Rss Feed
  1. Devil's GameDevil's Game by Cerberus Plouton
    My rating: 2 of 5 stars

    Judul: Devil's Game
    Penulis: Cerberus Pluton
    Penerbit: Penerbit Bukune
    Halaman: 220 halaman
    Terbitan: Januari 2015

    “Sadapti adalah permainan setan; jika lima orang membentuk lingkaran, menyalakan lilin, dan bercerita seram, orang keenam akan datang.
    Orang keenam yang tak diundang. Orang keenam yang bukan manusia. Orang keenam yang mendatangkan bencana bagi lima pencerita lainnya—”

    ***
    Bagi Rane, Devina, Rhodeo, Nanda, dan Abhirama semua itu adalah omong kosong. Lima sahabat yang pintar dan logis itu menganggap Sadapti hanyalah permainan untuk menakuti anak kecil, pengisi waktu luang, atau pengusir rasa bosan.
    Namun, kini Rane tidak begitu yakin. Saat satu per satu cerita seram mereka menjelma nyata…, dan nyawa menjadi taruhannya.

    Review

    "Devil's Game" bercerita tentang Rane, Devina, Rhodeo, Nanda, dan Abhirama, lima sekawan di tempat bimbingan belajar yang terkenal karena kelebihan masing-masing. Suatu hari, karena ajakan Devina, mereka berlima memainkan Sadapti, sebuah permainan menceritakan kisah seram, lalu meniup api lilin hingga padam. Awalnya mereka berpikir kalau ini hanyalah sebuah permainan konyol, hingga salah satu dari mereka meninggal dengan cara yang sama dengan cerita horornya.

    Waktu pertama kali novel ini keluar, saya langsung memasukkannya ke daftar baca saya. Waktu itu saya tertarik dengan premisnya, juga karena saya suka dengan "Tujuh Hari di Villa Mencekam" (review di sini) karya penulis. Sayangnya, setelah membaca novel ini, saya agak kecewa.

    Berbeda dengan "Tujuh Hari di Villa Mencekam", atau karya non horor si penulis, saya merasa gaya penulisan di sini sangat canggung. Banyak pengulangan tidak perlu yang terjadi. Pendeskripsian tokoh-tokohnya juga terasa malas dan klise.

    Dari segi cerita, saya suka dengan deskripsi horornya. Bagian horornya ini punya cara bercerita yang lebih luwes dibandingkan narasi biasanya. Hanya saja, saya merasa (peringatan bocoran cerita) cara yang dipakai R terlalu memutar dan tidak pasti kena.

    Secara keseluruhan, "Devil's Game" ini punya bagian horor yang cukup baik. Porsinya pas dengan narasi yang enak. Sayangnya gaya bercerita keseluruhan dan karakter-karakternya tidak begitu bagus. Tapi, ceritanya terasa sekali punya materi film. Mungkin bisa diangkat juga ke layar lebar seperti THdVM.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 Young Adult Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 1 comments :

    Post a Comment