Rss Feed
  1. Utara dan Selatan (Everna Saga)Utara dan Selatan by Andry Chang
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Utara dan Selatan
    Penulis: Andry Chang, Rickman Roedavan, Alexia Chen, Ambu Dian, Dya Ragil, Ahmad Sufiatur Rahman, Shin Elqi, Anggi Mardina Suwindar
    Penerbit: Kalimaya Publisher
    Halaman: 264 halaman
                                       Terbitan: Oktober 2015

    Di utara maupun selatan Everna
    banyak kisah dan legenda menjadi sejarah.

    Di utara, seorang gadis kecil berjuang melawan
    udara dingin membekukan demi hidupnya.
    Di selatan, seorang dermawan merelakan harta
    demi membangun kembali negerinya.

    Seorang musafir datang dari utara ke selatan,
    membimbing empat saudara melewati bahaya.
    Seorang pemuda datang dari selatan ke utara,
    mengobarkan kesejatian semangat olahraga.

    Hingga terangkailah sepuluh kisah abadi
    dari Terra Everna, cerminan Bumi.

    Review

    "Utara dan Selatan" adalah kumpulan cerita pendek dari dunia fantasi Everna. 'Everna adalah sebuah dunia fantasi paralel yang dikembangkan oleh Andry Chang. Semula bernama Terra Eternia, dunia rekaan ini dibuat secara mendetil dan semirip mungkin dengan Planet Bumi.' (hal. ix). "Utara dan Selatan" mengambil tiga zaman pada dunia Everna, yakni: zaman sihir, zaman mesin, dan zaman modern.

    Buku ini merupakan buku yang saya beli dari Andry Chang. Mumpung dapat ongkir gratis karena akan dikirimkan "Hikayat Tiga Zaman".

    Kalau HTZ mengangkat cerita yang gelap dan berdarah, maka "Utara dan Selatan" ini mengambil pendekatan yang lebih bersahabat. Cerita-ceritanya lebih ke arah imut dan bersih dengan tema yang cocok untuk pembaca usia muda.

    Beberapa cerita yang jadi kesukaan saya:



    1. Gadis Korek Api - Andry Chang dan Anggi MS

    Penceritaan ulang dari kisah "Si Gadis Korek Api". Ceritanya lumayan menyentuh buat saya. Bulid-up ceritanya bagus, tapi akhirnya kurang memuaskan. Sepertinya cara bercerita Anggi MS lebih dominan di sini. Soalnya saya merasa gaya menulisnya Andry Chang lebih langsung.

    2. Penjaga Gunung Dunia - Ambu Dian

    Bercerita tentang Nguyen Prinh, seorang anak laki-laki yang diminta untuk pergi ke puncak Gunung Dunia. Tugas Prinh adalah mencari penyebab kenapa lava abadi di puncak gunung itu mulai padam. Dalam perjalanannya, Prinh ditemani oleh Shura, sang anak naga.

    Kalau melihat nama Nguyen, sepertinya cerita ini mengambil daerah Vietnam sebagai inspirasi. Apakah ada sejenis cerita rakyat Vietnam yang diceritakan kembali di sini?

    Ceritanya menarik untuk diikuti. Akhir ceritanya juga bagus. Gaya penulisannya terasa sedikit canggung buatku, khususnya di bagian pembuka, tapi semakin ke belakang semakin enak diikuti.

    3. Menu Baru Sang Ratu - Andry Chang

    Bercerita tentang Ratu Ulrisse yang baru saja sembuh dari sebuah "penyakit". Ratu kemudian mengadakan sayembara untuk menemukan masakan yang menyehatkan buatnya.

    Cerita yang manis dengan kemunculan berbagai tokoh dalam sajak anak-anak, seperti Humpty-Dumpty, Hey Diddle Diddle, atau Old McDonald. Akhir ceritanya sukses membuat saya ber-ooh ria.

    Sekali lagi Boreal (atau Australia kalau di dunia kita) belum terjamah dalam kumpulan cerpen ini. Lima cerita mengambil latar Eropa, empat berlatar Asia, dan satu yang mengambil Amerika sebagai dasarnya. Ya, lumayanlah. Eropa tidak sedominan di HTZ. Hal ini membuat "Utara dan Selatan" terasa lebih berawarna.

    Secara keseluruhan, saya suka dengan kumpulan cerpen ini. Cerita-ceritanya ringan dan cocok untuk pembaca muda. Eh, bukan berarti pembaca yang sudah tidak muda lagi dewasa tidak akan cocok untuk buku ini, ya. Masih akan cocok, kok. Kesalahan teknis seperti penggunaan kata tidak baku ('menghentak' yang harusnya 'mengentak' pada halaman pertama cerita pertama) atau typo masih ada, tapi jumlahnya tidak terlalu banyak dan tidak begitu mengganggu.


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment