Rss Feed
  1. Misteri Gugurnya Sekuntum DahliaMisteri Gugurnya Sekuntum Dahlia by S. Mara Gd
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Misteri Gugurnya Sekuntum Dahlia
    Penulis: S. Mara Gd
    Penerbit: PT Gramedia
    Halaman: 305 halaman
    Terbitan: Oktober 1991 (cetakan ke-3)

    Dahlia Sigit memiliki semua yang diidamkan setiap wanita: wajah yang cantik, potongan yang menggiurkan, jabatan yang penting, suami yang penurut dan kekasih yang bonafid. Yang tidak dimilikinya justru usia panjang untuk menikmati semuanya ini.

    Beberapa saat sebelumnya ia masih tergolek dalam pelukan hangat yang menggairahkan -saat berikutnya ia sudah terkapar kaku di lantai dengan darah mengucur dari lambungnya.

    Siapakah yang telah memotong pendek bunga yang sedang mekar-mekarnya ini?

    Review
    Petualangan lainnya dari Kapten Polisi Kosasih dan partner-nya Gozali. Kali ini motifnya berputar pada perselingkuhan dan persaingan bisnis. Korbannya? Seorang wanita genit yang mampu menimbulkan antipati banyak orang.

    Ini novel ke-4 penulis yang saya baca. Satu hal yang saya suka dari karya-karya S. Mara Gd adalah konfliknya. Konflik yang melatari kasus-kasusnya selalu rumit dan memiliki banyak lapisan. Ada banyak masalah yang saling terhubung satu sama lain yang menyembunyikan wajah si pembunuh. Sangat menarik melihat bagaimana tumpukan motif itu dikupas satu per satu oleh duo tokoh utama kita.

    Sayangnya satu kekurangan dari pengarang, yang saya rasakan setelah membaca novel-novel dan 2 kumcernya, adalah red herring yang kadang tidak terlalu kuat. Ada beberapa jebakan yang dia persiapkan yang dapat dengan mudah terlihat sebagai jebakan. Selain itu kadang informasi yang ada juga terlalu banyak sehingga si pembunuh dapat dengan mudah diterka. Di novel ini contohnya.

    Saya agak bingung sebenarnya dengan bagian ketika Ela mendeskripsikan orang-orang yang di dekat bis yang hampir dia serempet. Maksudku, masuk akalkah seseorang masih bisa mengingat wajah dan postur orang-orang asing yang hanya dia lihat sekilas saja? Apalagi sudah seminggu berlalu dari waktu dia melihatnya. Saya pribadi sih 100% yakin kalau saya tidak sanggup, tapi mungkin si Ela punya daya ingat yang luar biasa yah.

    Jadi pengin baca karya-karya yang lain. Kebetulan belakangan karya beliau diterbitkan ulang. Beli bulan depan ah :D (yang berarti si seksi Les Miserables, mungkin, harus menunggu lagi).

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2013 What's in A Name Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment