Rss Feed
  1. The 88th Academy Awards, atau yang dikenal juga sebagai Penghargaan Oscar, akan kembali digelar pada 28 Februari nanti. Tahun ini, ada sembilan film yang diadaptasi dari buku yang memperoleh berbagai nominasi. Di bagian pertama ini, kita akan melihat lima film terlebih dahulu, antara lain:


    Brooklyn - Colm Tóibín

    "Brooklyn" bercerita tentang Eilis Lacey, seorang gadis yang tumbuh besar di sebuah kota kecil di Irlandia. Atas sponsor seorang pendeta, Eilis pindah ke Brooklyn, Amerika, dan memperoleh pekerjaan, kehidupan baru, dan juga cinta. Tapi, di tengah perasaannya yang berbunga-bunga, sebuah berita datang dari Irlandia dan mengancam masa depannya.

    Dalam ajang Academy Awards tahun ini, "Brooklyn" menerima tiga nominasi. Best Picture (Finola Dwyer dan Amanda Posey), Best Actress (Saoirse Ronan), dan Best Adapted Screenplay (oleh Nick Hornby).
    Kover buku (kiri) dan poster film "Brookyln"

    Room - Emma Donoghue

    "Room" bercerita tentang Joy "Ma" Newsome, seorang wanita yang disekap di dalam sebuah ruangan selama tujuh tahun. Di sanalah dia membesarkan Jack, anaknya, dan berusaha untuk melindungi putranya itu. Tapi Ma tahu bahwa ruangan tempatnya berada tidak cukup bagi mereka. Dia kemudian menyusun sebuah rencana pelarian yang kesuksesannya bergantung pada Jack.

    "Room" memperoleh empat nominasi untuk Best Picture (Ed Guiney), Best Director (Lenny, Abrahamson), Best Actress (Brie Larson), dan Best Adapted Screenplay (oleh Emma Donoghue ).

    Kover buku (kiri) serta poster film (kanan) "Room"

    The Danish Girl - David Ebershoff

    Saat istrinya,Greta Wegener, meminta Einar Wegener untuk berpose sebagai seorang wanita, lahirlah Lili Elbe, seorang seniman; seorang wanita; seorang suami.

    "The Danish Girl" memperoleh empat nominasi dalam Oscar tahun ini. Best Actor (Eddie Redmayne), Best Supporting Actress (Alicia Vikander), Best Production Design (oleh Michael Standish dan Eve Stewart), serta Best Costume Design (oleh Paco Delgado).

    Kover buku (kiri) serta poster film (kanan) "The Danish Girl"

    The Martian - Andy Weir

    Dalam sebuah misi perjalanan yang berakhir karena badai, astronom Mark Watney kini menjadi orang pertama yang terdampar di Mars. Harapan Watney satu-satunya adalah bertahan hidup cukup lama untuk menemukan cara menghubungi bumi.

    The martian memperoleh tujuh nominasi tahun ini. Best Picture (oleh Simon Kinberg, Ridley Scott, Michael Schaefer, dan Mark Huffam), Best Actor (Matt Damon), Best Adapted Screenplay (oleh Drew Goddard), Best Sound Editing (oleh Oliver Tarney), Best Sound Mixing (oleh Paul Massey, Mark Taylor, dan Mac Ruth), Best Production Design (oleh Celia Bobak dan Arthur Max), dan Best Visual Effect (oleh  Anders Langlands, Chris Lawrence, Richard Stammers, dan Steven Warner).

    Kover buku (kiri) dan poster film (kanan) "The Martian"

    The Price of Salt/Carol - Patricia Highsmith

    Novel yang terbit pada tahun 1952 ini diadaptasi menjadi film yang berjudul "Carol". "The Price of Salt" bercerita tentang Therese, seorang gadis pegawai departement store yang bertemu dengan Carol, seorang wanita yang berada di ambang perceraian. Pertemuan mereka kemudian berkembang menjadi sesuatu yang lebih jauh dengan berbagai pertaruhan yang dapat mengubah hidup mereka selamanya.

    "Carol" memperoleh enam nominasi pada ajang Oscar tahun ini, antara lain: Best Actress (Cate Blanchett), Best Supporting Actress (Rooney Mara), Best Adapted Screenplay (oleh Phyllis Nagy), Best Original Score (oleh Carter Burwell), Best Cinematography (oleh Ed Lachman), dan Best Costume Design (oleh Sandy Powell).

    Kover buku (kiri) dan poster film (kanan) dari "The Price of Salt"/"Carol"

    Bersambung ke bagian dua.

  2. 3 comments :

    1. Cuman pernah liat buku The martian, sisanya belum pernah denger. Ohya, jagoin film apa di oscar :D?

    2. Kecuali The Martian, yang lainnya belum nonton filmnya. Apalagi bukunya.

    Post a Comment