Rss Feed
  1. Operation: Break the Cassanova's HeartOperation: Break the Cassanova's Heart by Aly Almario
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Operation: Break the Cassanova's Heart
    Penulis: Aly Almario
    Penerbit: Penerbit Haru
    Halaman: 224 halaman
    Terbitan: 30 Oktober 2015

    Misi: Menghancurkan Hati Sang Casanova
    10 Tugas yang Harus Diselesaikan:
    1. Buat dia menyadari kehadiranmu.
    2. Buat dirimu menonjol dari cewek-cewek lain.
    3. Dapatkan ajakan untuk berkencan.
    4. Jadikan kencan tersebut sangat berkesan.
    5. Buat dia menganggapmu serius.
    6. Pastikan dia hanya berkencan denganmu.
    7. Buat dia mengajakmu menemui orangtuanya.
    8. Buat dia menciummu, —ciuman yang tulus.
    9. Jadilah pacar terbaik yang pernah dia miliki.
    10. Langkah terakhir: HANCURKAN HATINYA.

    Satu-satunya peraturan yang harus kau patuhi dalam misi ini adalah: jangan jatuh cinta kepadanya. Kalau kau melanggar peraturan ini, maka misi akan dianggap gagal. Sebagai gantinya, kau akan menerima hukuman yang berat.

    Naomi Perez terpaksa menjalankan misi tersebut karena Stephen Cruz--—Sang Casanova--—adalah cowok yang telah menghancurkan hati sahabatnya, —Kryzel. Apakah Naomi berhasil membuat Stephen jatuh cinta kepadanya? Ataukah keadaan justru berbalik, dan Naomi jatuh cinta kepada Stephen?

    Review

    Setelah melihat sahabatnya patah hati, Naomi setuju untuk membalaskan dendam pada Stephen Cruz, si Casanova kampus yang terkenal suka gonta-ganti pacar. Dengan bantuan Yannie dan France, dua orang dari Koalisi Pembenci Stephen Cruz (KPSC), Naomi mulai bertransformasi menjadi cewek yang dapat menarik perhatian Stephen. Tujuan akhir Naomi hanya satu: membuat sang Casanova jatuh hati padanya, lalu hancurkan hati Stephen hingga berkeping-keping.

    Saya sejak dulu penasaran dengan novel-novel kontemporer dari berbagai negara. Pengin tahu topik/cerita seperti apa yang populer di negara-negara yang bahasanya asing buat saya, misalnya: Polandia, Ukraina, negara-negara di Afrika, atau yang dekat-dekat seperti Thailand dan Filipina. Nah, kebetulan sekali Penerbit Haru datang dengan lini barunya, "Phil-Fict", yang menerjemahkan novel dari Filipina ini.

    "Operation: Break the Casanova's Heart" ini punya karakter-karakter yang cukup menarik. Mulai dari Naomi sang tokoh utama, para kaya-nya (kakak laki-laki) Naomi yang heboh, France yang ganjen, sampai Stephen yang romantis dan kelewat PD.

    "Aku akan menjadi pacarmu setelah kau belajar menganggap serius hubunganmu dengan seorang cewek. Aku tidak mau main-main. Aku mau hubungan yang nyata." -Naomi kepada Stephen (hal. 26)


    Untuk ceritanya, saya lumayan suka. Petualangan Naomi dipenuhi kejadian lucu, manis, serta romantis. Sayangnya, ada berbagai momen tiba-tiba di dalam cerita. Ada beberapa kejadian yang dilemparkan ke pembaca tanpa persiapan/foreshadowing apa-apa.

    Untuk latar tempatnya, saya belum begitu puas, sih. Soalnya di sini pembaca tidak terlalu diajak untuk melihat setting tempatnya. Ada banyak bagian yang membuat saya merasa tempatnya ini kalau dibilang terjadi di Indonesia, saya akan percaya.

    Secara keseluruhan, novel ini adalah pengalaman yang menarik dalam membaca novel Filipina. Ceritanya juga bagus, walau sedikit terasa klise.

    "Saat kau mencintai seseorang, kau mencintainya begitu saja. Hanya itu yang penting, kan? Kau jatuh cinta begitu saja. [...]" -Naomi kepada Stephen (hal. 116)


    Heartbroken 
    Can you fix a broken heart?
    Photo by me

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 Young Adult Reading Challenge
    - 2015 New Authors Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 19 comments :

    1. Fira said...

      jadi penasaran gimana reaksinya sahabat naomi setelah tau naomi bisa nakhlukin si casanova >.< buku ini dari wattpad juga ya, tipis ya kayaknya tapi covernya menarik banget >.< hijau-hijau biru

    2. ini membuktikan kalau tema cerita cinta itu sempit. Nah kayak gini, ceritanya kayak FTV kan? Ntar ketebak si naomi jatuh cinta beneran sama cruz ...

      tapi karena ini novel terjemahan dari philipina, aku jadi pengen tahu bagaimana cerita klise seperti ini di sulap menjadi bacaan menarik hingga Haru mau menerbitkannya. Dan cuma baca review doang, aku langsung suka sama Naomi. Dia kayak tomboy gitu dalam bayangan aku ...

