Rss Feed
  1. Post Sistem Informasi Perpustakaan (alias SIP) ini merupakan bagian dari tugas mata kuliah SIP dan tugas-tugas SIP saya akan dipost di sini.

    Q: Bagaimana pendapat Anda tentang kondisi perpustakaan di Indonesia?
    A: Jujur saya kurang tahu. Sebab selama ini saya belum pernah pergi ke perpustakaan nasional, bahkan perpustakaan daerah. Alasannya? Saya tidak tahu di mana tempatnya (kurang promosi sih). Karena itu, untuk pertanyaan ini, saya akan mengambil contoh perpustakaan di Universitas saya sekarang.
    Perpustakaan Petra termasuk sangat nyaman menurut saya. Terdiri atas 4 lantai, perpustakaan ini menyediakan koleksi buku, jurnal, skripsi, makalah, koran, serta layanan audio-visual. Tempatnya luas dan memiliki banyak meja dan kursi (ada juga sofa). Selain itu koleksi yang dimiliki banyak jumlahnya dan beragam (bukan hanya yang bersifat pengetahuan, tetapi juga yang bersifat hiburan). Tempatnya juga adem (bahkan kadang-kadang agak terlalu dingin). Juga terdapat layanan fotocopy dan katalog online.
    Yah... Kalau kondisi semua perpustakaan seperti ini, saya pasti sering datang ke perpustakaan.

    Q: Apa yang Anda pelajari?
    A: Saya agak bingung dengan pertanyaan ini, tetapi saya asumsikan pertanyaannya berbunyi "Apa yang Anda pelajari dari perpustakaan?". Ada banyak hal yang bisa saya pelajari dari (buku di) perpustakaan. Baik yang berhubungan dengan jurusan saya (Teknik Informatika) mau pun dari bidang lain, seperti manajemen, hingga ke yang tidak ada jurusannya di Petra seperti Astronomi. Selain itu banyak juga hal-hal yang berhubungan dengan soft skill yang saya baca di perpustakaan.

    Q: Termasuk pengguna perpustakaan apakah Anda?
    A: Saya termasuk dalam "Real user". Pengguna yang telah menggunakan fitur-fitur yang ada di perpustakaan.

    Q: Kontribusi apakah yang akan Anda berikan sebagai murid Informatika (kepada perpustakaan)?
    A: Dapat berupa sistem sirkulasi perpustakaan atau membuat katalog online.

    Q: Apa harapan Anda mengenai peran perpustakan Indonesia di masa depan?
    A: Dapat menjadi tempat di mana orang-orang dapat memperoleh informasi dan pengetahuan secara lengkap dan up to date.

  2. 0 comments :

    Post a Comment