Rss Feed
  1. KitchenKitchen by Banana Yoshimoto
    My rating: 4 of 5 stars

    Judul: Kitchen
    Penulis: Banana Yoshimoto
    Penerbit: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
    Halaman: 204 halaman
    Terbitan: April 2009

    "Aku tak bisa tidur di tempat lain selain dapur."

    Mikage Sakurai sebatang kara sejak neneknya meninggal. Dapur menjadi satu-satunya tempat dimana ia dikelilingi panci bekas pakai dan sisa ceceran sayur, serta ditemani sepetak langit malam berbintang di jendela.

    Namun dapur keluarga Tanabe yang membuatnya jatuh cinta. Di sana selama satu musim panas ia bergulat dengan acar, udon, soba, dan tempura. Di sana pula ia temukan apa yang tak pernah dimilikinya: keluarga, bersama Yuichi Tanabe yang dingin dan Eriko Tanabe yang mempesona--perempuan transeksual yang sejatinya ayah kandung Yuichi.

    Ketika Eriko meninggal, Mikage dan Yuichi menjauh dan saling terasing dalam kesedihan. Apa yang harus mereka lakukan untuk bangkit dari dukacita dan menyadari ada cinta di antara mereka?

    Review
    Jika suatu hari tiba waktuku untuk mati, aku ingin mengembuskan napas terakhirku di dapur. Tak peduli dapur itu dingin sekali dan aku sendirian, atau dapur itu hangat dan ada orang yang menemaniku. Di sana aku ingin menatap kematian tanpa rasa takut. (hal. 4)

    "Kitchen" adalah sebuah buku yang terdiri dari 2 novela, "Kitchen" dan "Moonlight Shadow". Keduanya membahas tema yang serupa. Kematian, kehilangan, dan kesendirian.

    Walau terdengar "berat", sebenarnya "Kitchen" menyerupai novel-novel romans kontemporer yang banyak terbit saat ini. Nuansanya terasa mirip. Ceritanya ada unsur percintaan yang cukup kental juga.

    Saya suka bagaimana Banana Yoshimoto mampu menampilkan perasaan sedih dan sepi karakter-karakternya dengan alami. Tokohnya tidak terasa melankolis berlebihan.

    Poin tambahan ada di hubungan Mikage dan Yuichi. Suka banget sama interaksinya mereka yang manis tapi tidak bikin diabetes. Tindakan yang Mikage ambil di akhir juga meninggalkan kesan yang dalam untuk saya.

    Secara keseluruhan, saya suka dengan buku ini. Karakter-karakternya menarik dan saya suka. Ceritanya diolah dengan baik, walau mungkin akan terasa familiar kalau suka baca novel romans kontemporer.


    View all my reviews

  2. 2 comments :

    1. yang masih jual buku ini dimana ya?? saya cari susah banget... mohon info ya kalo tau.. thanks

    2. Biondy said...

      @Femmy: wah, kurang tahu. Mungkin bisa coba cek grup jual-beli buku di sosmed. kalau yang ini saya pinjam dari perpustakaan.

    Post a Comment