Rss Feed
  1. Ini dia, bagian pamungkas dari rangkaian acara Fanda ClassicLit. Setelah sebelumnya saya ngepost soal top five book girfiends dan top five best book covers, kali ini saya akan memberikan daftar lima buku terfavorit yang saya baca sepanjang 2012.



    Here we go:

    5. Weird Things Customers Say in Bookshops - Jen Campbell


    Salah satu buku yang bisa dengan bangga saya proklamirkan sebagai "I-read-it-first" sebelum dia nge-hype setelah masuk nominasi Goodreads Choice Awards. Dapat buku bertanda tangannya setelah menang giveaway di Goodreads XD

    Bukunya lucu dan bener-bener mind blowing. Ada banyak banget hal-hal yang terkesan absent minded yang para pengunjung katakan, sampai-sampai si pegawai tokonya bingung mau jawab apa. Coba baca deh. Jaminan ngakak.

    4. The Master of Go (名人 - Meijin) - Yasunari Kawabata


    Aslinya bukan kover yang ini sih. Cuma gak nemu kover yang saya baca.

    Salah satu buku yang lamaaaa banget saya nyarinya (walau belum dapat menyaingi waktu pencarian saya untuk novel Widuri). Pernah nemu buku ini di bandara beberapa tahun lalu. Sayangnya waktu itu harganya relatif mahal dan saya gak bawa uang :'(
    Barulah awal tahun ini saya nemu buku ini setelah mesan di Periplus. Pas harganya diskon lagi :D

    Alasan suka sih, mungkin lebih karena saya sendiri memang hobi main igo. Bukan berarti penulisannya pas-pasan loh ya. Penulisannya bagus dan Kawabata dengan apik membuat karya semi-sejarah yang menceritakan pertarungan yang mengawali babak baru di dunia igo.

    3. Aku Ini Binatang Jalang - Chairil Anwar


    Nggak tahu kenapa foto yang ukuran besarnya gak mau muncul di Goodreads >w<

    Hayo ngaku siapa yang gak tahu sama Bang Chairil Anwar? Rasanya dari SD kita sudah berkenalan sama penyair satu ini di kelas Bahasa Indonesia. Dan setelah membaca puisi-puisinya yang bertebaran di kelas bahasa, saya akhirnya baca juga buku kumpulan puisinya tahun ini :))

    Suka sama puisi-puisinya di sini dan juga suka sama eseinya Sapardi Djoko Damono yang memberi insight tentang kehidupan Chairil Anwar dan makna puisi-puisinya. Sangat membantu bagi saya yang awam soal puisi :D

    2. On Writing - Stephen King


    Salah satu buku memoar yang paling terkenal, khususnya di antara penulis atau calon penulis (atau penulis wanna-be?). 

    Stephen King menampilkan kehidupannya dengan gamblang di sini. Percayalah, hidupnya gak seangker novel-novelnya. Cuma memang terlihat jelas bagaimana dia berjuang hingga sampai di posisinya saat ini. Tips-tips menulis yang dia kasih juga sangat berharga. 

    1. Bumi Manusia + Anak Semua Bangsa - Pramoedya Ananta Toer


    Besar kovernya jomplang banget T_T. Sudahlah.

    Hngg... Karena saya gak bisa milih salah satunya, akhirnya saya putuskan kedua buku ini sebagai juara bersama. 

    Di saat buku dan film "itu" (gak mo sebut merek ah...) disebut-sebut sebagai karya yang "nasionalis", reaksi saya cuma, "Meh. Mau yang nasionalis? Baca yang ini.". Yeah, buku ini memang nasionalis dalam caranya sendiri.

    Saya setuju dengan apa yang dipaparkan lewat "Anak Semua Bangsa", yang kalau bisa saya simpulkan, yang namanya nasionalis itu bukan "cinta buta" pada bangsa sendiri, tapi belajar dari dunia dan memberi kontribusi bagi bangsa kita.

    Selain itu saya juga suka sama karakter-karakternya. Khususnya Nyai Ontosoroh, yang memang jadi jawara di daftar "girlfriends" of the year saya.

    Nah, itu top 5 books yang saya baca sepanjang 2012. Bagaimana denganmu?


  2. 4 comments :

    1. Fanda said...

      Waah...mupeng On Writing-nya Stephen King! Aku pernah baca memoir-nya Sidney Sheldon, On The other Side kalo gaks alah judulnya. Lumayan menghibur sekaligus menginspirasi.

    2. Biondy said...

      bagus loh bukunya. baca deh XD *manas2in

      kalau bukunya Om Sidney itu masuk to read saya thn 2013. buat reading challenge "Nerdy Non-Fiction".

    3. Wuaaa...aku udah lama nimbun The Master of Go. Masih maju mundur bacanya karena dalam bahasa jepun. Bagus ya? Hmmm.... *menatap mupeng ke buku ybs*

    4. Biondy said...

      wih, keren O_o baca yg bhs Jepang. bukunya bagus kok/ lanjutin bacanya deh :D

    Post a Comment