Rss Feed
  1. Kita sampai di penghuung Book Kaleidoscope 2013. Sangat menyenangkan bisa ikutan acara ini lagi. Sayang saya tidak bisa posting bersamaan dengan yang lain. Soalnya akhir tahun ini saya habiskan dengan keluarga dan jauh dari laptop :D



    Dan.... ini dia, 5 buku terfavorit saya di tahun ini:

    5. Angkatan 66 Prosa dan Puisi - Antologi


    review di sini

    Sesuai judulnya, buku ini memang berisi prosa dan puisi karya pengarang angkatan 66. Ada banyak sekali nama baru yang saya temukan di sini. Masing-masing punya ciri khas tersendiri dalam karyanya. Ada yang cocok dengan saya, ada juga yang tidak. Yang pasti, membaca buku ini adalah suatu pengalaman menyenangkan karena bisa sedikit lebih menyelami sastra di Indonesia.

    4. Jody dan Anak Rusa (The Yearling) - Marjorie Kinnan Rawlings


    review di sini

    Rasanya sudah berulang kali saya memuji novel ini. Bahkan saya memasukkan kover buku ini sebagai 5 kover terbaik tahun ini.

    Saya suka dengan hubungan ayah-anak keluarga Baxter ini. Saya juga suka melihat hubungan keluarga Baxter, khususnya Jody, dengan si anak rusa. Akhir ceritanya itu... sangat berkesan.

    3. The Age of Miracles - Karen Thompson Walker

    review di sini

    Awalnya sih saya tidak punya ekspektasi apa-apa pada buku ini. Soalnya ini adalah novel debut penulisnya dan saya belum pernah membaca tulisan Karen Thompson Walker yang lainnya. Eh, ternyata buku ini "nonjok" banget buat saya.

    Saya suka atmosfer ceritanya, suka dengan plotnya, juga suka pada tokoh-tokohnya. Buku ini sukses bikin saya begadang karena penasaran dengan ceritanya.

     2. The Casual Vacancy - J.K. Rowling

    review di sini

    All hail Queen Rowling. Buku ini juga termasuk buku yang sukses membuat saya begadang. Saya bahkan lupa makan dan malas keluar untuk ketemu orang gara-gara buku ini.

    Ceritanya apik. Tokoh-tokohnya menarik. Salah satu tokohnya bahkan masuk di "Top Five Book Girl Friends" saya tahun ini. 

    1. Hujan Bulan Juni - Sapardi Djoko Damono

    review di sini

    Ini dia juara saya untuk tahun ini. Kumpulan puisi Sapardi Djoko Damono dalam buku "Hujan Bulan Juni". Puisi-puisi di dalamnya bagus-bagus. Bahasanya mudah dipahami dan sangat indah. Saya sampai baca buku ini berulang-ulang :D

    Biar saya copas-kan puisi yang menjadi judul buku ini sebagai penutup Book Kaleidoscope 2013.

    HUJAN BULAN JUNI

    tak ada yang lebih tabah 
    dari hujan bulan juni
    dirahasiakannya rintik rindunya
    kepada pohon berbunga itu

    tak ada yang lebih bijak
    dari hujan bulan juni
    dihapusnya jejak-jejak kakinya
    yang ragu-ragu di jalan itu

    tak ada yang lebih arif 
    dari hujan bulan juni
    dibiarkannya yang tak terucapkan 
    diserap akar pohon bunga itu

    1989 

  2. 2 comments :

    1. urutan nomer dua masih di timbunan... >.<

    2. Biondy said...

      dibaca deh. menarik loh :D

    Post a Comment