Rss Feed
  1. Love the One You're WithLove the One You're With by Emily Giffin
    My rating: 2 of 5 stars

    Judul: Love the One You're With
    Penulis: Emily Griffin
    Penerbit: Orion
    Halaman: 320 halaman
    Terbitan: 2008

    Selama 100 hari Ellen mengira hidupnya sudah benar. Dia menikahi Andy, kakak sahabatnya, seorang pengacara sukses yang mencintainya. Bersama Andy, Ellen mampu menjadi orang yang lebih baik. Semuanya tampak sempurna, hingga dia bertemu kembali dengan Leo, mantan kekasihnya.

    Perpisahannya dengan Leo dulu begitu menyakiti hatinya, tapi diam-diam dia tidak dapat melupakan saat-saat bahagia yang pernah mereka lalui. Satu pertemuan yang berlanjut ke pertemuan selanjutnya dan kini Ellen berada pada persimpangan hidupnya, mempertanyakan apakah pilihannya untuk menikah dengan Andy adalah benar?

    Review
    Nemu buku ini dari grup Indonesians Who Love English Books. Menjadi salah satu nominasi buat baca bareng Mei, walau pada akhirnya kalah dari Kitchen-nya Banana Yoshimoto.

    Saya tertarik dengan premis ceritanya. Pas ketemu di Periplus, langsung dibeli deh. Sayang saya kecewa berat setelah menyelesaikan buku ini.

    Pertama: karakter utamanya tidak menarik simpati. Tema ceritanya kan perselingkuhan. Sesuatu yang dipandang negatif oleh sebagian besar orang. Minimal saya mengharapkan karakter utama yang bisa menarik simpati atau minimal ceritanya bisa membuat saya "mengerti" kenapa Ellen sempat "pindah hati" ke Leo.

    Masalahnya Ellen tidak pernah mendapat simpati saya. Jujur saya tidak mengerti kenapa dia mau kembali dengan Leo. Ya, dia mungkin masih cinta, tapi hubungannya dengan Leo dulu juga tidak berjalan baik. Bahkan, seperti kata Margot, sahabatnya, Ellen menjadi versi lebih buruk dari dirinya saat bersama Leo. Lagipula dia dan Andy sebenarnya baik-baik saja.

    Soal hubunganya dengan Andy, ok, memang ada saat mereka terlihat tidak "klik", tapi ya memang begitulah dalam berpasangan. Tidak semuanya harus "klik". Yang paling bikin kesal sih saat Ellen marah karena Andy tidak meresponnya dengan baik karena Andy sedang nonton TV (waktu itu mereka lagi bicara soal pekerjaan fotografinya Ellen yang akan datang). Sesudah itu Ellen menjadikan hal ini untuk membenarkan kepergiannya dengan Leo untuk "pekerjaan" (well, emang untuk pekerjaan sih, tapi ada acara ciumannya).

    Ffffuuuu.... Ok, kalau Andy memang seorang brengsek, tapi ini enggak kok. Sejak awal Andy digambarkan sebagai cowok yang baik. Dia perhatian, dia cocok dengan Ellen, dia juga tidak pernah menekan Ellen untuk jadi "high class" atau semacamnya (karena Andy kaya). Lalu dengan satu kejadian seperti itu (plus satu kejadian di acara makan, yang kupikir memang Andy agak salah sih karena terlalu diam) dia langsung mengklaim bahwa ada yang salah dengan pernikahan mereka.

    Saya juga kesal dengan Ellen yang terus-terusan mengeluh soal kepindahannya mereka. Andy gak maksa situ pindah kok. situ yang setuju kan? Biar bisa menghindari Leo.

    Hal kedua yang bikin saya merasa "dafuq" adalah saat adiknya Ellen, Suzane, marah-marah waktu Ellen cerita ke dia bahwa Margot menyembunyikan kedatangan Leo 2 tahun yang lalu. Terus Suzanne mengatai Margot "playing God". Well, 2 hal: pertama, saat itu Ellen sedang berpacaran dengan kakaknya. Kedua, saya rasa Margot tahu kalau Ellen ketemu Leo, ada kemungkinan mereka bakal baikan dan sangat mungkin kejadian yang sama dengan yang dulu terjadi lagi. Jadi kurasa Margot memang melindungi kepentingan kakaknya, tapi di saat yang sama dia juga ingin menghindarkan Ellen dari "musibah" yang sama.

    Secara keseluruhan saya gak suka sama ceritanya. Untung masih ketolong sama narasi dan fakta bahwa buku ini cukup "page turner" buat saya. Dua bintang untuk novel ini.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2013 New Authors Reading Challenge
    - 2013 Books in English Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 2 comments :

    1. Nana said...

      Kayaknya Emily Giffin emang spesialis penulis cerita yang tokoh2nya nyebelin deh. Something Borrowed kan juga annoying gitu tokohnya. Trus ada satu lagi yang pernah dibagi-bagi di BBI lupa judulnya juga. Rata2 tentang selingkuh.

    2. Biondy said...

      Saya sih belum baca Something Borrowed, tapi kalau lihat sinopsisnya dan sinopsis Something Blue, sekuelnya, kayaknya saya gak bakal cocok dengan buku itu deh.

      Pengin baca bukunya Emily Griffin yang lain sebagai pembanding, tapi maunya minjem/barter aja deh kali ini :))

    Post a Comment