Rss Feed
  1. March Giveaway: Fantasy

    Monday, March 2, 2015

    Giveaway time! Untuk bulan Maret kali ini, saya mengambil tema fantasi untuk GA (menyesuaikan dengan RTTR saya). Tepatnya fantasi lokal.

    Buku yang akan saya berikan untuk GA ini ada 3:
    1. Spora - Ahmad Alkadri
    2. Alpha - Nathalia Theodora
    3. Gerbang Trinil - Riawani Elyta & Syila Fatar
    Kalau diuangkan, total GA kali ini mencapai Rp 153.000.

    Cara ikut GA? Simak aturan ini dulu, lalu isi Rafflecopter di bawah.
    1. Peserta berdomisili di wilayah Indonesia.
    2. Buku yang akan diberikan adalah koleksi pribadi.
    3. Silahkan mengisi kolom Rafflecopter di bawah ini.
    4. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar: "Novel fantasi apa yang jadi favoritmu? Novel fantasi lokal apa yang paling berkesan untukmu?". 
    5. Jangan lupa memasukkan nama yang digunakan untuk komentar di Rafflecopter.
    6. Giveaway berlangsung dari 3 Maret 2015 - 31 Maret 2015.
    7. Keputusan pemenang tidak dapat diganggu gugat.
    8. Bila dalam 48 jam tidak ada respon dari pemenang, maka akan dipilih seorang pemenang baru.

  2. 36 comments :

    1. Well, aku bukan penyuka fantasi. Makanya nggak pernah tahu juga tentang cerita Harry Potter, Twilight or semacamnya :D Tapi aku sudah baca dua novel fantasi. Spora - Ahmad Alkadri dan Bumi - Tere Liye. Dari kedua itu aku lebih menyukai Bumi. Karena selama ini tahu sendiri Tere Liye slalu mengeluarkan novel-novel bertema kehidupan atau cinta. Dan Bumi inilah yang jadi genre fantasi pertama beliau. Ceritanya cukup menarik untuk diikuti dan tertarik juga untuk mengikuti sekuel selanjutnya.

    2. Hay Mbak aku ikutan ya ^^
      novel fantasi favoritku tuh Harry Potter, LOTR, Narnia, Septimus Heap, Eragon, dll soalnya aku memang suka banget buku fantasi. Sayangnya buku fantasi lokal yang benar-benar sesuai standarku, cielahhhh, hanya Nibiru karangan Tasaro GK

    3. Wah, sebagai penggemar novel fantasi, sangat banyak judul buku fantasi yang jadi favoritku. Dulu waktu SMA aku paling cinta sama Harry Potter karya J.K. Rowling. Cerita Harry Potter benar-benar magical! Bahkan Harry Potter sudah menjadi moodbooster-ku sampai sekarang. Saat ini, novel fantasi favoritku adalah seri The Heroes of Olympus karya Rick Riordan. Seru! Asyik juga sambil mengenal mitologi Yunani dan Romawi.

      Sedangkan novel fantasi lokal yang paling berkesan adalah Chiru'un karya Tasfan. Wah, bahasanya indah banget. Banyak pelajaran hidup juga.

    4. Dah said...

      "Novel fantasi apa yang jadi favoritmu? Novel fantasi lokal apa yang paling berkesan untukmu?"

      Novel fantasi favorit saya ada tiga.

      Satu, Eragon. Eragon-lah yang membuat saya terperangkap dalam keindahan fantasi dan menyegarkan tubuh saya untuk menghabiskan novel tebaaal itu dalam satu malam ketika masih SMP dulu. Tanpa Eragon mungkin saya tidak akan secinta ini pada fantasi.

      Dua, Bartimaeus Trilogi karya Jonathan Stroud. Ini novel yang EPIC. Iya, epic pakai kapital semua. Saya langsung naksir sama Bartimaeus lewat narasinya dalam buku pertama. Arogan, tapi keren dan, ya ampun, pokoknya saya naksir banget. Karakter Nathaniel juga bikin simpati banget-banget (meski di buku kedua jadi menyebalkan). Lalu, ending-nya itu epic! Keren. Suka banget.

      Yang terakhir ada Darren Shan Saga karya Darren Shan. Novel ini adalah novel pertama yang membuat saya membaca novel berbahasa Inggris. Kedua belas seri novel ini saya baca dalam bahasa Inggris dan tetap saja saya terjerat. Apalagi bagian akhirnya yang sangat-sangat realistis sekaligus heroik. Darren Shan emang gila banget bisa bikin novel kayak gini. Keren banget pokoknya.

      Kalo novel fantasi Indonesia ... tidak ada. Iya, tidak ada. Saya belum pernah membaca novel fantasi dalam negeri, selain karena saya takut kecewa (well, standar novel fantasi saya sudah terlanjur luar negeri sih T.T), saya juga tidak punya cukup keberanian untuk menerjunkan diri dalam novel fantasi dalam negeri. Jadi, saya rasa saya layak menjadi pemenang giveaway ini. Supaya saya membaca novel fantasi karya dalam negeri. Bukankah begitu, Kak Biondy? :D :D

    5. kalau aku suka banget sama fantasy lokal itu novel TIME[S] kak @ayaswords dan Gerbang Trinil kak Riawani Elyta. Dua-duanya favorit karena dua-duanya memberikan warna tersendiri.
      kalau novel TIME[S] itu sci-fic nya kuat tentang teknologi-romance-family dengan setting luar negeri padahal penulisnya lokal dan quotesnya keren. kalau Gerbang Trinil itu kan penulis lokal yang memperkenalkan daerah lokal itu juga keren banget! :D

      @diasshinta

    6. Novel fantasi favoritku sepanjang masa adalah Harry Potter. Fantasinya oke banget dan ini merupakan novel yang pertama kali kubaca.
      Selain itu aku juga suka nofan lain seperti karya Rick Riordan, Cornelia Funke dan Jonathan Stroud. Gaya penulisan mereka unik dan enak sekali untuk dibaca.

      Untuk nofan lokal yang menjadi favoritku adalah novel Supernova nya kak Dee Lestari. Mungkin aku perlu menangin GA ini supaya lebih mengenal karya lokal lainnya. Hehe ^^

    7. Novel fantasi favorit saya :
      1. The Bartimaeus Trilogy
      Saya menyukai buku ini karena buku ini mendeskripsikan dengan gamblang kesulitan para pejabat tinggi negara yang ditekan kiri-kanan oleh kekuatan politik dan tuntutan masyarakat. Tapi ketegangan dalam buku bisa diimbangi dengan baik oleh komentar-komentar sarkastik dari jin Bartimaeus yang tidak pernah gagal membuat saya tertawa terpingkal-pingkal.

      2. The Kane Chronicles
      Saya menyukai buku ini sebab rata-rata karya kreatif yang bertemakan fantasi jarang mengangkat mitologi Mesir secara keseluruhan. Karya-karya ini lebih sering hanya mengambil satu-dua unsur mitologi Mesir yang kemudian dicampur dengan unsur mitologi lain. Tapi Kane Chronicles berbeda. Di seri ini dua bersaudara Kane mengajak saya menyelami tradisi-tradisi Mesir yang selama ini tidak pernah diangkat seperti keberadaan shabti (patung tanah liat), Dewan Kehidupan (organisasi tempat para penyihir bernaung), keberadaan khopesh (pedang lengkung) sebagai senjata utama bukan pedang lurus yang cenderung mirip gladius seperti yang ditampilkan kebanyakan film dan komik, serta keberadaan dewa-dewa Mesir yang selama ini jarang tampil seperti Thoth, Babi, dan Bes.

      Novel fantasi lokal yang berkesan bagi saya adalah novel Garuda-5 : Utusan Iblis karya F.A. Purawan. Novel ini hadir seolah menjawab kerinduan saya akan hadirnya novel fantasi bernuansa lokal yang mengambil setting modern. Garuda-5 memang novel silat namun tidak seperti kebanyakan novel silat yang mengambil setting antara masa kerajaan Demak sampai Mataram Islam, Garuda-5 mengambil setting Indonesia modern. Konfliknya pun lumayan plausible meski ada beberapa adegan yang agak janggal. Secara umum Garuda-5 adalah novel fantasi lokal pertama yang membuat saya yakin bahwa nofan lokal masih punya potensi tersembunyi.

      =MANIKMAYA=

    8. Novel fantasi favoritku, pastinya serial Harry Potter.. Siapa sih yang ngga tau novel ini, sampai difilmkan pula. Malah lebih seneng baca novelnya drpd nonton filmnya langsung..

      Novel fantasi karya penulis indonesia yg menurutku keren, novelnya kak ayaswords yang judulnya [Time]s.. lumayanlah buat ukuran novel fantasi.. dan satauku,, gak bnyk penulis indonesia yg nerbiin novel berenre fantasi..

    9. Erita W said...

      Novel fantasi favorit saya ... masih dipegang oleh Harry Potter series. Saya cinta dengan sensasi magikal yang diberikan J.K. Rowling kepada saya, memberikan impresi menarik untuk kehidupan masa kecil saya. Setiap bulan Desember, saat menjelang Natal dan Tahun Baru, saya selalu membaca ulang buku satu sampai buku tujuh. Begitu terus setiap tahunnya, karena saya tidak bosan dengan Harry Potter series.

      Omong-omong, maaf ... saya belum pernah membaca novel fantasi lokal. Mungkin ada yang mau rekomendasikan? Mudah-mudahan saya bisa beruntung di G.A ini, sehingga bisa membaca novel fantasi dari novelis lokal :)

      Terima kasih.

    10. Novel fantasi favoritku itu Dark-Hunter series yang ditulis Tante Sherrilyn Kenyon...
      Fantasi romance khas favorit ibuk2 nih XD
      Karena berasal dari mitologi Yunani-Romawi yang sudah kuminati sejak zaman SMP. Dan lagipula penggambaran karakter tokoh2nya begitu kuat. Hero dan Heroine nya loveable banget.
      Kalau fantasi lokal yang menyedot perhatianku adalah Vandarian Saga. Tapi yang menjadi favorit tentu yang ditulis Fachrul R.U.N. terutama yang Hailstorm dan Winterflame. Sukaaaa dan seruuuu… ilustrasinya jg cantik banget :))

    11. BUMI karya Tere Liye masih jadi buku fantasi lokal favoritku.
      Ini membuatku begitu bahagia bisa m,erasakan kebebasan dunia anak_anak yang begitu polos.
      Disinilah keseruannya. Petualangan Raib dan kawan-kawannya yang masih merasa canggung dengan kemajuan teknologi yang ada di dunia ini, serta menyibak misteri yang ada di antara diri mereka masing-masing. Maka di dunia klan Bulan inilah mereka berusaha mempelajari kemampuan dari klan mereka masing-masing. Di samping itu, kudeta yang dilakukan Tamus dan pasukannya beberapa hari setelah kedatangan Raib di Klan Bulan, membuat mereka harus menghindar dari sweeping yang dilakukan pasukan Tamus.

      Aku ingin bisa hidup dala mimpi namun sayang itu takmungkin terjadi.

    12. Serial Harry Potter karya J.K. Rowling merupakan novel fantasi favoritku. Pertama kali baca pas SMP dan sangat berkesan. Tak hanya karena petualangannya yang magis dan penuh sihir, tapi karena novel-novel Harry Potter membuatku berpikir dan merenung tentang makna kematian. Di usia yang belum 17 tahun saat itu, aku malah bertanya-tanya tentang kematian dari buku fiksi, bukan buku agama.

      Serial The Bookaholic Club karya Poppy D. Chusfani. Cerita remaja, tetapi unsur-unsur sihirnya seru untuk diikutin. Empat cewek yang jadi tokoh utama juga unik banget karakternya. Dan, keempatnya juga kutubuku! Ah, pokoknya kalian harus baca!

    13. wah, aku ini termasuk fantasyhardcore fans jadi... bingung kalau disuruh milih novel fantasi favorit hihihi tapi currently fav sih Heroes of Olympus-nya Rick Riordan, im also a huge fan of him :D kalau fantasi lokalnya, Bumi - Tere Liye. Baru banget selesai baca nih! Tanpa babibu langsung aku jadiin the best local fantasy i've ever read :D yang paling berkesan tuh world buildingnya... sumpah... bikin speechless! kaguuummmm sekaligus gak nyangka Tere Liye punya imajinasi sekeren itu...

    14. Bumi - Tere Liye
      Seru banget pas baca ini. Jadi ngebayangin tokoh-tokoh dalam novel ini Raib yang punya kekuatan menghilang dan Ali dibuat film animenya dalam wujud seperti Sakuran dan Shaoran dalam kartun Jepang Cardcaptor Sakura. *khayalan tingkat tinggi.
      Semoga BUMI bisa dijadikan film animasi oleh putra-putra bangsa. Ide, cerita, tokoh dan setting udah keren banget.

      Pokoknya suka deh!!! Nggak sabar buat baca sekuelnya BULAN.

