Rss Feed
  1. Orang-Orang Mati - Every Dead Thing (Charlie Parker, #1)Orang-Orang Mati - Every Dead Thing by John Connolly
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Orang-Orang Mati (Every Dead Thing)
    Penulis: John Connolly
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Halaman: 544 halaman
    Terbitan: Oktober 2011

    Mantan detektif NYPD, Charlie Parker senantiasa dihantui rasa bersalah atas peristiwa pembantaian istri dan anak perempuannya yang belum terpecahkan. Jiwanya yang tersiksa dipenuhi penyesalan dan hasrat membalas dendam. Tetapi ketika mantan-rekannya meminta bantuan untuk melacak seorang gadis yang hilang, Parker pun dibawa ke jantungnya suatu kejahatan terorganisir; kepada seorang perempuan yang tinggal di tepi rawa-rawa Louisiana dan bisa mendengar suara orang-orang mati; serta kepada seorang pembunuh berantai yang hanya dikenal dengan julukan si Pengembara.

    Review

    Saya menutup novel ini dengan satu kesimpulan. Novel fiksi kriminal itu berat. Bukan hanya karena ketebalannya, tapi juga dari sisi jumlah karakter, alur, dan kriminalitas yang disajikan.

    Charlie Parker, tokoh utama novel ini, adalah seorang mantan detektif NYPD yang istri dan anaknya dibunuh dengan cara yang kejam. Seorang wanita tua dengan kemampuan cenayang memberitahu Parker bahwa yang membunuh istri dan anaknya adalah si Pengembara, seorang pembunuh berantai yang membuat replika seni dari orang-orang yang dibunuhnya.

    Secara karakter sebenarnya Charlie tipikal tokoh polisi di serial TV barat. Duda, punya masa lalu yang gelap, dan sarkastis. Hanya saja kisah pembantaian istri dan anaknya diolah dengan baik, sehingga mampu menimbulkan efek emosional pada Charlie yang membuat pembaca mampu bersimpati padanya.

    Tokoh yang tidak biasa justru datang dari teman-teman Charlie, seperti Angel dan Louis. Angel adalah seorang pencuri, sementara Louis seorang pembunuh. Yang menarik adalah fakta bahwa mereka pasangan gay. Jarang-jarang kan kita bertemu dengan pasangan yang tidak biasa seperti ini.

    John Connoly tampaknya melakukan riset yang mendalam dengan baik. Mengingat bahwa penulis bukanlah orang dari dunia kepolisian, John Connoly mampu menampilkan sistem penyelidikan dan struktur dalam kepolisian dengan baik. Selain itu pengetahuan tentang senjata dan sistem organisasi kejahatan dan intrik-intrik yang ditampilkan juga menarik.

    Keluhan saya datang dari beberapa bagian yang terkesan tiba-tiba. Misalnya di bagian awal novel, Charlie sedang mencari seorang wanita atas permintaan seorang klien. Dia awalnya kesulitan dan mengikuti berbagai jenis petunjuk, lalu tiba-tiba di awal bab yang baru, dia tiba-tiba sudah sampai di sebuah rumah yang memainkan peranan penting dalam pencarian gadis itu.

    Secara keseluruhan ini adalah sebuah novel yang menarik. Saya suka dengan beberapa twist yang ada. Hanya saja mungkin novel ini terlalu sulit untuk orang yang kurang terbiasa dengan cerita kriminal macam begini. Ada banyak sekali nama dan sulit untuk mengingatnya satu per satu. Selain itu ceritanya juga bukan hanya soal pengejaran si Pengembara, tapi memiliki beberapa plot yang saling berhubungan dan mungkin terasa panjang serta membingungkan. Selain itu beberapa adegan juga mungkin terasa grafis dan agak memualkan. Apaagi ada banyak darah dan organ dalam, serta beberapa kematian yang mampu membuat mual di sini.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2013 Read Big Reading Challenge
    - 2013 New Authors Reading Challenge
    - 2013 Serapium Reading Challenge

    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment