Rss Feed
  1. The Devil in Black JeansThe Devil in Black Jeans by aliaZalea
    My rating: 2 of 5 stars

    Judul: The Devil in Black Jeans
    Penulis: aliaZalea
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Halaman: 352 halaman
    Terbitan: Januari 2013

    Dara betul-betul mencintai pekerjaannya sebagai personal assistant para artis, sampai dia bekerja untuk Blu, penyanyi opera Indonesia berumur lima belas tahun. Masalahnya bukan pada Blu, tapi kakaknya, yaitu Johan Brawijaya, drummer paling ganteng se-Indonesia yang superprotektif kepada adiknya dan membuat Dara ingin mencekiknya setiap kali bertemu.

    Sebagai drummer kawakan Indonesia dengan wajah di atas rata-rata dan masih single, Jo mencintai kebebasannya untuk melakukan apa saja yang dia mau. Kebebasan ini punah dengan kedatangan adiknya di rumahnya. Seakan itu belum cukup parah, kini seorang PA artis yang sok tahu, super menyebalkan, berbentuk Dara, muncul dan mulai mengatur kehidupannya.

    Satu-satunya hal yang membuat mereka berdua bisa saling bertoleransi adalah karena Blu. Atau itulah yang mereka pikir hingga ciuman itu terjadi. Satu ciuman yang membuat keduanya berpikir dua kali tentang perasaan mereka terhadap satu sama lain.

    Review

    I don't know. I feel like I kinda "get" this novel, but then... not really....

    Ini novel kedua aliaZalea yang saya baca. Sebelumnya sudah pernah baca Celebrity Wedding dan terhibur dengan novel itu. Gaya penulisan novel ini juga mirip dengan Celebrity Wedding dan masih tetap menghibur untukku, tapi dari segi cerita... kayaknya nggak deh.

    Sedikit resep untuk para cowok di luar sana, bagaimana menjadi cowok hot yang digandrungi banyak cewek a la Jo Brawijaya:

    1. Get that frickin' six packs.
    2. Get some tattoos. Karena sekarang cowok bertato sedang sangat in. *lirik dari novel YA sampai dewasa.
    3. Force your way to the woman you like. You're hot, she'll fall for you in the end.
    4. Tambahan: try to sleep with her. Bahkan kalau dia sudah punya tunangan dan akan segera menikah.

    Iya... kedua karakter utamanya saya gak gitu suka.

    Saya ngerti sih, mungkin maksudnya novel ini untuk menunjukkan bahwa setiap wanita berhak mendapatkan yang terbaik bagi dirinya. Tapi, cara penyampaiannya justru terasa meleset untukku.

    Dan entah mengapa, saya juga merasakan sentimen negatif kepada para gays dan trans people dari novel ini. Contohnya si Dara yang langsung nge-judge cowok yang mengajak Blu ke acara tahun baru sebagai gay karena suaranya yang masih tinggi dan cara jalannya yang dibilang mirip Kurt dari Glee (hal. 98). He is still a high schooler, for heaven's sake.

    Terus ada kalimat:

    Tapi dari tatapan ganas para tamu laki-laki yang melewati mereka, Jo tahu kenapa Kayla memilih mengenakan gaun tersebut. Hanya laki-laki homoseksual buta saja yang tidak akan terundang oleh santapan seperti itu. (hal. 146)


    Kurasa laki-laki straight yang buta juga tidak akan terundang oleh santapan seperti itu.

    Ya, mungkin si pengarang mau bilang kalau Kayla, cewek yang ngebet banget dengan Jo, itu super seksi. Bahkan mungkin, saking seksinya dia bisa membuat cowok gay yang tidak buta jadi straight. Tapi kalimatnya bikin saya berhenti lama untuk mikir, ini maksudnya apaan sih?

    Dan soal kalimat yang bikin lama berhenti, ada satu lagi sih:

    Banyak orang mengatakan bahwa naik rollercoaster sudah seperti seks, dengan segala stimulasi fisik dan mentalnya. Karena Jo lebih senang seks jenis vanila dengan hanya satu wanita setiap kalinya, dia yakin dia tidak akan pernah naik rollercoaster jenis apa pun lagi sepanjang hidupnya. (hal. 254)



    Me is a confuzed cat.

    Dan soal trans people, Jo katanya trauma karena diserang fans "banci" sekali dan tidak mau terjadi lagi untuk kedua kalinya. Makanya dia jadi takut dan tidak mau melihat acara para ladyboy di Thailand.

    Sorry, I just don't get the justification. Karena toh dia sudah diserang oleh fans dari berbagai kalangan, tapi tetap sleep around kan.

    Kayaknya saya ketularan Inglish novel ini deh. Sudahlah. Reviewnya sampai di sini saja. Kalau lebih panjang dari ini, nanti dibilang hater lagi. Semoga saya lebih cocok dengan novel lainnya dari aliaZalea.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 Lucky No. 15 Reading Challenge


    View all my reviews


  2. 3 comments :

    1. Aku suka reviewnya... Dan aku juga nggak suka buku ini. Paling nggak sukanya karena perselingkuhan itu. Masa sih bisa-bisanya Dara tidur dengan cowok lain sementara dia berstatus tunangan cowok lain dan bakal segera menikah.

    2. WOW menarik sekali nih novel sampai mengundang pendapat yg 'g enak'. jadi pengen nyari.

    3. Ruri said...

      Ok. Definitely not gonna read this book.

    Post a Comment