versi diriku :
      Cara 1 : Upload video ke youtube dan sampaikan link video itu pada orang yang disukai agar dia melihatnya sendiri. Isi video tsb adalah ungkapan perasaanku untuknya. :)
      Cara 2 : Datang langsung ke tempat dia dan ungkapkan langsung perasaan suka kepadanya disertai sebuah kado. Siapkan kado spesial untuknya. Setiap orang tentu suka kan jika diberi kado?;)
      Semoga dengan begini perasaan sukaku padanya bisa tersampaikan dan dia pun mau menerimanya dengan tulus.:)

    39. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Di zaman dulu, orang menggunakan media cetak terutama ditulisan nya untuk mempengaruhi orang lain, untuk mengajak orang menjadi ada di blok nya juga. Mungkin, zaman sekarang itu masih bisa dipakai, apalagi jika kita itu orang pemalu yang ga mungkin bisa bicara lancar jika sudah ada di hadapan orang yang kita suka, kita bisa menjadikan tulisan untuk mengekspresikan kata-kata yang da di kepala kita. Dan satu hal lagi, tulisan itu bisa membuat orang kagum bukan? Asalkan kita bisa merangkai nya dengan tepat, tulisan juga mencirikan orang tersebut, meskipun ga mudah tapi tetap aja itu bisa menjadi ciri khas.

    40. Apa yang kamu lakukan untuk menyatakan perasaan pada seseorang, yang kamu suka, yang rasanya begitu jauh dari jangkauanmu?

      Aku yang orangnya tertutup begini selalu nggak gampang untuk mengutarakan perasaan, terutama ke orang yang disukai. Tapi aku memang nggak suka untuk menyatakannya dan lebih suka menunggu dia saja. Jadi aku menyatakannya tidak secara langsung dengan selalu mengharapkan yang terbaik untuknya atau berusaha menjadi sebaik dirinya. Kalau nggak ya, membuatkan sebuah cerpen sederhana tentang kita lalu kukirimikan ke dia lewat messenger. Itu saja sudah cukup ^_^

    Post a Comment