Rss Feed
  1. The Jungle BookThe Jungle Book by Rudyard Kipling
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: The Jungle Book
    Penulis: Rudyard Kipling
    Penerbit: Penerbit Atria
    Halaman: 246 halaman
    Terbitan: Oktober 2011

    Bukit Batuan gempar! Mama dan Papa Serigala mengajukan seorang anak manusia untuk diasuh oleh mereka. Meskipun dengan berbagai pertentangan, Akela sang Pemimpin Serigala mengizinkannya, dengan jaminan sebuah lembu dari Bagheera, sang Macan Kumbang Hitam, dan pembelaan si Beruang Hitam Baloo, guru dari semua anak-anak serigala.

    Namun Shere Khan, si Harimau Pincang tidak setuju karena anak manusia itu adalah buruannya. Itulah sebabnya, Mowgli si Katak, nama anak manusia itu, harus terus belajar agar ia berhasil bertahan hidup dan mengalahkan Shere Khan.

    Tetapi, saat sebagian besar kawanan serigala mengusirnya, dapatkah Mowgli bertahan sendirian?

    Review

    Kita ini satu darah, kau dan aku. -- Kata Pamungkas Rimba.

    Beli buku ini dengan harga super murah dari Mbak Tammy.

    Bagi banyak orang, termasuk saya, "The Jungle Book" identik dengan Mowgli, Baloo, Bagheera, dan kehidupan di hutan yang digambarkan versi Disney tahun 1967-nya. Tapi ternyata versi buku "The Jungle Book" tidak sepenuhnya bercerita tentang Mowgli dkk. Kisah Mowgli diceritakan dalam beberapa cerita pendek, lalu ada lagi beberapa cerita lainnya tentang binatang yang membentuk keseluruhan buku ini.

    Kisah Mowgli sendiri berbeda dari filmnya. Perbedaan yang paling mencolok ada di Kaa, si ular, yang digambarkan sebagai tokoh jahat di film, tapi di sini justru membantu Baloo dan Bagheera untuk merebut kembali Mowgli dari para kera.

    Jujur saya lebih menikmati versi cerpennya daripada versi filmnya. Mowgli di film digambarkan sebagai sosok yang naif dan carefree, sedangkan di versi cerpen, dia tampak sedikit lebih dewasa. Mungkin karena di film dia diceritakan baru kemudian bertemu Baloo, sedangkan di buku, Baloo sudah menjadi gurunya Mowgli. Dan akhir cerita versi aslinya jauh lebih berkesan daripada versi filmnya. Plus bagi versi filmnya ada di lagu-lagunya, khususnya lagu "Bare Necessities" yang lucu ^^.

    Cerpen-cerpen lainnya, seperti tentang seekor anjing laut putih yang mencari rumah baru bagi kawanannya, seekor mangoose yang melawan sepasang kobra, dan tentang seorang anak yang menyaksikan tarian gajah juga menarik untuk diikuti. Yang jadi favoritku adalah kisah Kotick, si anjing laut albino, yang mencari tempat tinggal baru untuk para anjing laut demi menghindarkan mereka dari para pemburu.

    Secara keseluruhan, sebuah buku tentang alam dengan kisah-kisah yang menarik dan menghibur.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 Lucky No. 15 Reading Challenge
    - 2015 New Authors Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 1 comments :

    1. Dasarnya saya penyuka film-film kartun, film The Jungle Book juga salah satunya yang saya liat berkali-kali. Karena pendapat kamu yang menyebutkan lebih keren bukunya, jadi penasaran seberapa bagus ceritanya. kan nggak adil kalau saya bilang bagus hanya untuk filmnya, sementara film itu sendiri diangkat dari cerita buku, hehe

    Post a Comment