Rss Feed
  1. Review Film: Devil

    Tuesday, December 7, 2010

    Saya baru saja (dengan sangat tidak tahu diri bahwa hari Kamis sudah UAS) menonton film barat bergenre thriller dengan judul Devil.

    Film ini dibuka dengan seorang pekerja melakukan bunuh diri dengan melompat dari atas gedung. Ada rumor yang mengatakan bahwa iblis (devil) akan turun ke bumi (untuk menyiksa para pendosa) dan dibuka dengan bunuh diri.

    Tidak lama berselang, 5 orang dengan latar belakang dan tujuan berbeda datang ke gedung darimana si pekerja tersebut melompat. Mereka berlima masuk ke dalam satu lift yang kosong, dan coba tebak. Yup! Lift itu tiba-tiba mati di tengah jalan.

    Permasalahan datang ketika salah seorang dari mereka terluka ketika lampu lift padam sementara. Tidak lama kemudian kematian pertama terjadi.

    Detektif Bowden yang menyelidiki kasus bunuh diri akhirnya menangani kasus kematian di dalam lift. Dari hasil pemeriksaan, seharusnya hanya ada 4 orang yang memiliki urusan di sana, sehingga kecurigaan pun timbul bahwa salah satu di antara mereka adalah si pembunuh.

    *SPOILER ALERT*

    Di bagian sini rada-rada spoiler ke alur ceritanya, jadi kalau saudara(i) berniat untuk nonton film ini dan gak kepengen tahu alur "penting" ceritanya, bagian sini jangan dibaca yah :)


    Poster film "Devil"

    Menonton film ini saya jadi ingat dengan novel karya Agatha Christie yang berjudul "And Then There Were None" di mana plot yang serupa terjadi. Sekelompok orang yang memiliki dosa di masa lalu terperangkap di suatu tempat yang terisolasi dan kemudian satu-persatu terbunuh, lalu akhirnya terkuak bahwa salah seorang yang seharusnya telah mati sebenarnya masih hidup dan melakukan pembunuhan. Bedanya adalah, dalam novel Chrristie si pelaku adalah seorang manusia, sementara dalam film ini terkesan menyederhanakan dengan membuat si pelaku adalah iblis (yang secara misterius menghilang pada akhir cerita).

    Kesimpulan: Film ini adalah versi "murahan" dari "And Then There Were None". Saya bisa menebak sejak awal siapa pelakunya (iblisnya maksud saya) dan siapa yang bertahan paling akhir. Selain itu film ini juga tidak menegangkan amat.

    Rating: 5/10

  2. 3 comments :

    1. Hai, setelah baca sinopsis dan plot film ini, saya sampai bengong...jalan cerita film ini mirip sekali dengan salah satu cerita pendek dalam manga horor karangan Yoko Matsumoto, kalo gak salah yg judulnya Mamonogatari atau Inviting Darkness. Ceritanya mengenai dewa kematian yg menyamar dan menyusup masuk ke dalam sekumpulan orang di dalam lift macet dan akhirnya membunuh mereka satu per satu...kadang2 Hollywood tidak mau mengakui ya, bahwa mereka meniru karya lain untuk film2nya. BTW, aku belum baca novel Agatha Christie yg itu, trims atas rekomendasinya :)

    2. Biondy said...

      oh ya? saya belum pernah baca komik itu sih.

      bisa jadi memang pembuat Devil mencontek dari sana...

      terima kasih ya infonya :)

    3. review filmnya bagus :) yang mau baca review film terbaru bisa langsung ke http://www.gostrim.com selamat membaca :)

    Post a Comment