Rss Feed
  1. Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui MimpiPerempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi by Eka Kurniawan
    My rating: 3 of 5 stars
    Judul: Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi
    Penulis: Eka Kurniawan
    Penerbit: Bentang Pustaka
    Halaman: 170 halaman
    Terbitan: Maret 2015

    "Kalian orang-orang tolol yang percaya kepada mimpi.”

    Mimpi itu memberitahunya bahwa ia akan memperoleh seorang kekasih. Dalam mimpinya, si kekasih tinggal di kota kecil bernama Pangandaran. Setiap sore, lelaki yang akan menjadi kekasihnya sering berlari di sepanjang pantai ditemani seekor anjing kampung. Ia bisa melihat dadanya yang telanjang, gelap dan basah oleh keringat, berkilauan memantulkan cahaya matahari. Setiap kali ia terbangun dari mimpi itu, ia selalu tersenyum. Jelas ia sudah jatuh cinta kepada lelaki itu.

    Review

    "Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi" adalah sebuah kumpulan cerpen dari Eka Kurniawan. Di dalamnya terdapat 15 cerita dengan beragam tema. Mulai dari kisah sehari-hari, surealis, hingga fabel.

    Beberapa cerita favorit saya:


    1. Cerita Batu
    Kisah tentang sebuah batu yang ingin membalas dendam pada seorang pria yang menjadikannya pemberat mayat. Cerita surealis dengan akhir yang bikin gemas.

    Seperti semua batu di dunia, ia pendendam yang tabah. (hal. 87)


    2. Setiap Anjing Boleh Berbahagia
    Kisah tentang seorang istri yang sangat mencintai seekor anjing, tapi suaminya, yang benci dengan anjing, membuatnya tidak bisa memelihara hewan itu.

    3. Kapten Bebek Hijau
    Kisah tentang seekor anak bebek yang berubah jadi hijau. Kadang ingin memperoleh kembali apa yang sudah bukan milik kita hanya membawa kemalangan bagi diri sendiri.

    4. Teka-Teki Silang
    Kisah seorang wanita yang terobsesi pada teka-teki silang. Suatu hari dia menemukan sebuah TTS yang seolah mampu meramalkan masa depannya.

    5. Pelajaraan Memelihara Burung Beo
    Kisah seorang wanita yang memelihara burung beo sebagai pengganti anak-anaknya. Sebuah cerita dengan akhir yang membuat terenyuh.

    Cerita-cerita Eka Kurniawan selalu menawarkan sesuatu yang menarik. Entah itu akhir ceritanya, tema yang diangkat, atau pesan yang ingin disampaikan. Sayangnya saya butuh waktu yang lama untuk merasa 'panas' dengan cerita-ceritanya. Baru di cerita ke-8 saya merasa bahwa cerita-cerita di buku ini terasa 'wah'.

    Secara keseluruhan, ini perkenalan awal yang baik bagi saya dengan karya Eka Kurniawan. Cerita-ceritanya menarik dengan banyak hal yang menggelitik di dalamnya.


    View all my reviews

  2. 2 comments :

    1. Cerpen-cerpen dalam kumcer ini memang bagus-bagus ^_^

    2. Cerpen-cerpen dalam kumcer ini memang bagus-bagus ^_^

    Post a Comment