Rss Feed
  1. Kereta Api Terakhir Dari ParisKereta Api Terakhir Dari Paris by Mira W.
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Kereta Api Terakhir Dari Paris
    Penulis: Mira W.
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Halaman: 320 halaman
    Terbitan: Februari 2017

    Cinta mereka yang bersemi sejak SMA begitu murni.
    Namun alam seolah berkolusi memisahkan mereka. Petaka dan cobaan silih berganti menerjang.
    Sahabat yang senantiasa dibela dari perundungan sejak SMA membuat malam pesta bujangannya berubah menjadi malapetaka.

    Pelarian, pengkhianatan bahkan kecelakaan dan pembunuhan meronai kisah cinta mereka. Namun sedahsyat apa pun guncangan, cinta mereka tetap tegak sekokoh Menara Eiffel.


    “Rasanya aku tidak bisa membawamu ke depan Menara Eiffel untuk memperbarui sumpah kita, Sayang.”


    “Tak ada yang perlu disesali. Karena setiap kali kita bersama, itulah Menara Eiffel kita.”


    Review
     
    Kereta Api Terakhir Dari Paris bercerita tentang tiga orang yang menjadi teman sejak SMA: Arif yang selalu dirundung, Andika yang selalu membela Arif, serta Aster yang disukai oleh Arif, tapi adalah pacar Andika. Persahabatan mereka selama bertahun-tahun tiba-tiba saja berubah tepat sebelum pernikahan Andika dan Aster. Sebuah kasus pembunuhan memaksa Andika untuk meninggalkan Aster, membuat gadis itu terpaksa menikahi Arif dan menjalani sebuah kehidupan yang tidak terbayangkan sebelumnya.

    Cinta tidak berakhir di pernikahan. Pernikahan justru menyempurnakan cinta. (hal. 75)


    Kalau buat saya, novel ini masih melanjutkan "tren" drama berlebih yang muncul pada novel Mira W. sebelumnya, Sisi Gelap Cinta (review). Jumlah dramanya di sini betul-betul terlalu banyak. Bahkan sampai melibatkan amnesia dan dua kali kecelakaan.

    Di luar itu, novel ini menggunakan banyak unsur klasik Mira W. Cinta masa SMA, bad boy-good girl, pembunuhan, psikopat, kesulitan rumah tangga, serta waktu puluhan tahun untuk menggapai bahagia.

    Tema novel ini sebenarnya menarik. Mengajukan pertanyaan tentang apakah bisa berbahagia saat kenyataan ternyata berbeda dengan dugaan kita selama ini. Juga tentang pertanyaan bagaimana bila kebaikan kita justru mendatangkan malapetaka bagi diri sendiri dan orang yang dicintai. Sayang jumlah dramanya membuat ceritanya kurang fokus. Andaikan masalah yang ada sedikit dikurangi, saya rasa novel ini akan lebih bisa dinikmati.

    Secara keseluruhan, saya cukup suka novel ini. Mungkin akan jauh lebih menikmati kalau saja masalah yang ada agak diturunkan. Buat yang suka Mira W., serta kisah cinta yang rumit, novel ini patut dicoba.

    Let's meet on social media:
    Instagram | Twitter | Youtube


    View all my reviews


  2. 1 comments :

    1. NOvel baru nih. Rasanya nyesek sih ssaat cinta tidak berakhir di pernikahan.

    Post a Comment