Rss Feed
  1. Our DestinyOur Destiny by Aya Nh
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Our Destiny
    Penulis: Aya NH
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Halaman: 192 halaman
    Terbitan: Juli 2016

    Hari Afra berubah warna-warni setelah Radit hadir dalam hidupnya dan menjadi pacarnya. Kehidupan rumah yang selalu membuatnya sedih karena Nenek begitu membencinya tak lagi terasa begitu berat.

    Afra kira ini awal menuju keadaan yang lebih baik.

    Tapi, kenyataan berkata lain. Radit memutuskannya, Nenek menuduhnya sebagai penyebab adiknya celaka, dan ia tak sengaja mengungkap rahasia kelam yang bertahun-tahun disimpan keluarganya.

    Kemudian Ihsan—mantan pacar yang dulu mencampakkannya—tiba-tiba kembali mengisi harinya.

    Ujian kelulusan semakin dekat, Radit punya pacar baru, dan Nenek tetap mengecapnya sebagai “anak pembawa sial”. Ke manakah takdir akan membawa Afra? Kebahagiaan atau tangis kehilangan?


    Review

    Oke, karena blurb-nya sudah cukup lengkap dan mewakili isi cerita, kamu bisa langsung baca blurb-nya saja kalau penasaran isi novel ini seperti apa.

    "Our Destiny" ini pada dasarnya adalah sebuah novel remaja yang ringan dan tidak terlalu neko-neko. Tokoh, plot, dan jalan ceritanya relatif sederhana dan mudah dicerna. Ukuran huruf dan jarak spasi yang besar juga membuat novel ini enak untuk mata.

    Ada dua fokus besar di novel ini. Pertama tentang nenek Afra yang selalu menganggap cucunya itu sebagai anak pembawa sial. Yang kedua, ada masalah percintaan Afra.


    Masalah percintaan Afra ini lebih sukses eksekusinya dibandingkan masalah pertama. Afra yang berada di antara kebimbangan tentang Radit dan Ihsan tersampaikan dengan cukup baik. Berbagai masalah pada hubungan percintaan Afra juga diolah dengan baik, walau memang ada rasa terburu-buru saat masalah-masalahnya mulai dilemparkan. Entah ini karena masalah batasan halaman, atau karena memang ingin menyederhanakan cerita.

    "[...]. Pacaran itu normal di umurmu, Ibu mengerti. Yang Ibu mau jangan sampai pacaran ini mengganggu fokus kamu. Inget, yang paling penting adalah sekolah. Ibu baru akan marah kalau prestasi kamu turun. Mengerti?" (hal. 23)

    Oh, iya. Satu poin tambahan juga saya berikan untuk akhir ceritanya. Ada sedikit kejutan soalnya.

    Permasalahan Afra dengan neneknya terasa kurang digali. Tokoh nenek sifatnya sangat satu dimensi di sini. Dia hanya ada sebagai tokoh yang membenci Afra. Tidak lebih. Cara menyampaikan kebenciannya juga kurang kreatif. Setiap kali Afra muncul di harapannya, dia pasti akan marah-marah. Kalau Afra ingin menyentuhnya, dia pasti langsung menepis cucunya itu. Sikap ini lalu ditambah dengan kalimat pamungkas, "Dasar kamu anak pembawa sial!" Lama-kelamaan hal ini menjadi repetitif dan terlihat dibuat-buat.

    Danish berhenti menangis. "Nenek kenapa marahin Kak Afra? Kak Afra nggak salah."

    "Karena dia anak pembawa sial." (hal. 86-87)

    Dan imo, latar belakang masalah di antara Afra dan neneknya ini kurang kuat.

    Secara keseluruhan, "Our Destiny" adalah novel ringan yang cocok dibaca oleh remaja. Nuansa dan gaya berceritanya pas dengan dunia remaja.

    "[...]. Aku akan punya dunia baru, beradaptasi, belajar hidup sendiri, belajar menjadi orang dewasa. [...]. (hal. 136)

    View all my reviews

    Giveaway

    Ini kesempatanmu untuk punya 1 novel "Our Destiny". Begini caranya:

    1. Peserta berdomisili di wilayah Indonesia.
    2. Buku hadiah akan dikirimkan oleh pihak penerbit/penulis
    3. Silakan mengisi kolom Rafflecopter di bawah ini.
    4. Giveaway berlangsung dari 8 Agustus 2016 - 14 Agustus 2016.
    5. Keputusan pemenang tidak dapat diganggu gugat.
    6. Bila dalam 24 jam tidak ada respon dari pemenang, maka akan dipilih seorang pemenang baru.
     a Rafflecopter giveaway


  2. 17 comments :

    1. Gw pernah waktu SD itu temen gw ada yang ulang tahun,trus pas jam istirahat anak anak sekelas itu pada nyeplokin dia,dan gw juga ikutan.Parahnya lagi nyeplokinnya di lapangan,padahal gw tau itu gk boleh.Selesai nyeplokin dia,gw langsung lapor ke wali kelas gw dengan polosnya,sambil bilang gini"Bu,lapangannya kotor,lagi ada yang diceplokin".Untungnya gak ada yang sadar gw juga ikutan nyeplokin.Akhirnya temen temen sekelas gw dihukum di depan,dan gw doang yang yang ikut di setrap.Gw merasa bersalah banget,tp juga merasa jadi orang paling beruntung.Hahaha

    2. This comment has been removed by the author.
    3. Pas SMA saya pernah benci banget dan tidak mau berbicara dengan 2 teman dekat saya. Alasannya, si H itu sempet nembak si R, sedangkan saya suka si R. Sampai brapa hari gitu. Jika diingat-ingat lucu juga. Soalnya belajar pun saya menghindari mereka. Tau endingnya gimana? Si R menikah lebih dulu. Dan si H belum move on dari pernikahan si R tadi. Nah, saya yang berubah menjadi biasa aja. Kayaknya dulu saya suka si R karena si R itu selain cantik, dia juga pinter. Anak PMR lagi. Pokoknya saya kagum banget sama si R ini, hingga sekarang.

    4. This comment has been removed by the author.
    5. Pengalaman menarik? Aku ingat saat SD dulu ngambil foto(di kartu peserta UASBN) di meja doi. Maklum hari itu adalah hari terakhir UASBN. Naasnya, ada yang ngeliat daaaan banyak yang tau. Karena si saksi mata tadi rupanya membuat pengumuman di kantin. Oh, No!

    6. Ini cerita pas aku lagi les di sebuah lembaga bimbingan belajar saat kls 3 SMP...(mau UN aku disuruh les diluar sekolah sama wali kelasku, katanya biar dapat nun bagus n mempertahankan peringkat. padahal disekolahanku udah ada lesnya juga,-,- buang2 duit aja,eeh tapikan aku anak yg patuh,eaak, jadi turutin aja perintah wali kelas kesayangan ^_^)
      Nah hari itu aku lagi ada Kelas Fisika dan letak Kelasnya emang udah biasanya berada dibawah, tentunya tanpa pikir panjang aku masuk kesitulah.

      Sebelum masuk, pas sampai di depan kelas, aku rapikan dulu jilbabku yg modal-madil diterpa angin gara2 naik sepeda ngebut takut telat. Setelah ready to war sama rumus fisika aku dengan PD jalan masuk kedalam ruangan yg penuh orang. Aku langsung duduk di tempat yg paling depan (tempat dudukku biasanya).

      Atmosfer kelas agak berbeda, nggak kayak biasanya. Banyak keanehan muncul perlahan-lahan. Tapi Aku belum menyadari sikon, jadi ku keluarkan aja modulku. Seperti biasa aku langsung fokus ke guru di depanku dan siap lahir & batin menerima mapel fisika hari itu. Dan betapa kagetnya aku, melihat langsung. Live. di depan bulu mataku ada banyak rumus soal jawaban pakai "Log-Log-an" di papan tulis, astaga bahasa dari planet apa lagi nih?! Oh tidak, jangan-jangan...."psstt, ini kelas berapa ya?", tanyaku sama anak perempuan asing yg duduk di sebelahku.
      dan langsung di jawabnya, "Kelas Sepuluh" whatt?! Sial Kuadrat! Aku salah masuk kelas!

      Huh, aku langsung secepat kilat beresin barang2, minta maaf ke guru pembimbing, dan tanpa menoleh kiri-kanan buru2 keluar kelas, sambil membawa beban rasa malu seberat karung beras. Tengsin abis waktu denger aku di ketawain orang-orang dikelas itu, aiissshhh kzl kzl kzl sbl sbl sbl.

      Usut punya usut, ternyata kelas fisikaku untuk sementara di pindah di lantai dua. gubraaak!!

    7. Jadi waktu pas gue kelas 9. Saat itu lagi pelajaran agama, biasanya kan belajarnya turun ke mushollah tuh. Waktu itu sama guru agama gue pada disuruh sholat dhuha dulu, nah kita pada sholat kan. Terus waktu gue udah selesai sholat, temen gue (cewek) ada yang telat sholatnya. Waktu itu gue gasengaja liatin dia lagi sholat, karna gue udah selesai jadi gangapa2in lagi. Nah rok temen gue itu kan super panjang pokoknya panjangnya lebih dari mata kaki deh, waktu dia lagi mau berdiri dari sujudnya (mau rakaat ke 2) dan lo tau gak sih kak? Waktu pas dia pengen berdiri, dia tuh nginjek rok nya yg bagian belakang. Otomatis dia nggak bisa berdiri dong? Dia jadi ketahan gitu antara posisi baru mau berdiri sama bungkuk dan itu dia garubah posisinya karna badannya gemuk jadi susah HAHAHAHA sumpah ya kak kalo lo liat aslinya pasti kocak bgt. Mana dia sholatnya kita2 liatin kan karna telat. Gue sih dalem hati udah ngakak sejadi2nya tp ada guru gue sihh jd gabisa ketawa ngakak. Akhirnya tuh temen gue yg lagi sholat malah ngebatalin sholatnya langsung tiba2 ketawa gitu kenceng bgt wkwkk mungkin karna gatahan sama posisinya kali ya trs malu juga kan diliatin hahaha.

      Trs gue jg pernah ngalamin waktu gue ujian praktek bind kan disuruh bikin cerpen,bikinnya di aula bareng2. saat itu waktunya tinggal dikit lagi dan gue salah bikin paragrafnya. Omg yaa gue panik lahh, akhirnya gue memutuskan untuk mengulang lagi tulisan gue. Gue maju ke depan aulanya tuh buat minta kertas hvs lagi, ehh saking panik nya gue gue gasengaja kesandung di depan aula. Mana lagi senyap2 nya suara tiba2 gue jatoh, ya kenceng lah bunyinya gilaa. Teruss gue diketawain, guru gue jg bilang 'ga fokus del? Makannya Minum aqua' hahaha gue cengar cengir aja sumpahh gua malu bgt wkwkwk

    8. Anis said...

      pengalaman lucu? ini bukan lucu sih sebenarnya...
      saat SD, waktu itu habis olahraga. jam istirahat cukup panjang.setelah bel masuk, guru yang datang marah-marah karena meja gurunya basah kena es. murid sekelas gak ada yang ngaku. kamu disuruh keluar kelas. semuanya dibawa ke lapangan upacara. ditanya satu-satu tetep aja gak ada yang mau jawab. alhasil, waktu pelajaran kepotong -_- karena lama gak ada yg ngaku, yaudah balik kelas.
      ternyata ada seorang teman yg entah iseng atau apa, ngerjain kami anak sekelas. dia baru ngaku pas kami semua masuk -_-

    9. Ntah ini masuk katagori lucu atau enggak. Waktu itu kelas 3 SMA dan ada kegiatan teater buat tugas akhir seni. Jam 4 sore aku ke sekolah naik becak karena hujan dan enggak ada yang nganter. Baru sampek sekolah hujannya mulai turun lagi, niatnya sih mau cari jalan pintas lewat depan mushola. Tapi akunya lupa kalo jalan depan mushola masih Tanah dan belum di paving. Yaelah baru jalan udah kepeleset, mau bangun kepeleset lagi. Sampe sama pak becaknya ditolongin bangun. SUmpah malu banget. Untung aja yang lihat cuman pak becaknya doang. Terus aku langsung ke kamar mandi terdekat. Untungnya di tas masih ada sewek sama jaket. Jadi aku masuk kelas cuman pake jaket sama sewek, gara-gara kaos sama celana jelas basah kuyup. Masih ditamabah poster kesayangan basah dan robek-robek enggak jelas.

    10. Aku nggak tahu ini kisah lucu atau malah konyol.
      Waktu itu aku kelas dua SD dan adikku duduk di TK besar. Sekolah kami ada dalam satu komplek, karena itu kami selalu berangkat dan pulang sekolah sama-sama dengan bis jemputan sekolah.
      Hari itu kelasku selesai duluan, sambil nunggu adikku, aku melihat-lihat permainan di tukang jualan yg banyak berjejer di depan sekolah. Karena asiknya aku nggak sadar kalau anak-anak TK sudah keluar kelas begitu juga adikku. Tahu-tahunya aku sudah ketinggalan bis sekolah yang akan mengantarku pulang. Adikku yg ditunggu juga sudah pulang bersama bis sekolah itu. Tinggal aku sendirian. Aku takut banget, dan agak lupa juga sih waktu itu nangis nggak yaa? Hahahaaaa. Singkat kata atas perintah guru sekolah aku diantar pulang oleh penjaga sekolah menggunakan motor. Aku minta berhenti tidak tepat di depan rumahku, walau sudah tidak terlalu jauh dari rumah. Aku nggak mau orangtua dan adikku tahu kalau aku ketinggalan bis. Malu banget rasanya, apalagi alasannya cuma gara-gara lihat mainan hahahaaa. Dan yg konyolnya tanpa mengucapkan terima kasih aku lari gitu aja ninggalin penjaga sekolah yg sudah nganterin aku hahahaaa, nggak sopan banget ya! Aku tuh sebenarnya malu banget makanya jadi malah nggak tahu malu gitu hahahaaa.

    11. Cerita yg kata sahabat2ku sangat lucu tapi bagiku sangat memalukan adalah ketika aku kelas 2 SMP. Dulu aku naksir berat alias cinta monyet gitu sama murid cowok dan ya... seperti siswi lainnya, yg sadar diri bahwa dirinya tidak menarik, aku bungkam saja alias jadi secret admirer.
      Di akhir kelas 2, siswa yg kutaksir itu pindah sekolah. Aku serasa disamber geledek siang2 bolong. Aku sedih luar biasa dan menulis surat ungkapan cintaku padanya dgn bahasa ABG picisan dgn niat akan menyimpan surat itu sbagai kenang2anku akan cintaku pd dy.
      Sialnya, aku malah nulis surat kaya orng patah hati itu pas pelajaran guru killer. Langsung aja aku ketahuan dan diambil surat yg sudah hampir selesai kubuat itu lalu aku di suruh membacanya kencang2 di dalm kelas.
      Sontak aja teman2ku tertawa terbahak2. Seolah belum puas, guru itu pun membacakan surat itu lagi diacara apel pagi mskipun namaku tidak disebut sbgai pembuat surat. Tapi aku yakin bhwa teman2 sekelasku sudah embeeerr ke murid2 kelas lain bahwa itu adalah aku.
      So, sepnjng hari smpai akhir pekan aku pun jd artis memalukan yg namaku selalu disebut dgn berbisik2 oleh para murid yg aku lewati ketika jam istirahat.
      Itulah saat dimana aku sngat brsyukur sekali dgn kepindahan siswa yg kutaksir ke kota lain. Kalau sampai dia tau... entah harus kusimpan dimana mukaku 😂
      Terima kasih.

    12. penasaran nih sama bukunya.

    13. Pernah ngumpetin buku paket yang dibawa temenku di bawah lemari haha.. Ini kejailan yang paling diinget pas SD. Ada seorang teman, orangnya emang iseng suka gangguin. Aku sering digangguin sama dia, awalnya cuek aja, tapi lama-kelamaan bikin kesel juga. Yaudah deh, pas di puncak kemarahan itu aku akhirnya bertindak. Saat jam istirahat dan di kelas kosong aku nyembunyiin buku yang ku ambil dari tasnya dibawah lemari yang ada di belakang kelas. Aku yakin nggak ada yang tahu kalau aku ngumpetin bukunya.
      Pas jam pelajaran mulai, dia mulai celingukan nyariin bukunya itu. Dia heboh banget, akhirnya kegiatan belajar pun jadi terganggu. Saking paniknya dia bahkan ngadu sama guru yang ngajar kalau bukunya hilang. Guru kami bahkan sampai bilang untuk mengeluarkan isi tas kami semua. Saat semuanya lagi panik, aku pura-pura nyari di belakang, nemuin buku itu dan bilang ke dia.
      Dia nggak curiga sama sekali, malah bilang makasi karena udah nemuin buku itu. Buku itu buku paket, jadi kalau hilang pasti disuruh ganti pakai uang atau buku baru. Setelah kejadian itu, dia masih suka gangguin tapi nggak se-intens sebelumnya. Aku udah puas bisa ngelihat muka panik dan ketakutann dia, cukup deh ngejailin sekali itu aja hahaa.. Kalau dibayangin sekarang suka ketawa sendiri. Bisa-bisanya ide jail begitu muncul di kepalaku :D

    14. Salah satu cerita lucu paling lucu jaman saya sekolah adalah kan kita tinggalnya di asrama, nggak boleh bawa HP dan benda-benda elektronik lainnya. Temen saya waktu itu bandel, dia bawa HP layar kuning pas kelas Sejarah (alasannya biar kalo kesita nggak rugi rugi amat), HP itu sebenernya juga cuma pinjeman dari temen sekelas juga. Kebetulan waktu itu gurunya sekaligus pembina asrama terkenal killer. Nah, pas masuk jam pelajaran, temen saya itu ngumpetin HPnya di laci meja. Dia mikir kan udah disilent gitu kan HPnya jadi nggak bakal ketahuan. Di tengah pelajaran, tiba-tiba HPnya bunyi. Temen saya itu udah ketawa pelan sambil bisik 'bego banget sih HP siapa itu nggak disilent', eh ternyata yang bunyi itu malah HP yang dia umpetin di laci meja :v

    15. Sewaktu kelas X saya dan teman sebangku punya 1 buku untuk tempat curhatan asik-asikkan, suka nulis tentang kekesalan dengan teman lain, suka nulis tentang kekaguman akan orang lain, lengkap dari cerita yang senang, sedih bahkan memalukan. Kejadiannya pas pelajaran sosiologi saya pindah bangku karena ada pembagian kelompok. Teman saya krasak krusuk daritadi sibuk menulis sesuatu dibuku curhatan kami. Dan ternyata guru melihatnya dan tanpa ba bi bu langsung mengambil dengan paksa “oooo…tadi pagi jumpa dengan pujaan jiwa” Guru itu membaca bait pertama tulisan teman sebangkuku. Sontak kami sekelas tertawa ditambah lagi teman saya itu disuruh maju ke depan kelas menyelesaikan membaca tulisannya, dengan wajah merah dia maju dan membuat kami sekelas geli tertawa mendengarkan dan melihat raut wajahnya. Ketika teman saya di suruh kembali ke bangku, Guru itu membuka lembaran sebelumnya dan membacakan “Jaketnya keren” Rasanya aku ingin tenggelam saat itu juga, itu tulisanku kemarin siang sebelum pulang sekolah, Ibu Guru langsung menyebutkan penulisnya dan melirik ke arahku disusul dengan lirikan teman-teman sekelas dan tawa yang membahana. “Maju…maju…” mereka bersorak yang kontak membuat wajah ini lebih memerah dan malu.

    16. Oke kisah lucu sekaligus memalukan ini terjadi ketika zaman SD. Jadi, ceritanya gini. Ada teman aku, cowok nih, memang sih dari awal aku perhatiin kayaknya dia suka gitu liatin aku. Pas aku lagi baris, lagi istirahat, lagi belajar juga sampai dimarahin guru lagi. Waktu itu kan masih SD, ya gak pernahlah terbersit di otakku ttg suka-sukaan gitu. Namanya jg masih bau kencur yakan? Aku taunya cuma belajar doang. Tiba di suatu hari, aku gatau hari apa yg pasti guruku telat dtg dan suasana kelas ribut banget. Tiba-tiba, dia naik ke atas meja yang paling depan dan teriak “Aku suka sama Lely!!!”. Satu kelasku langsung ketawa loh serius, sedangkan aku cuma diam kayak orang bego. Sumpah, rasanya lucu banget dan malu banget tau. Kok bisalah anak SD bisa suka-sukaan gitu. Besoknya, aku gak cakapin dia deh sampai akhirnya dia minta maaf. Hehehe.

    17. kak, gak ngadain ga lagi?:'v kangen ga nya *eh:v wkwk:v

    Post a Comment