    3. Ku suka covernya~~
      Dari awal udah tertarik sama novel ini, walaupun memang ceritanya klise. Tapi tetep aja penasaran sama kejadian lucu dan manis seperti yang dituliskan dalam review diatas :p

    4. Aku naksir novel ini sejak penerbit haru memberi kode-kode untuk menerbitkan phil-fict, kemudian melihat cover novel ini bertebaran di goodreads untuk diklik 'want to read'. Sebenarnya, setelah membaca beberapa review-nya, banyak yang mengatakan bahwa ceritanya klise. Temanya pun sudah umu, benci jadi cinta, tapi aku yakin Aly punya cara sendiri untuk membawa ceritanya ini, kan setiap penulis memiliki cara yang berbeda untuk menuliskan novelnya. Tapi, Tetap saja, aku penasaran dengan novel ini. Covernya cantik sekali dan aku ingin tahu bagaimana sikap Cruz dan Naomi di sini >_<

    5. Yakin deh kalo Naomi bakalan jatuh hati beneran sma Stephen :D
      Benci = Cinta, apalagi mereka sering bareng karna 10 Misi Naomi yg harus dy jalanin :D
      Tp apa naomi sanggup ngelaksanain misi yg ke-10 ya? #penasaran

    6. Novel ini - jujur - punya tema yang pasaran. Namun, aku penasaran sama penyelesaian novel ini, gimana Naomi mengatasi perasaannya, dimana dia harus dituntut untuk menyelesaikan misinya. Walaupun, kalau boleh menebak, Naomi kayaknya bakal jadian sama Stephen.

    7. Kayak di film film kayaknya.. Awalnya jutek jutekan,. Endingnya suka sukaan. Hihihihih.. Mungkinkah seperti itu??
      Tapi lebih seru cerita di buku kayaknya. Hehehe

    8. jiah said...

      Gila!!!
      kaya film aja. tp saya suka sih cewek yg mainin cowok. step2 utk naklukin si cowok kan nggak mungkin sama

    9. terasa klise itu mungkin lebih tepatnya mirip FTV banget. tapi, nggak masalah sih kalau buat aku, soalnya akhir-akhir ini aku malah suka mantengin FTV yang ceritanya kayak gini. pasaran tapi tetap manis dan kadang geli sendiri ingat jaman remaja. XD
      kalau nebak ending-nya sih kemungkinan besar ya Naomi dan Cruz bakal cinta beneran even jadian, tapi entah bagaimana konflik penghantar ke ending-nya. mungkinkah nanti ketahuan kalau Naomi sudah mainin Cruz lalu Cruz marah atau anteng aja sampai akhirnya Naomi lupain misinya itu? I would like to know! ;)

    10. Yang bikin aku tertarik dengan novel ini mungkin karena si penulis mengangkat kisah di negeri Filipina. Selebihnya buku ini keliatannya teen lit gitu ya, semoga aja berkesempatan baca

    11. This comment has been removed by the author.
    12. Makasih kak Biondy atas reviewnya.

      Bahasa review kakak sangat lugas dan enak untuk dibaca. Review kakak juga tidak terlalu bertele-tele dan pas banget porsinya. Kejadian yang dilemparkan kepada pembaca tanpa persiapan apa-apa mungkin maksud Aly Almario berusaha memberikan twist kepada pembaca. Untuk setting tempat kurang kuat ya Filipinanya, mungkin karena telah diterjemahkan sehingga esensi settingnya kurang pas juga. Ceritanya klise? Apa sebabnya temanya terlalu umum sehingga terkesan klise ya? Ya sih kalau ambil tema dan genre umum seperti novel Aly Almario banyak resikonya. Tapi, penulis pasti akan memasukkan ciri khasnya sendiri atau mungkin ditambah dengan riset-riset yang memadai dan setiap novel pasti berbeda antara satu dengan lainnya karena manusia pun berbeda dengan pemikiran dan perasaan berbeda pula. :)

    13. Bukan tertarik karena ini novel Filipina, tapi lebih tertarik sama perubahannya Naomi, sungguh! :)

    14. ceritanya mirip-mirip FTV sih, tapi aku belum pernah baca novel filipina. rasanya kayak gimana ya? :D

    15. Ehehehe, kayaknya klise ceritanya, tapi saya penasaran cos belum pernah baca novel Filipina :D

    16. Novel Filipina, bakal menjadi hal baru yang aku baca bila memenangkan giveaway. (berandai-andai dikit gpp kan? :))
      Pasalnya, sepertinya belum pernah ada novel Filipina diterjemahin. Apalagi Haru, kan seringnya terjemahin Korea sma Jepang. Aku jadi penasaran kenapa Haru terjemahin novel ini? Apa kebelihannya? Soalnya yang aku baca dari review, ide ceritanya pernah aku temui. Cerita soal seseorang yang balas dendam kepada cowok playboy dan bikin dia jatuh cinta nggak sekali dua kali dibuat. Jadi aku pingin tahu apa yang membuat Haru mau mencetaknya ke dalam bahasa Indonesia.
      Selain itu, novel Filipina pasti akan menyuguhkan hal baru. Semacam kebudayaan sana tuh gimana, tempat yg melatarbelakangi, terus bahasa di sana pasti akan menyempil 1-2 kan?
      Kayaknya patut dibaca deh novel ini...

    17. Pengen tahu apa aja yg dilakuin Naomi untuk membuat Stephen jatuh cinta sama dia, siapa tahu bisa dicontek buat menarik cowok cakep hahahaaaa
      Baru kali ini tahu ada novel Filipina, penasaran pengen tahu apa bedanya dengan novel-novel indo.

    18. kalo liat tema nya sih udah biasa tapi karena ini novel terjemahan apalagi dari negara yang belum terlalu saya kenal kayak Filipina ini, jadi penasaran gimana sih gaya menulis penulis disana... pasti seru banget baca bukunya ditambah mungkin aja twist di cerita ini gak bisa ketebak. semoga berkesempatan baca novel terbitan Haru ini. siapa tau saya terkena HaruSyndrome.... :D

    19. ini cerita sebenernya bikin geregetan...
      mau aja ngorbanin hidup demi membela sahabat tercinta ckckckck sampai sebegitunyaa pulaa~

    Post a Comment