    15. novel fantasi favorit dan novel fantasi lokal yg berkesan adalah AERIAL dari kak Sitta Karina. Setting dan penggambaran dalam novel ini jelas dan membuatku ikut berimajinasi dan pengen ke AERIAL. Aerial merupakan novel fantasi pertama yg kubaca semenjak SMA

    16. Kalo novel fantasi yang favorit : Harry Potter. Alasannya karena JK Rowling mampu menggabungkan beragam karakter dengan cerita yang detail bahkan pernak-pernik Harry Potter saja semisal permen, topi, tongkat, baju maupun kastilnya bisa dibuat dalam bentuk nyata. Detail yang ia buat mampu mengajak saya untuk menjelajahi setiap tempat para tokohnya berpetualang. Ada hal unik juga yang bikin saya suka sama Harry Potter, penulis mampu memasukkan pesan moral tanpa menggurui. Secara nggak langsung JK Rowling bikin anak2 jadi suka dengan sekolah, bahkan hormat sama kepala sekolah, yang mungkin selama ini di sekolah2 kita jarang ada yang paham siapa kepala sekolahnya.

      Kalo fantasi lokal aku suka sama buku PIpit Di, judulnya Time Machine. Masuk ke trilogi seven of the wind. Di seri ini jadi suka sama orang yang punya kekuatan angin. Tujuh orang yang memiliki kekuatan warisan saling membantu untuk menyelesaikan masalah. Sayangnya baru terbit dua dari tiga buku yang direncanakan. Jadi nunggu lanjutannya. :D

    17. Delirum - Lauren Oliver

      Idenya unik, tentang suatu kaum/masyarakat dimana mereka itu sangat takut terjangkit amor deliria nervosa. Dimana orang yang jatuh cinta dianggap binatang. Dan mereka harus menjalani serangkatan penyembuhan agar bebas dari penyakit tersebut. Jika ada yang tidak mau disembuhkan, mereka dianggap sebagai seorang invalid dan dikeluarkan dari daerah mereka.

      Suka karena ya walaupun lebih banyak romancenya, tapi ceritanya bagus. Membacanya pun tidak bosan.

      Kalo fantasi lokal belum pernah baca :(
      Semoga menang GA ini jadi bisa juga mencicipi bagaimana serunya novel fantasi lokal :)

    18. Hai Biondy :D
      Ikutan lagi ya giveawaynya :)

      Nama: Anisa Listya
      Twitter: @417154

      Novel fantasi yang jadi favoritku adalah Harry Potter by J.K.Rowling yang membuatku berimajinasi dan rela mantengin Gramedia setiap buku barunya terbit. Luar biasa pesona Harry Potter pada seluruh pembaca sedunia yang sampai rela tidak makan, tidak minum, dan tidak tidur kepengen cepat2 menyelesaikan membacanya.

      Novel fantasi lokal apa yang paling berkesan untukku adalah Supernova Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh oleh Mbak Dee Lestari. Saya penasaran apakah memang benar ada kisah dongeng tentang ksatria yang berubah menjadi aurora. Ceritanya sangat berkesan dan menyentuh.

    19. Ini tulisan ke-dua saya, semoga tidak ngilang lagi kayak yang sebelumnya :D

      "Novel fantasi apa yang jadi favoritmu?"
      Novel Fantasi Favorit, sejauh ini, adalah Fablehaven Series-nya Brandon Mull. Idenya keren, dari sesuatu yang sepertinya dekat dengan kita, kebun binatang. Siapa yang tidak tahu kebun binatang, tapi bedanya kebun itu diisi bukan oleh binatang beneran, tapi oleh makhluk-makhluk mitologis seperti peri, troll, sentaurus, faun/satir, dkk, yang akan tampak seperti binatang sebenarnya di mata manusia biasa. Peri jadi kupu-kupu, sentaurus jadi kuda biasa, satir jadi kambing, dll. Siapa yang kepikiran buat kebun binatang magis seperti itu? Belum lagi tokoh-tokohnya memorable banget. Suka pokoknya. Kabarnya seri ini bakal lanjut lagi, ah nggak sabar nunggunya *eh, malah curcol :3 * Di urutan berikutnya setelah Fablehaven, ada buku-bukunya Om Rick Riordan, terutama yang kane Chronicles.

