Rss Feed
  1. Éclair: Pagi Terakhir di RusiaÉclair: Pagi Terakhir di Rusia by Prisca Primasari
    My rating: 1 of 5 stars

    Judul: Éclair: Pagi Terakhir di Rusia
    Penulis: Prisca Primasari
    Penerbit: Gagas Media
    Halaman: 236 halaman
    Terbitan: Maret 2011

    Ekaterina, Sergei, Stepanych, Kay, dan Lhiver; 5 orang sahabat yang hidupnya berubah karena sebuah peristiwa. Hubungan yang telah lama renggang berusaha disambungkan kembali saat Ekaterina dan Sergei memutuskan untuk menikah.

    Dibutuhkan perjalanan ke Amerika, Indonesia, dan kembali ke Rusia untuk mengumpulkan setiap pecahan yang ada. Namun sanggupkah Ekaterina dan Sergei menggabungkan setiap pecahan yang ada?

    Review

    Eh, jujur saya tidak menyangka akan memberikan 1 bintang saat mulai membaca novel ini. Eclair adalah novel kedua karya penulis yang saya baca. Sebelumnya saya sudah baca Priceless Moment (review di sini) dan saya memberi 4 bintang untuk buku itu, makanya saya tidak punya prasangka apa-apa waktu membaca lembaran pertama buku ini.

    Pembuka ceritanya jujur lumayan menarik. Awalnya saya mengira novel ini akan mengusung kisah misteri ala detektif. Ya, mungkin bukan novel detektif seperti Agatha Christie, mungkin ala Linda Howard gitulah. Ternyata saya salah. Misteri pembunuhan yang Kay "lakukan" ternyata selesai dengan cepat.

    Ceritanya kemudian bergulir dalam drama panjang yang bikin saya bosan. Rahasia kejadian "dua tahun lalu" yang menghancurkan persahabatan Ekaterina, Sergei, Stepanych, Kay, dan Lhiver juga terlalu cepat dibeberkan. Setelah alasannya diketahui, ceritanya kembali muter-muter sampai saya sempat merasa, "Ini novel mau dibawa kemana sih sebenarnya? Perasaan sudah bisa diselesaikan dari tadi."

    Bagian akhirnya sempat membuat saya kembali perhatian pada novel ini. Ada bagian masa lalu Ekaterina yang memperjelas keseluruhan permasalahan di novel ini. Sayangnya, saya sudah terlanjut gak mood untuk baca buku ini, jadi ketika semuanya selesai, saya hanya bisa merasa, "Akhirnya."

    Bagian postif dari buku ini? Jelas pengetahuan soal Rusia serta berbagai selipan sastra di dalamnya. Juga untuk nama universitas almamater saya yang sempat menjadi latar tempat di sini :p.


    View all my reviews

  2. 2 comments :

    1. Ruri said...

      Saya jg agak kecewa baca buku ini. tapi tetep suka setting Rusia nya :)

    2. Biondy said...

      @Ruri: iya, kalau secara setting sih nggak mengecewakan :D

    Post a Comment