Rss Feed
  1. Permainan Igo 1: Tehnik Membuat AreaPermainan Igo 1: Tehnik Membuat Area by Jun'ichi Ishikura
    My rating: 5 of 5 stars

    Judul: Permainan Igo 1: Tehnik Membuat Area
    Penulis: Jun'ichi Ishikura (Manga Ilustrator), Satoshi Kataoka (Supervisor)
    Penerbit: Elex Media Komputindo
    Halaman: 381 halaman
    Terbitan: Oktober 2014

    Komik tentang permainan igo. Bercerita tentang 3 orang anak: Go, Shiro, dan Kiriko, yang masuk ke dalam dunia igo untuk menolong seorang putri yang ditawan oleh penyihir jahat. Bersama Ksatria Hitam, ketiga anak itu maju untuk melawan sang Penyihir Putih.

    Dalam perjalanannya, mereka mempelajari tentang cara bermain igo, serta berhadapan dengan berbagai makhluk yang berusaha menghalangi mereka.

    Review

    Yeah, pada dasarnya buku ini menggabungkan fiksi dan non-fiksi.

    Saya berterima kasih pada Elex Media yang sudah menerbitkan buku tentang igo di Indonesia. Jarang banget saudara-saudara. Mungkin ini buku ke-2 tentang igo yang terbit di sini setelah Hikaru no Go.

    Untuk ceritanya sendiri, standar sih kalau untuk saya. Tidak jelek, tapi tidak ada sesuatu yang wah juga kalau hanya mau dilihat dari unsur plot komiknya. Yang paling bikin ngakak di komik ini adalah si 'jin ikan' yang jadi salah satu lawannya keempat tokoh utama.

    Untuk materi igonya, cocok untuk orang yang baru mulai belajar. Mulai dari cara meletakkan batu, menangkap, aturan Ko, sampai ke menghitung wilayah.

    Ada juga sedikit cerita tentang Kataoka Satoshi, supervisor buku ini sekaligus mantan pemegang gelar Tengen. Bahkan ada catatan pertandingan dari salah satu babak yang Kataoka Satoshi anggap berkesan.

    Kalau ada yang tanya igo itu apa, jawabannya mungkin cocok dengan apa yang disampaikan buku ini. Igo itu permainan yang tidak terlalu mementingkan soal batu yang mati/ditangkap. Igo itu soal wilayah. Tidak masalah mengorbankan sedikit batu untuk mendapatkan hasil yang lebih besar. Kenapa jadi kayak prinsip dagang begini? :))

    Pengin lanjut baca buku keduanya ^^.

    p.s: kalau ada yang mau tanya-tanya soal igo atau igo di Indonesia, bisa cek di Komunitas Igo Indonesia.


    View all my reviews

  2. 2 comments :

    1. agoenk said...

      terima kasih review nya kk biondy. semoga igo di indonesia bisa makin berkembang dengan adanya buku ini.

    2. Biondy said...

      dipanggil kk sama si Agung :v
      udah beli bukunya belum, Gung?

    Post a Comment