Rss Feed
  1. Yeey. Ini dia, countdown tentang buku-buku yang saya baca sepanjang 2012. Kali ini saya ikut serta acara countdownnya Fanda ClassicLit tentang top five book girl friends. Yang penasaran itu apaan, bisa cek di link yang saya kasih (di nama blognya).

    Untuk kali ini, peraturannya:

    From all the books you have read throughout the year, rank five male characters (if you are female) or top five female characters (if you are male) you love the most. Tell us the reason, and it would be great if you use images to describe them (if the book has been made into movie, you can share photo(s) of the best actors/actresses to perform them).

    Berhubung aturannya adalah pilih tokoh wanita yang saya sukai dalam buku, berarti saya gak harus milih karakter yang ingin saya jadikan pacar/pasangan kan? :D

    Here you go. My "girlfriends" list:

    5. Dewi Hestia (Percy Jackson: Dewi Olympia Terakhir) - Rick Riordan
    Saya yakin ini bukan pilihan yang umum. I mean, kalau bicara soal tokoh cewek favorit dari serial Percy Jackson, mungkin Annabeth adalah pilihan nomor 1. Tapi buat saya, Dewi Hestia adalah tokoh wanita paling menarik di serial ini.

    Hestia mungkin salah satu dewi yang "terlupakan", padahal dia memegang peranan yang cukup penting, sebagai penjaga api dan merupakan dewi Olympia terakhir. Saya suka pada fakta bahwa dia menyerahkan kursinya sebagai salah satu dari 12 dewa utama kepada Dionysus untuk menghindari pertengkaran.

    Saya suka dengan sikapnya yang tenang, tapi sebenarnya memainkan peranan penting. Suka pada sikapnya yang sadar bahwa dia memegang peranan penting serta tidak merasa perlu untuk menggembar-gemborkannya.

    If this was a movie
    Kalau ini film, kira-kira Dewi Hestia cocok diperankan siapa yah? Berhubung di sini dia digambarkan sebagai seorang anak gadis 8 tahun, jadi saya carinya aktris anak-anak dalam rentang usia segitu.

    Dalam bayangan saya dia seorang gadis bertampang innocent dengan mata yang gelap dan sedikit misterius serta rambut panjang agak bergelombang. Setelah browsing sana-sini, pilihan saya jatuh ke dua orang. Nikki Hahn dan Mackenzie Brooke Smith. 
    Nikki Hahn

    Mackenzie Brooke Smith
    Ngg, kalau dari foto di atas sih, saya rasa Mackenzie Brooke Smith lebih dapat imagenya Hestia dalam kepalaku sih. Kurang rambut bergelombang aja. Ada calon yang lain? :D

    4. Katniss Everdeen (Trilogi Hunger Games) - Suzanne Collins
    Saya tidak tahu apakah Katniss masuk dalam kategori "basi" untuk list semacam ini atau tidak, but to be honest, dia salah satu gadis favoritku dalam list buku yang kubaca sepanjang 2012 (dalam kasus ini, "Mockingjay").

    Pada dasarnya saya suka dengan gadis yang agak tomboy. Khususnya yang digambarkan sebagai tokoh "badass/female fatale" dalam cerita. Dan Katniss termasuk salah satu di antaranya.

    If this was a movie
    Wait, ini emang udah ada filmnya. Kalau di film, Katniss dimainkan oleh Jennifer Lawrence dan saya tidak punya keberatan soal itu.

    Jennifer Lawrence sebagai Katniss Everdeen.

    3. Ashca Shela Lavanya (Tetralogi Ther Melian) - Shienny M. S.
    Sang putri dari kerajaan Lavanya. Sang putri dengan kemampuan alkemis. Sang putri yang agak "boros" sebenarnya, berhubung doi suka pakai perhiasan sebagai tempat cairan alkimianya yang dia pakai bertarung =_="

    Ashca adalah salah satu karakter yang sejak pertama muncul sudah menarik perhatian saya. Koreksi, sejak dia pertama bertarung. Saya suka melihat ketangguhannya ketika dia pertama kali bertarung dengan Valadin dkk (di buku ke-2, yang "Chronicle" kalau gak salah.) That's what a princess do. Fight for her life and her kingdom if needed.

    If this was a movie
    Saya bingung. Jujur saya bingung tokoh ini harus diperankan oleh siapa. Sebagai gantinya saya kasih ilustrasi Putri Ashca yang dibuat oleh pengarang serial ini, Shienny M. S., saja yah :D
    Ilustrasi Ashca. Sumber Goodreads

    2. Heidi (Heidi) - Johanna Spyri
    Runner-up kali ini jatuh pada tokoh Heidi, gadis yang menjadi tokoh utama dari novel karangan Johanna Spyri. Saya suka dengan karakternya yang bebas dan polos. Saya juga suka persahabatannya dengan orang-orang di sekitarnya, khususnya dengan Clara dan Peter.

    Untuk seluruh keimutannya itu, Heidi saya tempatkan di posisi kedua list ini.

    If this was a movie
    Heidi sendiri memiliki banyak film. Hanya saja kebanyakan dalam bentuk kartun. Live action terbaru dibuat tahun 2005 dengan Emma Bolger sebagai tokoh utama. Hmm... Gak terlalu jelek sih. Imejnya lumayan dapat, walau saya lebih kebayang wajah Connie Talbot zaman dia di Britain's Got Talent dulu sih.

    Emma Bolger

    Connie Talbot dan gigi ompongnya :D Tapi doi udah gak ompong lagi sekarang :)

    1. Nyai Ontosoroh (Tetralogi Pulau Buru) - Pramoedya Ananta Toer
    Salah satu tokoh wanita yang terpopuler dalam ranah literatur Indonesia. Sanikem, atau yang lebih dikenal sebagai Nyai Ontosoroh, merupakan salah satu tokoh utama wanita dalam Tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer.

    Posisinya sebagai "Nyai", atau yang dikenal sebagai "selir"/istri simpanan pada masa Hindia Belanda membuatnya dipandang rendah. Walau begitu, Nyai Ontosoroh merupakan seorang wanita yang maju pada zamannya. Posisinya sebagai wanita (yang pada zaman itu tidak diperbolehkan untuk sekolah) tidak menghalanginya untuk belajar membaca dan menulis. Dia bahkan menguasai bahasa Belanda, sesuatu yang jarang khususnya bagi wanita pribumi pada masa itu. Baginya, untuk mengangkat statusnya saat itu, pendidikan adalah jawaban.

    Selain itu Nyai Ontosoroh adalah pengurus serta acting director bagi perusahaan suaminya. Sementara suaminya sendiri entah di mana, tidak lagi mengurusi usahanya.

    Saya suka pada keteguhan Nyai Ontosoroh dalam menghadapi posisinya sebagai wanita, seorang nyai, dan seorang pribumi pada masa penjajahan. Dalam semua tekanan yang dia hadapi, dia mampu tetap berdiri tegar dan melawan semuanya dengan kepercayaan diri.

    If this was a movie
    Sebenarnya "Bumi Manusia", buku pertama dari Tetralogi Buru, sudah cukup lama ingin dibuat. Kalau tidak salah pada 2010 Mira Lesmana sudah memulai persiapannya, hanya saja kelihatannya proyek itu tersendat masalah dana. Yah, semoga sih akan diteruskan.

    Untuk castnya, saya agak bingung. Masalahnya saya lupa berapa usia si Nyai ini. Kayaknya sih belum terlalu tua, tapi saya sendiri kurang yakin =_="

    Jadi... Saya mengajukan 2 orang yang saya rasa cocok. Mereka adalah Widyawati, kalau Nyai Ontosoroh agak lebih tua, dan Rieke Dyah Pitaloka, kalau Nyai Ontosoroh lebih muda.

    Widyawati
    Rieke Dyah Pitaloka
    Well, saya agak buta untuk bintang film sih sebenarnya XD. Jadi kalau mau kasih masukan, silahkan.

    Fiuh, post yang panjang. Itulah lima wanita/gadis yang paling menarik dari buku-buku yang saya baca selama 2012. Siapa favoritmu?

  2. 9 comments :

    1. Such an honor that my humble character stand along side with those amazing ladies.

      thank you Biondy :)

    2. Biondy said...

      sama2. thanks for stopping by :)

    3. Fanda said...

      Wah...ada Heidi nih, jarang2 orang masukin tokoh yg masih anak2 atau remaja. Tapi karakter memang melekat pada seseorang biarpun masih kecil ya?

    4. Biondy said...

      @Fanda: halo, Mbak. thanks for stopping by :D
      berhubung gk harus milih karakter yg mau dijadikan pasangan sih, jadi saya bisa milih Heidi :p

      iya, tokohnya memang menarik. ceritanya juga memorable. deskripsi pemandangan Pegunungan Alpennya juga bagus :)

    5. Tadinya kupikir Mackenzie yg dimaksud itu yg jadi Renesmee di Breaking Dawn. Beda ya ternyata?

    6. Biondy said...

      hmm... *googling

      bukan, itu Mackenzie Foy. etapi, kayaknya waktu milih cast, si Mackenzie Foy sempat masuk nominasiku sih XD

    7. wih ada Ashca dari seri Ther Melian, ak suka sama Valadin :))

    8. Biondy said...

      wah, ada yg suka TM juga :)

    9. Tika said...

      Aku juga suka banget sama Dewi Hestia... >v<

    Post a Comment