Rss Feed
  1. Ahli bahasa Indonesia Jusuf Sjarif Badudu, atau yang lebih akrab dikenal sebagai J. S. Badudu telah berpulang pada 12 Maret 2016, tujuh hari sebelum ulang tahunnya yang ke-90.
     
    J. S. Badudu dikenal sebagai pengajar dan ahli di bidang bahasa Indonesia. Selama hidupnya, J. S. Badudu telah menghasilkan beberapa buku, seperti "Pelik-Pelik Bahasa Indonesia", "Inilah Bahasa Indonesia yang Benar", hingga "Kamus Umum Bahasa Indonesia".


    Menurut Ananda Badudu, cucu dari J. S. Badudu, sang ahli bahasa itu berpulang karena komplikasi penyakit yang dideritanya. Mengutip Ananda lewat Instagramnya, "Sekitar sepuluh tahun belakangan, ia sudah beberapa kali diserang stroke ringan maupun berat yang mengakibatkan kondisi fisiknya semakin lama semakin menurun."

    Jenazah J. S. Badudu dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung. Menurut tulisan yang diterbitkan Jawa Pos edisi Senin, 14 Maret 2016, pemakaman dilakukan secara militer dengan diusung pasukan TNI dari Korps Zipur yang dipimpin Inspektur Upacara Mayor CZI Dede Syarifudin.

    Sebagai bentuk penghormatan, Universitas Padjajaran, tempat J. S. Badudu mengabdi selama 42 tahun, akan menamai salah satu gedung Unpad di Jatinangor yang sedang dibangun dengan nama beliau.

    Saya ingat pernah membaca buku beliau yang berjudul "Inilah Bahasa Indonesia yang Benar" waktu menyusun skripsi S-1. Iya, jurusan saya memang bukan bahasa, tapi penulisan skripsinya kan menggunakan bahasa Indonesia. Bukunya sarat pengetahuan dan penjelasannya mudah dimengerti. Sangat saya rekomendasikan untuk dibaca. 

    J. S. Badudu. Sumber foto: Wikipedia

  2. 2 comments :

    1. Selamat jalan pahlawan..

    2. Saya cuma sering baca nama beliau dari buku Bahasa Indonesia, tapi sama sekali nggak tahu profil beliau... Selamat jalan, semoga tenang di sisi Tuhan.

    Post a Comment