Rss Feed
  1. Show Your Work!: 10 Ways to Share Your Creativity and Get DiscoveredShow Your Work!: 10 Ways to Share Your Creativity and Get Discovered by Austin Kleon
    My rating: 4 of 5 stars

    Judul: Show Your Work!: 10 Ways to Share Your Creativity and Get Discovered
    Penulis: Austin Kleon
    Penerbit: Noura Books
    Halaman: 216 halaman
    Terbitan: November 2014

    Kata Edgar Allan Poe, sebagian besar penulis takut jika proses berkaryanya diketahui orang lain. Sementara itu, Pablo Picasso kerap membuat orang yang berkomunikasi dengannya justru kehilangan energi dan motivasi berkarya. Ya, keduanya memang maestro legendaris, tapi sekarang bukan saatnya lagi berkarya ala mereka. Bukan juga zamannya Mozart sang genius musik. Ini eranya kamu, siapa pun kamu, bisa berkarya! Lalu, apa kuncinya? Tunjukkan saja.

    Di zaman keterbukaan ini, semua orang punya kesempatan sama untuk jadi hebat. Jangan sembunyikan proses kreatifmu. Undang orang-orang untuk melihatnya. Jangan khawatir kritik, karena itu bahan pelajaran buatmu. Ide yang menurutmu tidak menarik, siapa tahu luar biasa bagi orang lain. Lebih dari itu, karyamu juga bisa menginspirasi orang lain.

    Jadi, tunggu apa lagi? Tak perlu ragu atau malu. Berbagi karya membuatmu kaya!

    Review

    "Sekuel" dari Steal Like an Artist: 10 Things Nobody Told You About Being Creative (review di sini). Kalau di "Steal Like an Artist" lebih fokus pada proses kreatif pembuatan karya seni, "Show Your Work!" lebih berfokus pada apa yang kita lakukan sesudahnya.

    Dari judulnya saja sudah jelas terlihat, kan? Setelah membuat karya seni, tentu kita harus membagikannya.

    Di buku ini Kleon menekankan pentingnya menggunakan internet sebagai media untuk membagi karya kita. Bukan hanya hasil akhir karya itu yang kita bagikan, tapi juga proses pembuatannya. Kleon menekankan bahwa kita tidak perlu takut untuk memperlihatkan "dapur" kita, karena kita toh tidak akan kehilangan apa-apa. Orang justru akan lebih tertarik untuk melirik karya kita, karena mereka bukan hanya tahu produknya, tapi juga kreativitas di belakangnya. Tapi, tentu saja, kita harus menyaring yang mana yang baik dan berguna untuk dibagikan.
    Dalam dunia kerja kreatif, perbedaan antara jelek dan bagus sangat luas. Penilaian sebuah karya tidak berasal dari ukuran-ukuran yang sempit dan absolut. Kalau pun karyamu belum terlalu bagus, selalu ada kesempatan untuk berlatih. (hal. 16).

    So, show your work!


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment