Rss Feed
  1. The Tokyo Zodiac Murders - Pembunuhan Zodiak TokyoThe Tokyo Zodiac Murders - Pembunuhan Zodiak Tokyo by Sōji Shimada
    My rating: 3 of 5 stars

    Fuh, akhirnya selesai baca Tokyo Zodiac Murder juga. Sebenarnya beli bukunya sendiri sudah lama. Mungkin sudah dari bulan Agustus, tapi baru bacanya bulan Oktober. Yeah, pelan tapi pasti tumpukan buku yang saya beli mulai berkurang.

    Ceritanya sendiri mengenai sebuah kasus pembunuhan yang dikenal dengan nama Pembunuhan Zodiak Tokyo. Kiyoshi Mitarai, seorang detektif, bersama dengan sahabatnya, Kazumi Ishioka, memperoleh petunjuk baru akan kasus ini. Menerima tantangan dari seorang anggota kepolisian, mereka berdua berusaha memecahkan kasus pembunuhan misterius selama 40 tahun hanya dalam waktu 1 minggu.

    Secara karakter, bisa kubilang ini kisah detektif konvensional. Si detektif jenius dengan kepribadian eksentrik dan si sidekick yang terlihat lebih rajin untuk memecahkan kasus dan merupakan tokoh penghubung antara kasus yang terjadi dengan pembaca. Yeah, klasik.

    Sebenarnya cara penceritaannya cukup baik buat saya. Bukan tipikal gaya bercerita "tell" seperti kebanyakan novel Jepang yang saya baca. Trik pembunuhannya juga oke. Penjelasannya juga bisa dipercaya. Masalahnya hanya satu. Saya kena spoiler pas baca novel ini. Dua kali!

    Btw ke bawah ini mungkin mengandung spoiler, jadi silahkan baca dengan risiko ditanggung sendiri.

    Ketika mulai membaca novel ini, saya sebenarnya sudah kepikiran sama suatu cerita detektif lainnya yang kasusnya mengadopsi cara membunuh yang serupa. Pas saya tidak sengaja baca reviewnya Mbak Primadonna Angela tentang novel ini, saya memperoleh satu kata kunci yang langsung menguatkan dugaan saya tentang cerita dan trik yang dipakai di sini.

    Dugaan ini semakin kuat ketika saya posting di FB tentang buku ini dan dibalas salah seorang teman saya dengan: "Saya sudah selesai baca. Triknya sama dengan anu."

    Beh, 100% yakin deh sama apa yang akan terjadi. Tapi, yah, tanpa 2 spoiler ini pun saya sudah ada feeling sih...

    Lumayanlah. Tiga bintang untuk novel yang (tampaknya) menjadi inspirasi cerita detektif yang saya bilang mirip dengan buku ini.

    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment