Rss Feed
  1. Life on The Refrigerator Door (Kehidupan di Pintu Kulkas)Life on The Refrigerator Door by Alice Kuipers
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Life on the Refrigerator Door
    Penulis: Alice Kuipers
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Halaman: 240 halaman
    Terbitan: November 2008

    KALAU HIDUPMU TAHU-TAHU BERANTAKAN, SANGGUPKAH KAU BERPEGANG PADA CINTA?

    Kehidupan di Pintu Kulkas adalah tentang pesan-pesan di kulkas antara seorang ibu dan putri remajanya, Claire. Pesan yang dibuka dengan kehidupan yang serba bergegas, tak ada waktu untuk bicara dan bertemu, kemudian berkembang menjadi sesuatu yang sangat dalam: kesadaran bahwa cinta berarti menyediakan diri kita bagi orang yang kita cintai.


    Review

    Life on the Refrigerator Door bercerita tentang kehidupan seorang ibu dan putrinya, Clare, yang masih remaja. Kesibukan membuat keduanya lebih banyak berkomunikasi lewat pesan yang ditempelkan di pintu kulkas. Kehidupan mereka berjalan seperti biasanya, sampai sebuah masalah tiba-tiba datang.

    Salah satu buku yang memiliki gaya yang unik. Narasi di buku ini sepenuhnya berupa komunikasi tertulis yang ditempelkan di kulkas. Di satu sisi, kita punya Clare, seorang gadis remaja yang hidupnya berputar pada sekolah, sahabat, dan cinta. Di sisi lain, kita punya sang ibu, seorang dokter dan orang tua tunggal yang hidupnya berubah saat ada sesuatu yang salah di tubuhnya.

    Yeah. This is a sick-lit.


    Konsep narasinya membuat cerita bergerak dengan sangat cepat. Pesan-pesan yang semula trivial (berisi permintaan untuk membeli keperluan sehari-hari, pulang terlambat karena ada keperluan, atau minta uang jajan) kemudian berubah menjadi lebih personal dan berisi pergulatan ibu dan anak yang hidupnya berubah karena suatu penyakit.

    Konsep "pesan di pintu kulkas" novel ini menjadi kelebihan sekaligus kekurangannya. Melihat pesan-pesan yang ada membuat saya geregetan. Rasanya pembaca hanya diizinkan untuk mengintip ke dalam kehidupan Claire dan ibunya tanpa bisa melihat keseluruhan pergulatan mereka.

    Aku merasa sangat tertekan dan takut . Aku bertanya-tanya seperti apa sih sebenarnya hidupku ini. (hal. 209)


    Secara keseluruhan, Life on the Refrigerator Door adalah sebuah novel dengan konsep yang unik. Melihat catatan-catatan Claire dan ibunya membuat pembaca seperti mengintip ke dalam kehidupan sebuah keluarga yang sedang bergulat dengan sebuah penyakit keras.

    Let's meet on social media:
    Instagram | Twitter | Youtube


    View all my reviews


  2. 0 comments :

    Post a Comment