      "Novel fantasi lokal apa yang paling berkesan untukmu?"
      Kalau ditanya novel FikFan lokal yang paling berkesan, berkesan ya, adalah novel saya sendiri: Bara Aksadewa #promo :D Kenapa berkesan? Tentu saja, karena saya merasakan gimana beratnya nyelesaiin nulis novel, meski tipis tapi butuh komitmen agar tidak tergoda untuk memulai ide yang baru. Selain novel saya sendiri, novel FikFan Lokal yang berkesan adalah Hailstorm dan Tabir Nalar dari Vandaria. Dan, kalau semisal kumpulan cerpen masuk, Kumcer Fantasy Fiesta masuk di daftar ini.

      Terima kasih
      Mahfudz Asa (@MahfudAsa)

    20. ulyafts said...

      Novel fantasi? Harry Potter! selesai baca harry potter setebal itu waktu smp di kala temen2 gak suka baca. sekarang saya sma. malahan gak lengkap liat filmnya, hahaha. JK Rowling hebat banget ngarangnya dan dia ditolak sama penerbit jg kan? Bikin inspirasi dari tdk pantang menyerahnya! Kalau novel lokal masih suka Bumi sama Bulannya Tere Liye. Jujur. Baru baca novel fantasi lokal yang ceritanya dapet kayak gini. Penggambarannya detail banget. Padahal Tere Liye lebih banyak bikin dengan banyak narasi daripada percakapan. Tapi itu.... tetep terasa serunya petualangan di bukunya!

    21. novel fantasi fav-ku Harry Potter sama Hunger Games. Harry Potter yang bikin aku suka baca novel. saking sukanya, dulu sampai coret2 jidat pakai pulpen biar ada bekas luka kayak Harry hahaha. kalo Hunger Games bikin aku terhanyut banget sama ceritanya. pas abis baca ngayal banget pengin punya pacar kayak Peeta :p oya aku juga pernah bikin fanfic buat temen yang idenya dari salah satu scene yang kusuka di Hunger Games :D

      kalo novel lokal yang paling berkesan hmm jujur gak ada. eh mungkin belum ada. ada beberapa yang kubaca tapi selalu ada perasaan mengganjal yang bikin gak sreg. entahlah mungkin gak cocok sama ceritanya ._.

    22. Novel fantasi apa yang jadi favoritmu ?
      Winterflame karya Fachrul R.U.N. Novel yang mampu membawa saya ke dunia lain yang penuh fantasi, magis, intrik, konflik serta kejutan yang terus muncul di setiap bagian ceritanya. Alurnya yang ringan dan tidak mudah ditebak membuat saya jatuh cinta pada novel fantasi yang satu ini.

      Novel fantasi lokal apa yang paling berkesan untukmu ?
      Gerbang Trinil. Novel karya kak Riawani Elyta dan kak Syifa Fathar. Karena ide dari ceritanya yang menarik dan masing langka yaitu dengan mengeksplor sejarah Indonesia tentang penemuan fosil manusia purba Pithecanthropus erectus. *meskipun dalam bentuk fiksi* dan secara tidak langsung ikut memberikan wawasan baru bagi para pembacanya.

    23. Novel fantasi apa yang jadi favoritmu? Novel fantasi lokal apa yang paling berkesan untukmu?

      Numbers. Novelnya keren banget, apalagi banyak sekali masalah-masalah yang timbul di dalamnya. Andrenalin serasa dipompa, karena penulis mengajak kita tidak hanya berjalan tapi juga berlari menyusuri hutan, sungai dan spot-spot yang memang benar-benar dieksplor sehingga pembaca benar-benar bisa merasakan dan seakan-akan pembaca menjadi bagian dalam cerita.

      Kalau untuk novel lokal yang paling berkesan adalah Angel. Novel yang mengangkat tema tentang malaikat. Gaya bahasanya mirip sekali dengan terjemahan. Ini adalah salah satu novel yang benar-benar menguras emosi sekaligus energi saya dan membuat saya terus penasaran dengan halaman-halaman selanjutnya. Penulis benar-benar bisa mengombang-ambingkan perasaan pembaca. Memberi kejutan yang membuat saya mengira-ngira kejutan apalagi yang akan disuguhkan oleh penulis.

    24. This comment has been removed by the author.
    25. Hai kak ikutan Giveaway ya siapa tau menang :)

      Nama :milaarn28
      Twiitter : milehyaa

      Wow novel fantasi ya >< kebetulan aku suka banget sama yang Bergenre fantasy pernah juga berpikir buat novelnya tapi karena memang buat novel fantasi gak mudah seperti membuat novel bergenre lain.Butuh kreatifitas dan imajinasi yang tinggi. makanya novel fantasi jarang terlihat tapi cukup banyak juga kok.

