Rss Feed
  1. Gempa Chili

    Monday, March 1, 2010

    Setelah bulan lalu dunia dihebohkan dengan gempa Haiti yang dengan suksesnya meluluhlantahkan negara di Amerika Tengah itu, bulan ini dunia kembali dikejutkan dengan gempa yang terjadi di Chili.

    Gempa yang terjadi pada Sabtu (27/2) sekitar pukul 03.34 waktu setempat atau pukul 15.34 WIB ini, ternyata 500 kali lebih kuat dari gempa Haiti. Gempa di Chili ini berkekuatan 8,8 SR. Jauh lebih hebat dibandingkan dengan gempa Haiti yang "hanya" 7.9 SR.



    Jumlah korban gempa di Chili lebih sedikit daripada jumlah korban gempa di Haiti. Korban tewas akibat gempa di Chili untuk sementara baru mencapai 300 jiwa, sedangkan korban tewas di Haiti menembus angka 200 ribu jiwa. Di Chili, jumlah orang yang kehilangan rumahnya lebih sedikit dibanding Haiti, kemudian juga jaringan telepon dan komunikasi bisa dipulihkan dalam waktu 5 jam. Mengapa hal ini bisa terjadi?
    Seperti dilansir Los Angeles Times, Minggu (28/2), dijelaskan bahwa gempa Haiti terjadi di kedalaman yang lebih dangkal yaitu 10 kilometer dan pusat gempa jaraknya hanya beberapa mil dari wilayah padat penduduk seperti ibukota Port-au-Prince. Sedangkan gempa Chili terjadi di kedalaman yang lebih dalam yaitu sekitar 35 kilometer dan berpusat di lepas pantai yang jarang dihuni warga.
    Penyebab lainnya, yakni karena Chili relatif sangat siap dalam menghadapi gempa. Peristiwa tahun 1960 lampau, saat gempa terkuat yang pernah ada berkekuatan 9,5 SR meluluhlantakkan Chili, menjadi pengalaman berharga bagi negara tersebut. Sekolah-sekolah bahkan melakukan latihan gempa rutin bagi para siswanya.
    Kemudian juga undang-undang di Chili mengharuskan setiap bangunan untuk memiliki konstruksi tahan gempa. Para penyelamat juga telah terlatih dengan baik dan dapat dengan sigap terjun ke lokasi.



    Syukurnya, ONEMI Oficina Nacional de Emergencias e InformaciĆ³n (Spanish for National Office of Emergencies and Information) mengatakan gempa bumi tersebut tak akan menimbulkan gelombang pasang tsunami, seperti yang dikutip dari keterangan seorang analisis Chilean naval oceanographers, yang mengatakan pusat gempa terjadi di gunung, bukan laut.

    Gue sedih banget baca berita Chili ini. Sebab belum selesai maslah di Haiti, eh, jatuh lagi korban gempa di Chili. Gue harap kejadian ini gak bakal terjadi di Indonesia. AMIN!!


  2. 0 comments :

    Post a Comment