Rss Feed
  1. Sejarah Kecil Sejarah Kecil "Petite Histoire" Indonesia, Jilid 1 by Rosihan Anwar
    My rating: 4 of 5 stars

    Judul: Sejarah Kecil "Petite Histoire" Indonesia, Jilid 1
    Penulis: Rosihan Anwar
    Penerbit: Penerbit Buku Kompas
    Halaman: 299 halaman
    Terbitan: Juli 2009

    Kisah-kisah kecil yang pernah terjadi di beberapa daerah di Indonesia ternyata menarik juga untuk kita ketahui. Kisah-kisah kecil yang penuh dengan human interest tersebut terkadang lepas dari sejarah besar bangsa Indonesia, namun terkadang mempunyai kaitan erat dengan sejarah besar bangsa ini. Beberapa peristiwa yang terjadi saat ini merupakan pengulangan dari kisah-kisah kecil tersebut.

    Review

    Beli buku ini dari setahun yang lalu, tapi akhirnya baru dibaca @_@. Ok, saya beli buku ini karena tertarik pada judul, blurb buku, serta nama Rosihan Anwar. Pada akhirnya, buku ini memang tidak mengecewakan saya.

    Untuk jilid satu "Petite Histoire" ini, Rosihan Anwar lebih banyak memasukkan latar belakang Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. Bahkan bab pertamanya yang membahas tentang Timor-Timor, ditulis mundur hingga ke zaman datangnya para pemburu kayu cendana, yang merupakan komoditi mahal pada zaman dulu.

    Gaya penulisannya langsung, tidak berbunga-bunga, dan dipenuhi dengan literatur pendukung lainnya (walau kebanyakan buku sumbernya ditulis dalam bahasa Belanda).

    Pembahasannya menarik. Saya paling suka dengan tulisan tentang Timor-Timor yang sarat akan sejarah awal Timor-Timor, turunnya pemerintah Indonesia dalam membantu lepasnya Timor-Timor dari Portugal, hingga disintegrasinya dari Republik Indonesia.

    Sayangnya ada beberapa bab yang pembahasannya tidak semenarik di bab 1. Ada bab-bab yang terasa agak datar (kalau tidak mau dibilang membosankan), yang membuat proses membaca saya jadi agak terhambat.

    Buku yang menambah banyak ilmu sejarah dan sangat saya rekomendasikan untuk dibaca.


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment