Rss Feed
  1. Nightingale's CrookNightingale's Crook by Wiryanti Septiani
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Nightingale's Crook
    Penulis: Wiryanti Septiani
    Penerbit: de Teens
    Halaman: 332 halaman
    Terbitan: Desember 2013

    Alarish Haines begitu mencintai Archie. Ia begitu setia pada Archie hingga mencintai anak-anak Archie seperti anak-anaknya sendiri. Ia tak berbeda dengan Archie, sengaja mengikatkan diri pada sosok yang tak mungkin untuk dimiliki.

    Claudette Laurents-Liddy begitu mencintai Emil meski mengharapkan pria itu adalah sebuah hal yang sia-sia. Namun ia tetap menunggu. Menunggu satu detik yang akan membuat Emil melihatnya, membuatnya sadar bahwa Liddy selalu berada di sana.

    Mereka berempat dipertemukan di Nightingale's Crook dan berbagi cerita di sana dan belajar akan makna cinta yang tulus…

    Review

    Membaca novel ini butuh sedikit kesabaran dan konsentrasi. Pembukaan novel ini sedikit lambat dan terasa membingungkan. Membuat bertanya-tanya ceritanya mau dibawa ke mana?

    Satu hal yang "menyelamatkan" bagian awal novel ini, untuk saya, adalah blurb-nya. Serius. Soalnya pas di bagian awal, saya sempat bingung ini karakternya siapa, dia mau apa. Nah, jawabannya ada di blurb. Kalau bingung dan lupa, tinggal lihat kover belakang.

    Hal lain yang agak mengganggu di sepanjang cerita adalah POV-nya. Penulis memutuskan untuk menggunakan POV 1 dan POV 2, yup. POV 2, di novel ini. Perubahan POV-nya kadang bikin kagok. Bahkan sering saya tidak sadar kalau sudah terjadi pergantian POV dari 1 ke 2 atau sebaliknya. Tambah lagi POV-nya tidak digunakan secara khusus pada satu karakter, sehingga agak makan waktu untuk tahu siapa yang sedang bernarasi saat itu.

    Terlepas dari hal-hal yang agak mengganggu di atas, novel ini ditulis dengan cukup baik. Gaya narasinya enak. Tidak terlalu sederhana, tapi juga tidak terlalu berbunga. Penggunaan latar tempatnya, di Inverness, Skotlandia, juga enak untuk diikuti. Karakter-karakternya juga digambarkan dengan baik, walau mungkin sedikit mirip (yang membuat pemahaman siapa-yang-sedang-bicara saat perpindahan POV butuh sedikit waktu).

    Secara keseluruhan, 2,5 bintang. Pembulatan ke atas. Thanks to Orinthia Lee yang sudah mengirimkan novel ini ke saya sebagai hadiah giveaway ultah Blogger Buku Indonesia yang lalu.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2014 New Authors Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment