Rss Feed
  1. Pesta olahraga terbesar Asia, Asian Games, akan segera dilaksanakan. Mulai tanggal 18 Agustus 2018 nanti, Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi perlombaan multi-cabor ini. Dalam rangka menyambut Asian Games 2018, saya persembahkan: 6 novel olahraga dari penulis lokal yang siap mengobarkan semangat olahragamu.

    1. Sebelas - Dya Ragil

    Sepak bola wanita mungkin masih dipandang sebelah mata kalau dibandingkan dengan sepak bola pria, tapi sepak bola wanita adalah cabang olahraga yang dikelola secara profesional dan dipertandingkan dalam berbagai turnamen multi-cabor. Termasuk pada Asian Games kali ini.

    Sebelas bercerita tentang Rania, seorang gadis pecinta sepak bola yang bermimpi ingin menjadi pemain profesional. Sambil mencari cara untuk menggapai mimpinya yang tidak mudah itu, Rania juga berusaha mencari tahu alasan kakaknya, Bara, berhenti bermain sepak bola.

    Pada Asian Games 2018 ini, cabor sepak bola wanita akan dimainkan di Stadion Gelora Sriwijaya dan Stadion Bumi Sriwijaya.


    2. Lovasket - Luna Torashyngu

    Hidup Vira yang awalnya nyaman mendadak jungkir-balik saat ayahnya menjadi tersangka kasus korupsi. Dia terpaksa harus pindah dari SMA-nya yang elit ke sekolah yang lebih sederhana. Di SMA barunya, Vira bertemu dengan Niken, si ketua OSIS yang ingin menyelamatkan klub basket. Vira, yang adalah pebasket andalan sekolahnya, perlahan kembali menemukan semangat hidupnya di klub SMA barunya.

    Bola basket akan dimainkan di Basket Hall Gelora Bung Karno. Tim putra Indonesia akan berhadapan dengan Korea Selatan di babak penyisihan pada tanggal 14 Agustus, sementara tim putri juga akan bertemu dengan Korea Selatan sehari setelahnya.


    3. 3 Srikandi - Silvarani

    Pada tahun 1980, Donald Pandiangan, si Robin Hood Indonesia, menghilang setelah mendengar kalau pemerintah memboikot Olimpiade Moskow dan tidak akan memberangkatkan seluruh kontingen. Beberapa tahun setelahnya, dia kembali untuk melatih tim putri Indonesia untuk Olimpiade Seoul 1988.

    Novel ini adalah adaptasi dari film berjudul sama yang terinspirasi oleh kisah Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani, ketiga Srikandi yang memperoleh medali pertama bagi Indonesia di ajang Olimpiade.

    Panahan adalah cabang olahraga yang memperebutkan lima medali emas di Asian Games tahun ini. Olahraga ini akan dipertandingkan di Lapangan Panahan Kompleks Gelora Bung Karno.


    4. Sang Juara - Al Kadri Johan

    Ayung adalah seorang anak dengan bakat bulu tangkis yang luar biasa. Sayangnya bakat ini tidak terasah karena Ayung harus membantu ibunya bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Belum lagi ibunya juga benci pada bulutangkis yang secara tidak langsung telah menewaskan ayah Ayung.

    Novel yang cocok untuk pembaca muda. Sang Juara adalah novel dengan plot klasik tentang menghadapi tantangan untuk mencapai cita-cita.

    Bulu tangkis, salah satu cabang andalan Indonesia untuk meraih emas, akan dimainkan di stadium legendaris Istora Senayan.


    5. Opera Jakarta - Titi Nginung

    Joko tumbuh besar tanpa mengetahui siapa orang tuanya. Rum melarikan diri di hari pernikahannya. Keduanya saling mencintai, namun terganjal oleh berbagai halangan. Hidup Joko yang miskin dan sulit tertolong oleh kepandaiannya bertinju, tapi keliarannya menjadi kejatuhannya.

    Opera Jakarta pertama kali ditulis oleh Titi Nginung (salah satu nama pena Arswendo Atmowiloto) sebagai cerita bersambung di Kompas, lalu diterbitkan sebagai novel pada tahun 1984. Adaptasi filmnya memenangkan Festival Film Indonesia 1986 untuk Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Deddy Mizwar) dan Penyunting Terbaik (Deddy Norman). Opera Jakarta sempat diterbitkan kembali oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2016.

    Tinju akan dipertandingkan di Jakarta International Expo pada Asian Games 2018.


    6. Enam - Biondy Alfian

    Enam hari sebelum akhir masa SMA-nya, Alisa memutuskan untuk menyatakan perasaannya kepada sahabatnya, Stevan. Selama enam hari, mereka menelusuri kembali awal pertemuan mereka, keadaan mereka saat ini, serta masa depan mereka: Alisa yang ingin kuliah dan mengikuti jejak orang tuanya, serta Stevan yang ingin menjadi pebasket profesional dan menentang keinginan orang tuanya.

    Kamu bisa mendapatkan novela ini seharga Rp5.000 saja di Playstore.



  2. 2 comments :

    1. Cerita srikandi panahan saat saya SD tuh. Pemmberitaannya luar biasa

    2. Lebih suka baca novel beraroma filsafat. Tapi, kalau sekadar ingin bacaan ringan, novel genre seperti ini memang perlu dibaca.

      Jika ada waktu, silakan mampir ke blog kami: ANEKA CARA BLOG

      Terima kasih.

    Post a Comment