Rss Feed
  1. Review Novel: Gantung - Nadia Khan

    Friday, February 10, 2017

    GANTUNGGANTUNG by Nadia Khan
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Gantung
    Penulis: Nadia Khan
    Penerbit: Penerbit Haru
    Halaman: 320 halaman
    Terbitan: Juni 2016

    Gibbs, Ray, KJ dan Troll adalah empat sahabat di sebuah SMA elite di Malaysia.

    Mereka memiliki satu kode etik; tidak ada yang boleh memiliki pacar tetap, karena itu akan menghancurkan persahabatan mereka. Kalau mau bersenang-senang, silakan. Namun gadis itu harus mereka bagi berempat.

    Saat salah satunya melanggar, risiko tindakannya itu sangat fatal, bahkan mematikan.


    Review

    'Gantung' bercerita tentang Gibbs, Ray, KJ, dan Troll, empat orang sahabat di sekolah menengah. Di antara mereka, terdapat sebuah Kode Musketer yang tidak mengizinkan mereka untuk memiliki cewek seorang diri. Kalau satu di antara mereka dekat dengan seorang gadis, maka gadis itu harus 'dibagi' dengan ketiga orang lainnya. Semuanya berjalan lancar hingga salah satu di antara mereka melanggar peraturan itu dan membawa serangkaian masalah bagi mereka semua.

    Awalnya saya sedikit kaget membaca latar buku ini. Tokoh-tokohnya adalah murid salah satu sekolah menengah (setara SMA) yang namanya susah sekali untuk diingat. Sudah disingkat pun, masih sulit untuk dihafal. SC apalah gitu. Nah, latarnya ini yang bikin saya kaget waktu adegan seksual diumbar dari awal sampai akhir. Saya sempat berpikir, gila juga novel remaja di Malaysia. Terus saya baru sadar kalau novel ini dilabeli "novel dewasa" di belakang bukunya :)).


    Ceritanya sedikit terlalu lambat kalau buat saya. Banyak bagian yang diulang-ulang dalam usaha membangun kesan misterius. Hal ini membuat saya sempat bosan dan mulai membaca cepat kalau Bu Guru Konseling dan temannya sudah mulai bicara tentang masa lalu mereka.

    The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (kutipan dari Edmund Burke yang dipakai di dalam buku ini)


    Ceritanya sendiri berusaha menyimpan rahasia masa lalu sekolah itu hingga akhir. Twist-nya seru, tapi malah menimbulkan tanda tanya tentang bagian depan bukunya. Spoiler alert! Jadi, bagian awalnya itu flashback atau sekadar si 'itu' yang menjalani kembali memorinya?

    Bagian akhirnya, di epilog, juga menmbulkan pertanyaan. Spoiler alert! Apakah seluruh peristiwa di buku ini hanya imajinasi tokoh di akhir itu? Sejenis syok, atau memang dia akhirnya hidup dengan para hantu yang mengikutinya?

    Secara keseluruhan, novel yang menarik dari segi premis dan twist, walau ceritanya sedikit lambat dan akhirnya menimbulkan banyak dugaan.

    [...] kamu harus belajar merelakan beberapa hal yang penting pergi. (hal. 220)

    View all my reviews


  2. 0 comments :

    Post a Comment