Rss Feed
  1. Review Novel: Corsage - Janta Jaya

    Friday, December 27, 2013

    CorsageCorsage by Janita Jaya
    My rating: 4 of 5 stars

    Judul: Corsage
    Penulis: Janita Jaya
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Halaman: 248 halaman
    Terbitan: November 2006

    Fiffie pusing berat waktu orangtuanya memutuskan mau bercerai. Gila, dunia serasa mau kiamat aja! Untung masih ada teman-teman dekatnya, Winda, Tatha, Ucok, Bagas, Arifin, Ilham, dan Tony---yang sering nongkrong bareng.

    Selain itu, ada setitik hiburan dalam dunia kelam Fiffie: di pesta ultah Tatha, ada cowok yang memberinya corsage mawar merah. Fiffie penasaran banget, siapa sih cowok misterius itu? Kenapa sih cowok itu nggak langsung nembak aja?

    Tak lama setelahnya, Erwin, kakak kelas yang jago basket dan ketua OSIS, mulai mendekati Fiffie. Waduh, apakah dia si cowok misterius? Di lain pihak, teman-teman Fiffie kurang setuju kalau Fiffie jadian dengan Erwin. Terutama Winda, yang selama ini paling dekat dengan Fiffie. Antara teman dan pacar, mana yang mesti Fiffie pilih?

    Review

    Novel ini berhasil melampaui harapan awal saya. Membaca beberapa bab awal novel ini, khususnya bagian prolognya, membuat saya tidak terlalu berharap banyak. Cerita di bagian awalnya kurang menarik dan prolognya itu... saya lewati karena gak tahan baca selembar pertama.

    Bagian awal novel ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari Fiffie, kehidupan pertemanan dan sekolahnya, hingga ketika orang tuanya akan bercerai. Ceritanya baru mulai menarik ketika dia sudah jadian dengan Erwin. Di situ ada penolakan dari teman-temannya, khususnya Winda, sahabat Fiffie. Bagusnya, motif penolakan Winda bukan karena cemburu, tapi ada sesuatu yang lain yang berhubungan dengan masa lalunya dan Erwin (bukan, mereka bukan mantan pacar).

    Setelah itu, satu per satu peristiwa menarik mulai terjadi dan saya semakin tertarik masuk dalam ceritanya. Akhir ceritanya juga memuaskan dengan masalah-masalah yang ada bisa terselesaikan dengan baik.

    Secara keseluruhan, buku ini sangat menarik. Plotnya bagus, serta karakter dan hubungan antar karakternya baik. Hanya saja POV-nya yang kadang tiba-tiba berpindah harus lebih dirapikan lagi. Kadang perpindahannya bikin saya yang baca kagok soalnya.

    Mengingat buku ini ditulis pada saat pengarangnya baru 14 tahun, saya angkat topi untuk Janita Jaya. Sayang, kelihatannya baru 1 ini novel yang dia tulis. Karya lainnya yang terdaftar di Goodreads hanya sebuah kumpulan cerpen.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2013 New Authors Reading Challenge
    - 2013 Indonesian Romance Reading Challenge


    View all my reviews


  2. 0 comments :

    Post a Comment