      Aku suka banget dan emang nge fans sama novel "HARRY POTTER" novel ini benar-benar mengajak pembaca buat berimajinasi layaknya kita berada di dalam novel itu dan ikut bertarung bersama harry,hermione granger dan Ron Kalo nonton filmnya dari pas harry kecil benar-benar Flashback ke masa-masa waktu SD dulu novel fantasy ini benar-benar keren dan sangat menarik penonton. Apalagi,tokoh penjahat dalam novel ini juga tidak hanya satu tetapi di setiap seri,pasti ada penjahat dan yang masih aku ingat sampai sekarang adalah penjahat yang mukanya absurd itu,ngeselin kalo diliat. :D

      Pokoknya yang belum nonton sampai sekarang.Wajib banget harus nonton,(masa iya ada yang belum nonton/baca novelnya?) karena kalo udah sekali baca/nonton filmnya bakalan banget ketagihan dan pengen terus-terusan ikutin ceritanya.Haha itu terjadi sama aku XD

      Novel lokal >< aku pengen baca,pengen banget cuma belum sempet searching atau liat-liat di toko buku mana yang bagus dan menarik dan mungkin kalo kaka kasih review banyak tentang fantasy aku bakal beli salah satu buku reviewan kaka^_^. semangat terus yaa ka,revew bukunya. Good Job

      ~Terimakasih~

    26. Hai ka, ikutan giveaway nya ya:)

      Novel fantasi yang paling aku suka itu Percy Jackson. Aku pertama baca percy itu dari seri ke3: The Titan's Curse. Terus penasaran jadi lanjut baca yang ke empat. Terus baru deh baca yang kesatu sama kedua nya^^ terus baca yang ke5 nya:D kalo yang lain pada suka harry potter, aku gatau kenapa jatuh hati nya sama percy jackson😍 mungkin karena suka sama tema nya kali ya. Tentang dewa dewa yunani kuno gitu. Terus alur ceritanya juga kereen, bagi aku sih cocok banget sama akuu♥♥♥ kalo baca novel fantasi gitu aku jadi suka ngebayangin kalo aku ikut ada dalam cerita ituu hehe😂

      Hmm, novel fantasi lokal? Kayanya belum pernah deh, ga inget sih lebih tepatnya😂 semoga aja bisa dapet giveaway dari kakak jadi bisa tau gimana serunya novel fantasi lokal:) amiin😇

    27. bismillah ikutan ah, semoga menang. :)
      Nama: Vina Yuniar Chafifah
      kalo yang luar hampir belum menguasai semuanya, jadi entahlah aku bingung mana buku favor fantasi ku, bahkan fantasi luar itu hampir semuanya bagus jadi bingung aja. kalo bahas harry poter, aku emang fans harry poter tapi dalam menguasai novel aku sedikit bikin otak jadi melenyeh deh ah, ya aku lebih ska film2nya aja. hihi
      kalo novel favor lokal? hemm.. hampir semua jenis buku yang di tulis tere liye aku suka, apa lagi novel Bumi tere liye, yang endingnya buat puseng karena gantung amat dan sayangnya novel kedua bercerita tentang Seli bukan Raib, padahal pas pov Raib aku belum seutuhnya PUAS! *ahh kenapa curhat* Oke segini aja dulu, semoga berhasil. bye :)

    28. Nama di Raff: Fj Ismarianto

      Novel fantasi yang jadi favorit? Banyak. Perlukah aku menyebutkan semuanya? Oke salah satu aja ya. Lagi malas nulis panjang :)) Dan buku itu adalah... Harry Potter!!

      Novel lokal fantasi paing berkesan? Incognito-nya Windhy Puspitadewi. Karena ada perjalanan waktunya, dan data yang digunakan di dalam novelnya keren pakai dewa!

    29. Novel fantasi yang jadi favorit bagi aku itu Hunger Games karena penggunaan bahasanya yang bagus , adegan yang luar biasa , dan bagi aku mudah dimengerti trus ga ribet - ribet . Kalo novel fantasi lokal paling berkesan bagi aku itu Touche karya Windhy Puspitadewi . Coba aja deh bayangin cuman sentuh sebuah barang atau orang kita bisa mengetahui perasaan orang , menyerap isi buku , melihat pikiran , kan kereeen banget itu artinya . Lanjutannya Touche Alchemist juga bagus walau ga ada sangkut pautnya sama cerita pertama .

