Rss Feed
  1. Sarah's KeySarah's Key by Tatiana de Rosnay
    My rating: 4 of 5 stars

    Judul: Sarah's Key
    Penulis: Tatiana de Rosnay
    Penerbit: St. Martin's Press
    Halaman: 294 halaman
    Terbitan: Juni 2007

    Paris, July 1942: Sarah, a ten year-old girl, is brutally arrested with her family by the French police in the Vel' d'Hiv' roundup, but not before she locks her younger brother in a cupboard in the family's apartment, thinking that she will be back within a few hours.

    Paris, May 2002: On Vel' d'Hiv's 60th anniversary, journalist Julia Jarmond is asked to write an article about this black day in France's past. Through her contemporary investigation, she stumbles onto a trail of long-hidden family secrets that connect her to Sarah. Julia finds herself compelled to retrace the girl's ordeal, from that terrible term in the Vel d'Hiv', to the camps, and beyond. As she probes into Sarah's past, she begins to question her own place in France, and to reevaluate her marriage and her life.

    Review

    Sarah's Key bercerita tentang 2 orang perempuan pada 2 masa yang berbeda. Yang pertama adalah Sarah, seorang gadis Yahudi berusia 10 tahun yang keluarganya ditangkap oleh tentara Perancis pada tahun 1942. Yang kedua adalah Julia, seorang jurnalis yang mengumpulkan data tentang peristiwa Vel d'Hiv untuk artikel yang sedang dia tulis untuk peringatan 60 tahun peristiwa Vel d'Hiv.

    Saya suka dengan latar belakang cerita yang dipakai di sini. Tentang peristiwa genosida bangsa Yahudi oleh Nazi. Bedanya, kali ini diambil peristiwa yang jarang, bahkan baru pertama saya dengar, yang dikenal dengan nama Vel' d'Hiv Roundup.

    Di sini penulisnya memakai perpindahan alur pada setiap bab untuk masing-masing karakternya. Jadi, di bab pertama cerita mengambil sudut pandang Sarah, sementara di bab kedua menggunakan sudut pandang Julia. Begitu seterusnya. Berganti-ganti setiap babnya hingga plot Sarah selesai.

    Selain Vel' d'Hiv, saya juga suka pada plot Julia. Di saat sedang mengumpulkan data tentang peristiwa Vel d'Hiv Roundup, secara tidak sengaja dia menemukan hubungan antara keluarga suaminya dengan salah satu korban. Julia yang penasaran kemudian menyelidiki hal ini dan akhirnya sampai pada Sarah.

    Selain itu, Julia juga menghadapi kehamilan pada usia 45. Julia yang sudah lama mendambakan kehamilan ini, dikejutkan oleh suaminya yang mengatakan bahwa dia tidak ingin punya anak lagi. Suaminya merasa mereka sudah terlalu tua untuk punya anak dan ingin agar Julia menggugurkan kandungannya. Di sini Julia terpecah antara mengikuti keinginan suaminya (yang dia cintai) atau tetap mempertahankan anak dalam kandungannya.

    Secara keseluruhan, saya suka pada latar belakang ceritanya. Saya juga suka pada plot pribadi Julia. Saya juga suka pada kepiawaian penulisnya melakukan perubahan waktu dan sudut pandang per bab, sehingga hal ini tidak mengganggu bacaan.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2013 New Authors Reading Challenge
    - 2013 Books in English Reading Challenge
    - 2013 What's in a Name Reading Chalenge


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment