Rss Feed
  1. HeavenHeaven by Agnes Jessica

    My rating: 4 of 5 stars


    Heaven karya Agnes Jessica bercerita mengenai Fang, seorang gadis dari keluarga miskin yang berpikir bahwa hidupnya akan sama seperti ibunya. Miskin, lelah, menderita, dan tua sebelum waktunya. Untungnya dugaan Fang meleset setelah sebuah bis menggilas tubuhnya.


    Fang yang mengalami kecelakaan terbangun di sebuah ruang kelas dalam wujud anak-anak. Dia kemudian tahu bahwa dirinya ada di surga dan bahwa ternyata dia seharusnya belum mati. Di surga Fang mempelajari tujuan sebenarnya manusia dilahirkan di bumi dan setelah bertanya jawab dengan salah satu malaikat, Fang dikembalikan secara paksa ke bumi.


    Bangkitnya Fang dari kematian menggembirakan ibunya, tapi bagi Fang sendiri dia merasakan keanehan pada dirinya. Bukan saja bahwa dia merasa ada orang lain di dalam dirinya, dia juga ternyata masih dapat mengingat apa yang dia lihat dan dia dengar di surga!


    Di surga sendiri keadaan ini menimbulkan kepanikan dan 2 orang malaikat, Francis dan Zuzean, dikirim untuk menemukan Fang dan menghapus ingatannya. Tiba-tiba saja Fang menjadi buronan langit nomor 1.


    Fang sendiri berusaha keras untuk membawa ingatannya ini selama mungkin. Dengan bantuan Gracius, seorang pria yang mampu melihat lingkaran halo di kepala orang-orang yang pernah mati suri, Fang memperoleh seluruh ingatannya selama dia di surga.


    Gracius sendiri terobsesi akan pengalaman orang-orang dengan lingkaran halo ini dan berusaha mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang orang-orang ini. Fang tidak suka akan obsesi Gracius yang dia rasakan berlebihan. Hal ini membuat Fang menjauhkan diri dari Gracius. Setelah lewat beberapa waktu, Fang mempelajari bahwa Gracius telah menghilang ke luar negeri untuk mengunjungi beberapa orang dengan pengalaman mati suri. Fang yang sadar akan perasaan Gracius yang sesungguhnya memutuskan untuk pergi mencari pria itu.


    Fang pergi ke 6 negara yang berbeda. Thailand, India, Cina, Inggris, Perancis, dan Israel untuk mencari jejak Gracius. Di setiap negara itu dia bertemu dengan para pemilik lingkaran halo dan mempelajari pengalaman mereka masing-masing. Di dalam perjalanannya, dia ditemani oleh Arnold, mantan tunangannya, yang kini merupakan tubuh pinjaman Francis, malaikat yang diutus untuk menyelesaikan kasus Fang.


    Di tengah perjuangannya menemukan jejak Gracius, dia mempelajari bahwa satu per satu orang-orang yang ditemuinya meninggal secara tiba-tiba. Fang sadar bahwa kematian mereka tidak wajar. Ada yang dengan sengaja melenyapkan mereka. Seseorang yang tidak ingin manusia sadar akan rahasia langit. Nyawa Fang kini juga terancam dan dia berpacu dengan waktu untuk menemukan si pembunuh yang mengincar para pemilik halo.


    Agnes Jessica membawa sesuatu yang baru dalam bukunya kali ini. Setelah sukses dengan genre romans, Agnes menambahkan genre spiritual ke dalam karya 'Pelangi'nya. Kini, di karya terbarunya ini, dia menambahkan 1 genre lagi, yakni fantasi.


    Dalam novel ini kita menemukan malaikat, kerub, surga, komputer kehidupan, iblis, serta kisah cinta antara manusia dan malaikat. Suatu hal baru yang belum pernah Agnes Jessica bawakan.


    Alurnya cukup rumit dan ada banyak aksi yang terjadi dalam novel ini. Selain itu unsur romans di novel ini juga tidak sekental karya-karya Agnes Jessica yang sebelumnya.


    Satu hal yang saya pribadi tidak setuju dengan pemaparan novel ini adalah mengenai sistem reinkarnasi. Di dalam novel ini digambarkan bahwa manusia yang sudah mati bisa kembali lahir di dunia apabila dia belum dapat memasuki surga. Satu contohnya adalah ibu Fang (yang meninggal karena sakit di awal novel) yang berreinkarnasi menjadi seorang anak kecil di akhir novel. Saya pribadi tidak percaya pada reinkarnasi dan berpendapat bahwa hidup manusia hanya sekali. Kalau mati ya sudah selesai. Tapi, oh well, ini sesuatu yang subjektif sifatnya.


    Empat bintang untuk tema, alur, dan pemaparan cerita. Suatu karya yang segar dari seorang penulis berpengalaman.


    View all my reviews

  2. 2 comments :

    1. wah udah ada review nya , ni lg setengah baca dan bener2 mantab. khas agnes jessica banget ^^

    2. Michael said...

      kalo soal reinkarnasi sehh kita nggak tahu lah yah benar/tidaknya... yah soal hidup kan urusannya Tuhan... gak berani juga membenar-salahkannya... ^^

    Post a Comment