Rss Feed
  1. Pada 13 April 2016 yang lalu, situs The Man Booker Prize mengumumkan daftar pendek untuk nominasi The Man Booker International Prize 2016-nya. Sebanyak enam karya fiksi yang diterjemahkan ke bahasa Inggris maju ke putaran akhir penghargaan ini. Sebelumnya, pada Maret yang lalu, daftar panjangnya telah dirilis dan melibatkan 13 buku, termasuk novel 'Man Tiger' karya Eka Kurniawan.


    Daftar pendek nominasi The Man Booker International Prize 2016:
    1. Elena Ferrante (Italy). Penerjemah: Ann Goldstein, "The Story of the Lost Child" (Europa Editions)
    2. Han Kang (South Korea). Penerjemah: Deborah Smith, "The Vegetarian" (Portobello Books)
    3. José Eduardo Agualusa (Angola). Penerjemah: Daniel Hahn, "A General Theory of Oblivion" (Harvill Secker)
    4. Orhan Pamuk (Turkey). Penerjemah: Ekin Oklap, "A Strangeness in My Mind" (Faber & Faber)
    5. Robert Seethaler (Austria). Penerjemah: Charlotte Collins, "A Whole Life" (Picador)
    6. Yan Lianke (China). Penerjemah: Carlos Rojas, "The Four Books" (Chatto & Windus)

    Dari daftar di atas, hanya Yan Lianke saja yang sudah pernah memperoleh nominasi Man Booker International Prize. Yan Lianke memperoleh nominasi tersebut pada tahun 2013. Sementara itu, kelima nama lainnya adalah debutan pada penghargaan ini.

    Dari enam buku itu, saya paling tertarik dengan 'The Vegetarian'  yang bercerita tentang Yeong-hye, seorang wanita yang memutuskan untuk menjadi vegetarian setelah suatu peristiwa dramatis terjadi dalam hidupnya. Perubahan yang Yeong-hye lakukan membawa perubahan besar bagi dirinya dan orang-orang sekitarnya.

    Kalau di Goodreads, blurb-nya seperti ini:

    Before the nightmare, Yeong-hye and her husband lived an ordinary life. But when splintering, blood-soaked images start haunting her thoughts, Yeong-hye decides to purge her mind and renounce eating meat. In a country where societal mores are strictly obeyed, Yeong-hye's decision to embrace a more “plant-like” existence is a shocking act of subversion. And as her passive rebellion manifests in ever more extreme and frightening forms, scandal, abuse, and estrangement begin to send Yeong-hye spiraling deep into the spaces of her fantasy. In a complete metamorphosis of both mind and body, her now dangerous endeavor will take Yeong-hye—impossibly, ecstatically, tragically—far from her once-known self altogether.

    A disturbing, yet beautifully composed narrative told in three parts, The Vegetarian is an allegorical novel about modern day South Korea, but also a story of obsession, choice, and our faltering attempts to understand others, from one imprisoned body to another.

    Pengumuman pemenang The Man Booker International Prize 2016 akan dilakukan pada 16 Mei 2016. Pemenang akan memperoleh uang hadiah sebesar  £50,000 yang akan dibagi untuk penulis dan penerjemah.

     

     


  2. 1 comments :

    1. jadi penasaran pengin baca semua! semoga cepet diterjemahkan ke Indonesia :D

    Post a Comment