Rss Feed
  1. A Tale Dark and GrimmA Tale Dark and Grimm by Adam Gidwitz
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: A Tale Dark and Grimm
    Penulis: Adam Gidwitz
    Penerbit: Penerbit Atria
    Halaman: 244 halaman
    Terbitan: Juli 2011

    Sebelum kau membaca buku ini, kuperingatkan: cerita ini bukan untuk anak-anak. Penyihir dengan mantra keji, pemburu berdarah dingin, serta tukang roti yang memanggang anak-anak, mengintip di halaman-halamannya.

    Namun, jika kau berani, ikuti petualangan Hansel dan Gretel memasuki dunia penuh sihir, teror, dan sepercik kelakar yang berkilauan seperti kerikil putih di sepanjang jalannya.

    Masuklah. Mungkin menakutkan, dan jelas-jelas penuh darah. Tetapi, tak seperti dongeng-dongeng yang kauketahui, yang ini sungguhan.
    Dan kau tahu, dahulu kala, dongeng itu keren.


    Review
     
    Penceritaan kembali dari kisah Hansel & Gretel. Kali ini Hansel dan Gretel diceritakan sebagai seorang pangeran dan putri dari sebuah kerajaan. Suatu peristiwa membuat mereka melarikan diri dari rumah. Pelarian itu membawa mereka ke rumah tukang kue kanibal, vampir, hutan misterius, hingga neraka.


    Bisa dibilang ini versi gore dari Hansel dan Gretel. Banyak darah dan potongan tubuh di sepanjang cerita. Persis seperti yang penulisnya katakan di awal buku. "Dan yang akan kau baca sekarang, satu-satunya dongeng sungguhan dari Dongeng-dongeng Grimm, akan sangat sadis dan bersimbah darah."

    Saya suka dengan ceritanya. Kisah petualangannya sangat imajinatif dan tentunya berdarah-darah. Saya sukses dibuat berjengit di beberapa bagian. Dongeng Grimm memang kadang berdarah-darah, seperti di kisah Cinderella-nya, tapi versi Grimm untuk Hansel dan Gretel rasanya tidak sesadis novel ini. Si penulis rasanya berusaha untuk membuat cerita ini jauh lebih gelap dari material asalnya.

    Yang kurang jelas buat saya adalah akhir ceritanya. Peringatan bocoran akhir cerita, ya. Mengenai bagaimana si anu sebenarnya adalah si naga. Penulis tidak menjelaskan bagaimana bisa terjadi demikian. Awalnya saya pikir itu ulah si istri, atau orang yang sebenarnya sudah dibunuh dan ada penyihir yang menyamar sebagai dia, tapi ternyata bukan seperti itu.

    Secara keseluruhan, 'A Tale Dark and Grimm' adalah sebuah novel petualangan yang seru. Kalau perutnya kurang kuat dengan darah dan organ tubuh... bacalah dengan hati-hati


    View all my reviews


  2. 2 comments :

    1. Kovernya sih kayak yang buku ini sasarannya buat anak-anak ya? Eh, ternyata bukan juga. Atau bisa? Pasti ceritanya menyeramkan.. hemm, nyari bukunya nggak ya?

      Wishful Wednesday: Ratu Selja dan Gerda

    2. Biondy said...

      @adin dilla: menyeramkan kayak film horor mungkin tidak, tapi memang banyak darahnya.

    Post a Comment