Rss Feed
  1. "Hah? 'Books and Beyond' sekarang ada di Surabaya?"

    Itu adalah reaksi yang saya berikan waktu mendengar kabar ini di acara kumpul bareng BBI Surabaya, Klub Buku Surabaya, dan Goodreads Surabaya. Saya kebetulan pernah mendengar nama toko buku impor ini beberapa kali, bahkan pernah rebutan pas promo buku murah di situs mereka (satu buku bisa cuma ribuan rupiah, loh. Sayang saya tidak pernah dapat). Setelah saya cek di situsnya, ternyata toko 'Books & Beyond' ini memang sudah masuk di Surabaya. Saya penasaran. Pengin lihat toko buku mereka seperti apa.

    Logo dari situs resmi 'Books & Beyond' 

    Toko buku mereka terdapat di dua mal di Surabaya, 'Marvell City Mall' dan 'Supermall Pakuwon Indah'. Karena 'Marvell City' letaknya lebih dekat, maka mal itu menjadi tempat tujuan pertama saya.


    Sekilas tentang 'Marvell City', saya sempat kaget juga waktu lihat bangunannya. Soalnya mereka berdiri di salah satu proyek pembangunan di Ngagel yang sempat terhenti lama. Waktu pertama pindah ke Surabaya, sekitar 2008, bangunan bertingkat memang sudah berdiri di sana, tapi kondisinya seperti ditinggalkan dan memang butuh waktu bertahun-tahun sebelum akhirnya tempat itu kembali terlihat aktivitasnya.

    Sampai di 'Marvell', saya memutuskan untuk tidak langsung ke 'B&B'. Berhubung kali itu juga merupakan kunjungan pertama saya ke mal tersebut, jadilah saya putar-putar dulu. Di sana ternyata ada beberapa tempat yang sudah ada di kota lain, tapi baru pertama ada di Surabaya, seperti: 'Lotte Mart' (yang sebenarnya sudah ada di Sidoarjo) dan bioskop 'CGV Blitz'.

    Acara keliling-keliling itu juga membawa saya ke sebuah toko buku. Bukan 'B&B', tapi Toko Buku 'Karisma'.

    Penampakan depan TB 'Karisma'

    Kebanyakan yang dijual di sini adalah peralatan tulis dan kebutuhan kantor. Buku-bukunya, kalau saya lihat, mungkin tidak begitu kekinian kalau dibandingkan beberapa toko lain yang sering saya kunjungi, tapi di Karisma ini, saya sempat membeli satu buku.

    Setelah puas di 'Karisma', saya memutuskan untuk turun ke bawah. Saya bingung karena tidak berhasil menemukan 'Books & Beyond' yang jadi incaran saya. Akhirnya saya bertanya pada bagian informasi.

    "Mbak, 'Books & Beyond' di sebelah mana, ya?"

    Sang Mbak cantik bagian informasi, dengan kalem, menunjuk ke belakang saya dan berkata, "Di sana, Mas."

    Buset. Ternyata saya sudah memunggungi toko yang saya cari-cari :').

    Penampakan depan 'B&B'

    Kalau dilihat dari segi plakat, nama 'Maxx Coffee' memang terlihat lebih dominan. Ini wajar, karena ternyata kafe itu dan 'Books & Beyond' berada di tempat yang sama. Kamu lihat plakat 'B&B'? Nah, sepanjang itulah toko bukunya. Sisanya adalah kafe.

    Begitu masuk, saya langsung menghirup aroma kopi yang kuat. Terlihat ada beberapa orang yang sedang kongkow, serta para barista yang sibuk bekerja. Berhubung saya masuknya merapat ke toko bukunya, saya disambut oleh salah satu pegawai 'B&B'.

    Buku-bukunya kalau saya lihat cukup up to date. Yang saya ingat itu, ada 'The Martian' (review), buku bantalnya Donna Tart alias 'The Goldfinch' (review), dan bukunya Pewdiepie, 'This Book Loves You'. Ada juga beberapa mainan yang dijual di sana

    'This Book Loves You' - Pewdiepie

    Sayangnya, saya tidak menemukan buku yang menggugah selera. Akhirnya saya keluar dari toko dengan tangan kosong dan pergi ke toko donat di dekat sana. Di tempat nongkrong itu, saya duduk sambil membaca dan menikmati semangkuk yoghurt.

    Buku yang dibeli di 'Karisma' & yoghurt granola.

    Selesai.

    Loh, sudah? Gitu doang? Katanya mencari 'Books & Beyond', tapi kok malah kesannya promo toko buku lain?

    Yee, sabar Masbro & Mbaksis. Namanya juga orang jalan-jalan. Kadang apa yang direncakan dan apa yang terjadi, kan, beda.

    Perjalanan mencari 'Books & Beyond' saya belum selesai, kok. Masih ada satu toko lagi yang akan saya kunjungi. Tunggu bagian selanjutnya, ya.

    Edit: baca bagian duanya di sini.

  2. 5 comments :

    1. Di Malang ada juga nggak, ya? XD

    2. Biondy said...

      @Selvia: kalau lihat di situsnya, kayaknya belum ada. Semoga ada ke depannya :))

    3. Waah, enak ya di Surabaya berpotensi banyak toko buku, secara Surabaya kan kota gede hehehe, kalau di kota saya masih ada 1 toko buku yang ada buku fiksinya, toko buku sisanya adalah toko buku khusus buku pelajaran dan ATK saja. Nama toko buku yang ada buku fiksinya adalah Togamas, toko buku kesayangan, karena cuma satu dan satu-satunya hehe, banyak diskonnya pula. Untuk Books & Beyond, aku pernah denger dari temenku, dia sempet bilang kalau dia ngajak aku untuk pergi ke Surabaya buat menjelajahi toko buku di sana, terutama Books & Beyond, eh ternyata ada yang udah jalan-jalan ke sana. Mungkin kurang ditambahi gambar tentang keadaan atau suasana di dalam itu gimana, aku jadi penasaran

    4. malah baru tau, kira-kira di Jogja sudah ada belum ya...
      coba searching dulu lah :)

    5. Pelayanan di books & beyond sangat2 mengecewakan. Saya beli 2 buku; 1 ebook 1 buku biasa. Saya tunggu 1.5 bulan dan saya kaget ternyata buku yg saya pesan sama dengan e-book. Saya protes kok begini. Tdk ada orng yg beli 2 buku yg sama. Tpi pegawai books&beyond yang melakukan transaksi pada saat itu berbohong dan malah menyalahkan saya. Sungguha mengecewakan. Saya tidak akan pernah lagi beli buku d sana.

    Post a Comment