Rss Feed
  1. Review Novel: Angela - Hardy Zhu

    Sunday, April 12, 2015

    Angela: semoga waktu tak hapuskan ingatanku tentangmuAngela: semoga waktu tak hapuskan ingatanku tentangmu by Hardy Zhu
    My rating: 2 of 5 stars

    Judul: Angela
    Penulis: Hardy Zhu
    Penerbit: de teens
    Halaman: 174 halaman
    Terbitan: September 2014

    Dilema. Pertemuanku dengan Sandi, cowok culun yang dulu kuhindari dan kini berubah seratus delapan puluh derajat itu, berlanjut setelah acara reunian. Aku ada ikatan pekerjaan dengannya. Di sisi lain, Azka, penulis favoritku, sedang riset di kota ini. Seharusnya, aku menemaninya. Tapi, selalu saja gagal dan diketahui oleh Sandi. Aku semakin nggak enak hati dengan Azka.

    Suatu hari, kutemukan nama cewek di thanks to buku Azka setelah ia berterima kasih kepada Tuhan. Pastilah orang yang sangat penting baginya. Pasti sosok yang begitu ia cintai di atas segalanya.

    Review

    Terima kasih untuk Wardahtuljannah yang telah memberikan novel ini sebagai hadiah giveaway. Waktu itu saya pilih buku ini dari daftar yang ada. Soalnya penulisnya sering wara-wiri di lini masa Facebook saya. Makanya penasaran sama novelnya :)).

    Untuk cerita Angela, saya rasa blurb-nya sudah cukup merangkum isinya. Jadi, tidak perlu saya tulis lagi, yah.

    Setelah menyelesaikan novel ini, saya merasa kalau Angela ini kentang banget. Kena tanggung.

    Jadi gini, di novel ini Angela diceritakan sebagai seorang mahasiswi, tapi gaya narasinya membuat saya merasa sedang baca novel dengan tokoh utama anak SMP atau SMA. Mungkin pengaruh penggunaan bahasa yang kurang baku pada narasi, kali ya. Seperti penggunaan kata 'ninggalin' (h. 42), perhatiin (h. 94), nggak (h. 105), pengen (h. 105), dll.

    Lalu karakter-karakter serta plotnya. Uh, kentang. Saya jujur tidak merasakan ada chemistry antara Angela dengan Sandi dan Azka. Makanya pas melihat romannya mereka, saya merasa biasa aja. Tidak larut dalam hubungan yang terjadi.

    Untuk twist plotnya, saya rasa cukup baik karena memberi warna yang lain untuk novel ini. Saya juga merasa kalau ide twist ini adalah bagian terkuat dari novel ini. Tapi, sekali lagi, kentang. Kalau saja ada lebih banyak build up untuk bagian itu, saya yakin efeknya akan lebih dahsyat. Sayangnya, ceritanya terkesan buru-buru untuk selesai, sehingga efek kejutannya kurang terasa.

    Secara keseluruhan, Angela adalah novel cinta yang ringan dengan gaya bahasa yang sederhana. Ceritanya tampak memiliki ide yang menarik. Sayang eksekusinya masih kurang memuaskan untukku.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 Young Adult Reading Challenge
    - 2015 New Authors Reading Challenge
    - 2015 Lucky No. 15 Reading Challenge
    - 2015 100 Days of Asian Reads Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 1 comments :

    1. Dah said...

      Wah ternyata kita sependapat, Kak Biondy.

      Sayang banget emang novel ini padahal punya twist yang beda dan unik tapi eksekusinya masih sangat-sangat kurang. :/

    Post a Comment