Rss Feed
  1. Review Novel: Cheer Boy!! - Ryo Asai

    Saturday, February 14, 2015

    Cheer Boy!!Cheer Boy!! by Ryo Asai
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Cheer Boy!!
    Penulis: Ryo Asai
    Penerbit: Penerbit Haru
    Halaman: 428 halaman
    Terbitan: November 2013

    Haruki cedera. Cowok itu menggunakan cederanya sebagai alasan untuk berhenti dari Judo karena menyadari batas kemampuannya. Padahal Haruki lahir dalam keluarga pejudo dan kakak perempuannya selalu jadi pemenang dalam setiap kejuaraan Judo.

    Kazuma, teman sepermainan Haruki tiba-tiba ikut berhenti Judo dan menyarankan hal gila. Mereka akan membentuk tim cheerleading cowok!! Padahal, olah raga itu kan olah raga cewek!

    Tapi, saat anggota berhasil mereka kumpulkan, ternyata mereka adalah cowok-cowok dengan masalah masing-masing.

    Saat masalah itu saling berbenturan, akankah cheerleading bisa membuat mereka tetap bersatu? Akankah cheerleading bisa menyelesaikan semua masalah?

    Review

    "Cheerleader.... Biasanya cewek yang melakukannya, kan?"

    "Biasanya sih begitu. Tapi tidak ada peraturan yang melarang cowok untuk melakukannya, kan? Kau tahu tidak, tim cheerleader universitas paling terkenal saat ini adalah campuran cowok dan cewek." (hal. 54)


    Sudah lama banget saya pengin baca novel ini. Mungkin sejak terjemahannya pertama kali keluar. Hanya saja, entah kenapa, saya batal beli terus dan akhirnya baru kesampaian pas Mbak Tammy jual buku murah.

    Butuh kesabaran ekstra saat membaca Cheer Boy ini. Cerita dimulai dengan Haruki dan Kazuya, anggota klub judo yang sudah bersahabat lama, yang memutuskan untuk berhenti dari judo dan memulai tim olahraga baru. Ceritanya kemudian berputar pada soal mencari anggota baru, latihan, persiapan untuk tampil di acara kampus, hingga kemudian berkembang menjadi sebuah tim beranggotakan 16 orang, latihan, latihan, latihan, turnamen penyisihan, latihan, latihan, latihan, latihan, saya sudah bilang latihan belum? Lalu turnamen tingkat nasional.

    Iya, novel ini banyak banget adegan latihannya. Ada banyak juga penjelasan dan istilah-istilah yang sifatnya sangat teknis. Buat orang yang tidak terbiasa dengan cheerleading, seperti saya, pasti bakal kagok bacanya.

    Tapi, saya juga sebenarnya suka dengan banyaknya sesi latihan yang ditampilkan. Di sana pembaca bisa melihat perjuangan Breakers, nama tim cheer yang dibentuk Haruki dan Kazuya. Mulai dari latihan teknik, hingga benturan antar anggota serta konflik internal tokoh-tokohnya.

    Bagian favorit saya waktu mereka tampil di pertandingan nasional. Soalnya di sana kelihatan banget hubungan antar karakter, serta kekompakan mereka. Sayang akhir ceritanya ini terkesan terpotong. Saya tidak keberatan kalau ini sedikit dipanjangkan lagi. Mungkin sedikit bagian epilog, gitu.

    Secara keseluruhan, Cheer Boy ini memang murni novel olahraga. Tidak ada soal cecintaan (ada sih, tapi porsinya kecil banget). Yang ada hanya perjuangan Breakers untuk tampil di tingkat nasional, persahabatan, serta konflik pribadi para tokoh utamanya. Disarankan untuk sedikit sabar dalam membaca buku yang memang cukup lambat ini.

    "Dalam turnamen, setiap tim bisa menyajikan penampilan lebih baik daripada latihan selama ini, Itu karena ada tim lain. Bukan sebagai musuh, tapi sebagai kawan bertekad sama. Selama bisa merasakan kesenangan seperti itu saat melakukannya, tak seorang pun yang sanggup berhenti dari olahraga ini." - Pelatih Takagi


    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 New Authors Reading Challenge
    - 2015 Lucky No. 15 Reading Challenge

    View all my reviews

  2. 2 comments :

    1. Jd cowo smacam joged2 gitu

    2. Biondy said...

      hmm... mungkin bisa dibilang begitu :))
      tapi ada banyak teknik yang harus diterapkan dalam joget2 itu.

    Post a Comment