    30. This comment has been removed by the author.
    31. Nama: Andry Chang
      Facebook: www.facebook.com/andrychang
      Twitter: @andrychang

      Sebenarnya novel fantasi favorit saya tentunya Serial FireHeart / Everna Saga karena itu karya saya sendiri. Tapi karena itu subyektif, ini jawaban yang obyektifnya:

      Novel fantasi favorit saya banyak, tapi yang benar2 saya "anut" sampai mempengaruhi gaya tulisan saya adalah Lord of the Rings, The Hobbit dll karya Tolkien.

      Sedangkan untuk novel fiksi fantasi dalam negeri, yang paling berkesan adalah Serial Ther Melian karya Shienny M.S. karena hanya novel itulah satu-satunya dimana saya bisa "nge-fans" dan "simpati" ke tokoh2 antagonisnya.

    32. Nama : Ariena Diwa Andarisa
      Aku Fantasyy loverrr! Hampir semua fantasi aku suka. Tapi the most aku suka Percy Jackson series + heroes of olympus. Uncle Rick nulisnya bener-bener oke punya. Dunia fantasy nya bener bener top. Unvle rick juga suka nambahin bumbu -bumbu komedi kedalamnya jadi bakalan excited banget bacanya. Apalagi ditambah sedikit romance yang dikemas apik, novel uncle Rick makin juara. Ciri khas tulisannya juga beda dari author lain.
      Yang kedua ada Hex Hall Trilogi
      Rachel Hawkins mengemas novel ini bener2 fantasi tapi termasuk novel yang ringan buat baca. Jadi buatvkalian yg suka baca tanpa mikir, novel ini cocok bangeet. Keren banget pokoknya.
      Buat Fantasi Lokal aku suka The Reveter.
      Penulis nya keren bangeet ceritanya tentang pengendali mimpi, noh ga mainstream kan. Si penulis juga pinte banget menggambarkan suasana yang ada dalam cerita nya. Pokok nya top
      Lovee Fantassii!

    33. Kak, ikutan GA nya yaa..
      Setuju dengan pendapat teman-teman yang lain. Novel Harry Potter karya J.K Rowling benar-benar membuatku berfantasi. Asyik banget dengan duniaku kalau sudah membacanya. Padahal itu ber-setting di Inggris tapi seolah aku berada di negeri antah berantah. Apalagi kalo udah nonton filmnya, animasinya keren banget!
      Kalau novel fantasi Indonesia mungkin belum ada, kebanyakan novel yang ku baca adalah genre romance. Perkembangan novel fantasi juga belum terlalu pesat seperti di luar negeri. Mungkin banyak penullis berpotensi tapi belum terekspose secara maksimal.
      Trims

    34. 1. Harry Potter+Twilight, krna novel it yg smpat dibaca enn dinonton Filmnya..hahaha :D

      2. Neo Werewolf by Ali Reza, nemu novel ini pas llgi diskon di gramedia, lngsung diambil dehh^^

      Aku memang penggemar fantasy, tp kebanyakan nonton filmnya dripada baca novelnya u,u

      SMoga menang.. soalx ngincar Novel Spora yg ktax serem bingiiittssss >.<

    35. Nama: Ayu Windyaningrum (Fb)
      Twitter: @Ayundyawibowo
      Blog: ayundyawibowo.wordpress.com

      Novel fantasi yang so far berkesan banget buat saya, adalah seri The Mortal Instruments-nya Cassandra Clare. Karena menurut sy pribadi, serial ini sempurna segala-galanya, Dan sempurna yang saya maksud adalah dari segi kepenulisannya. Clare tidak hanya menampilkan satu dunia sebagai latar tempat untuk World Buldingnya, tetapi dua dunia sekaligus, dengan dua macam sudut pandang penghuni, fana dan non-fana. Pembangunan dunia-nya lengkap sampai ke detail-detail terkecil, misalnya bagaimana kedua dunia itu saling berhubungan, bagaimana dunia yang satu tersembunyi dari dunia yang lain, detail lengkap deskripsi kota, tempat tingggal, kultur, dan sebagainya. Kedua, Clare menulis dengan sudut pandang orang ketiga serbatahu yang bersifat multiple. Artinya, adalah kesulitan dan masalah, karena menulis dengan sudut pandang ini berarti memaparkan segala hal yang berhubungan dengan karakter-karakternya yang juga berarti bahwa tidak mudah untuk memunculkan masalah dalam suatu karakter dan mengkaitakannya dengan karakter yang lain dalam rangka penyembunyiannya, maupun penyelesaiannya, walaupun demikian Claire mampu mengeksekusi masalah ini dengan baik, bahkan tidak ditemukan character switch (perubahan watak karakter) karena banyaknya karakter yang dia tulis beserta pendalaman wataknya. Karakter-karakternya stabil dari awal sampai akhir. Claire juga mampu membawakan cerita sesuai dengan target umur pembaca yaitu dewasa muda, dengan semua kesulitan dan masalah yang sesuai dengan mereka, dibubuhi dengan dialog-dialog yang witty dan menarik, membuat pembaca tidak mudah bosan. Pilihan kalimat dan diksi yang digunakan tidak umum, memberikan variasi menarik saat membaca. Yang paling menarik adalah twist yang terjadi. Claire mampu menampilkan twist yang berlapis, misalnya tentang jati diri Jace yang sebenarnya, karena pada buku pertama dia dijadikan sebagai kakak kandung Clary, tetapi di buku berikutnya, terungkap bahwa ia bukanlah anak kandung Valentine, dsb. Pada satu titik pembaca diajak untuk menebak akhir sebuah twist, tetapi pada saat berikutnya Clare akan membalik seluruh tebakan pembaca menjadi sama sekali tak terduga. Seperti yang kita tahu, buku yang menarik adalah buku yang jalan ceritanya tidak tertebak, hal ini hanya saya dapatkan dari kepenulisan Clare dengan twist yang kerumitannya bertingkat ini. Yang terakhir, dengan semua kerumitannya, Clare berhasil tetap menyelesaikan bukunya dengan semua masalah (twist) ciptaannya diselesaikan dan dijelaskan dengan sempurna, nyaris tidak ada plothole yang tidak terjawab. Semua masalah yang dia ciptakan dalam ceritanya berakhir diselesaikan pada buku terakhirnya. Kemampuan untuk melakukan hal ini sangatlah luar biasa bagi seorang penulis dan Clare memilikinya. Clare luar biasa mendetail dan teliti dalam karyanya.

      Novel fantasi lokal yang paling berkesan bagi saya, sejauh ini adalah Vandaria Saga. Sy tidak pernah tahu bahwa penulis-penulis lokal membentuk suatu kesatuan untuk menciptakan negeri fantasi ini dan membuka kesempatan untuk para penulis mengeksplorasi dunia ini. Novel ini sangat baik dari segi world building, tidak hanya sekedar membuatnya sebagai latar belakang cerita tetapi menjadikannya sebagai pusat cerita itu sendiri. Dunia ini detail dan rumit, dan saya tidak bisa percaya, sampai saat ini, bahwa serial novel ini ditulis oleh penulis-penulis dari negeri sendiri. Vandaria lengkap dari segi cerita, ilustrasi, game, bahkan komunitasnya. Jelas bukan serial novel fantasi yang asal dibuat dan sekedar memplagiat jenis-jenis novel luar, tetapi Vandaria mengeksplorasi dunia fantasi secara menyeluruh. Dari segi cerita, ceritanya mengalir dengan alami dengan ide-ide cerita yang tidak biasa dan tidak pasaran, dan jelas menggelitik imajinasi pembaca yang tidak terbiasa dengan novel-novel sejenis dengan alur cerita yang mainstream. Vandaria jelas kebalikannya, anti-mainstream.

    36. Mugkin mainstream ya. Tapi selalu, dan selamanya, seri Harry Potter. Aku tergila2 dengan tulisan J.K. Rowling ini. Sampai waktu smp dulu nekat maksa mama untuk beliin semua buku Harry Potter. Aku kagum dengan khayalannya, yang ada dalam kepalanya. Aku selalu berpikir, bagaimana bisa tulisan sebagus itu ditolak oleh penerbit? Aku pengin banget bisa bikin karya sebagus itu.

      Kalau novel fantasi lokal... Aku ga begitu banyak membaca fantasi lokal, karena belum yakin apa itu bagus atau nggak. Belum yakin untuk membeli dan membacanya. Takut nggak sesuai harapan. Aku banyak lupa. Tapi yang aku ingat, aku pernah membaca karyanya kak Fei, berjudul Bi! Cukup berkesan buatku karna aku menyukai plot nya. Mungkin lain kali aku akan mencoba membaca novel fantasi lokal yang keren menurut orang2. Nah, aku ikut GA ini karna tertarik sama novel Gerbang Trinil. Semoga aku dapet kesempatan untuk dapetin novel itu.

    Post a Comment